Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Yamaha Hadapi Rentetan Masalah Baru

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 16 Maret 2023
Sudah Jatuh Tertimpa Tangga, Yamaha Hadapi Rentetan Masalah Baru
Fabio Quartararo (twitter/YamahaMotoGP)


BolaSkor.com - Tim Monster Energy Yamaha harus menelan pil pahit usai menjalani tes pramusim Partimao hari pertama. Tim berlambang garpu tala itu menemukan masalah baru pada motor.

Sebagaimana diketahui, pada tes pramusim sebelumnya di Sepang, Yamaha menemukan kendala besar pada Yamaha M1 2023. Motor tersebut menjadi lebih liar akibat mesin terbaru Yamaha.

Namun permasalahan itu bukan satu-satunya tembok penghalang yang dihadapi Yamaha saat ini. Selepas menjalani tes pramusim Partimao, Yamaha mengalami kendala terkait kompon ban. Imbasnya Yamaha gagal mencetak waktu lebih cepat.

Baca Juga:

Berbekal Motor Baru, Aprilia Ingin Jaga Tren Positif

Pertikaian Antara Rossi dan Marquez Belum Reda

“Di momen ini kami menghadapi masalah lebih besar dibandingkan persoalan top speed. Di momen terakhir saya menggunakan ban lunak. Memang sedikit lebih baik, tetapi saya hanya mencetak waktu 1 menit 39.6 detik dan di tahun kemarin, dalam kondisi selepas hujan, lap ketiga saat balapan dengan menggunakan ban medium, saya justru bisa mencetak waktu 1 menit 39.4 detik,” tutur Fabio Quartararo, dikutip dari crash.net.

“Pada tahun lalu, semua kecepatan rata-rata diraih 39 detik, tetapi tidak mudah untuk diraih. Karena saya berupaya keras untuk meraihnya. Namun saat ini kita hanya mampu meraih 39 detik sebanyak satu kali saja dengan ban medium, dan saya berada di belakang Marc Marquez, mendekati limit,” tambahnya.

Terkait hal ini, Quartararo mengaku tidak mengetahui secara pasti apa yang terjadi dengan ban baru yang dipakai pada tes pramusim kali ini. Namun usai mengujicobanya, pembalap berjuluk El Diablo menemukan banyak kejanggalan lainnya.

“Tidak hanya dalam soal pengereman, juga saat kecepatan di tikungan, dan ketika keluar dari tikungan. Normalnya di masa lalu, saya akan menggunakan ban baru dan saya bisa melaju lebih cepat di manapun. Jadi sangat sulit untuk memahami masalah ini. Selain itu juga motor bergetar sangat kuat dan segalanya terasa lebih sulit,” ungkap pembalap berjuluk El Diablo ini.

Berkaca dari hal ini, Quartararo khawatir masalah tersebut akan mempengaruhi performanya saat menjalani sprint race. Terlebih jika membandingkan hasil yang diraih Quartararo dengan rival-rivalnya selama menjalani simulasi sprint race.

“Masalahnya tidak hanya di kualifikasi, tetapi juga dengan ban baru untuk balapan. Saya khawatir mengenai sprint race. Karena jika kita membandingkan dengan para pembalap top, saat mereka menggunakan ban baru dan kita juga melakukan hal yang sama, kita justru setengah detik lebih lambat,” pungkas peraih gelar juara musim 2021 ini.

Penulis: Bintang Rahmat

Motogp Fabio Quartararo
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.755

Bagikan