Sukses Tim Senior di Piala Dunia Qatar Jadi Dorongan Besar bagi Timnas Maroko U-17

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 14 Oktober 2023
Sukses Tim Senior di Piala Dunia Qatar Jadi Dorongan Besar bagi Timnas Maroko U-17
Timnas Maroko di Piala Dunia 2022 Qatar. (FIFA)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Maroko U-17, Said Chiba, menyebut bahwa skuat asuhan dalam motivasi bagus. Terlebih dengan kenyataan sebelumnya, yakni sukses tim senior di Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar.

Timnas Maroko mencatatkan sejarah setelah menembus semifinal Piala Dunia 2022. Mereka menjadi tim Afrika pertama yang menembus semifinal.

Maroko kalah di semifinal sebelum dipastikan menjadi peringkat keempat. Meski begitu, Timnas Maroko tetap juara di hati khususnya masyarakat Maroko.

"Seperti yang saya katakan, kebangkitan sepak bola Maroko baru-baru ini telah memberikan dorongan nyata bagi para pemain muda ini. Melihat penampilan tim senior di Piala Dunia terakhir memberi mereka banyak motivasi dan meruntuhkan banyak hambatan mental," kata Said Chiba dalam wawancara di laman FIFA.

"Para pemain Maroko tidak lagi merasa rendah diri saat menghadapi tim terbaik dunia. Mereka punya kepercayaan diri yang tinggi saat ini, namun kami harus menjaganya karena mereka masih muda dan masih memiliki jalan panjang untuk berkembang. Kini, mereka harus menanggapi segala sesuatunya dengan serius dan tetap fokus pada pekerjaan yang akan datang."

Timnas Maroko U-17 pun makin mantap melangkah ke Piala Dunia U-17 mengingat memiliki komposisi yang mentereng. Selain potensi di dalam negeri, pelatih Said Chiba memasukkan pemain dwi kewarganegaraan yang berkarier di Eropa.

"Pada usia 16 atau 17 tahun, tidak ada perbedaan besar antara mereka yang bermain di rumah dan mereka yang bermain di Eropa karena pembinaan dan pengembangan di Maroko kini merupakan standar yang diperlukan. Pada usia ini, bakat dan keterampilan individu para pemainlah yang membuat perbedaan, dan itulah yang menjadi dasar pemilihan kami."

"Memilih pemain berkewarganegaraan ganda bukanlah hal baru bagi kami. Ini adalah pilihan yang sudah lama kami miliki. Itu semua tergantung pada keadaan para pemain, apa yang mereka inginkan, dan yang terpenting, apa yang keluarga mereka inginkan untuk mereka di usia muda. Seperti yang saya katakan, berkat kesuksesan kami dalam beberapa tahun terakhir, pemain berkewarganegaraan ganda semakin tertarik untuk mewakili Maroko di kancah internasional."

Piala Dunia U-17 Maroko
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan