Suksesor Erik ten Hag Dipecat Ajax Amsterdam, Punya Persentase Kemenangan 46.15 Persen

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 27 Januari 2023
Suksesor Erik ten Hag Dipecat Ajax Amsterdam, Punya Persentase Kemenangan 46.15 Persen
Alfred Schreuder (Twitter)

BolaSkor.com - Ajax Amsterdam mengambil keputusan dengan tegas di tengah bergulirnya musim 2022-2023. Kendati belum satu musim penuh melatih Ajax, suksesor Erik ten Hag, Alfred Schreuder, dipecat oleh klub.

Ajax mengambil keputusan setelah performa buruk tim musim ini juga dengan inkonsistensi bermain. Menurut WhoScored, untuk kali pertama sejak 1965 Ajax telah melalui tujuh laga Eredivisie tanpa kemenangan. Schreuder dipecat setelah Ajax imbang 1-1 lawan FC Volendam.

Catatan mantan pelatih Club Brugge selama melatih Ajax adalah 26 laga, 12 kemenangan, tujuh hasil imbang, tujuh kekalahan, dengan persentase kemenangan 46,15 persen. Alhasil, Ajax kini ada di urutan lima dengan 34 poin dari 18 laga, terpaut tujuh poin dengan pemuncak klasemen Feyenoord.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan: Manchester United Bangkit, Barcelona ke Semifinal Copa del Rey

Statistik Berbicara, Jumlah Assist Antony Lebih Rendah Dibanding Kiper Liverpool dan Man City

Manchester United Kebut Proses Transfer Axel Disasi

“Ajax telah mencopot Alfred Schreuder dari tugas aktif dengan segera. Kontrak manajer berjalan hingga 30 Juni 2024, tetapi telah diakhiri. Hasil yang mengecewakan dan kurangnya perkembangan dalam tim menjadi alasan utama keputusan ini," demikian pernyataan dari laman resmi Ajax.

"Manajemen klub tidak lagi yakin dengan kesepakatan mereka. Kontrak asisten pelatih Matthias Kaltenbach juga akan segera diakhiri."

Pernyataan dari klub itu ditambahkan juga melalui komentar CEO Ajax, Edwin van der Sar. Menurutnya skuad Ajax seyogyanya dapat bersaing merebutkan titel Eredivisie dan menilai Schreuder tak mampu mengangkat performa tim.

"Ini adalah keputusan yang menyakitkan, tapi itu perlu. Terlepas dari awal musim yang baik, kami kehilangan banyak poin yang tidak perlu. Sepak bola itu sendiri juga genting," imbuh Van der Sar.

"Karena Piala Dunia, kami memiliki istirahat awal dan panjang selama musim dingin. Kami memberi Alfred waktu dan kepercayaan kami untuk mengubah keadaan. Menjadi jelas bagi kami bahwa dia tidak dapat mengubah arus."

"Terlepas dari banyaknya transfer yang terjadi, kami menganggap skuad ini cocok untuk menjadi juara. Kami kehilangan banyak poin selama beberapa minggu terakhir dan sayangnya melihat kurangnya kemajuan," tegas dia.

Tidak mudah meneruskan tongkat estafet kepelatihan dari Ten Hag yang kini melatih Manchester United, apalagi Ajax musim lalu juara Eredivisie. Tetapi situasi juga tidak mudah bagi Schreuder karena skuad Ajax digembosi di bursa transfer.

Antony, Lisandro Martinez, Sebastien Haller, Ryan Gravenberch, Nicolas Tagliafico, Noussair Mazraoui, Andre Onana, dan Daley Blind merupakan nama-nama yang pergi dari Ajax. Pengganti mereka seperti Steven Bergwijn, Calvin Bassey, Brian Brobbey, Geronimo Rulli, dan Owen Wijndal.

Alfred Schreuder Ajax Ajax amsterdam Eredivisie Erik ten Hag
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.179

Bagikan