Statistik Mentereng Jan Olde Riekerink, Pelatih Baru Dewa United FC

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 02 Januari 2023
Statistik Mentereng Jan Olde Riekerink, Pelatih Baru Dewa United FC
Pelatih Dewa United FC, Jan Olde Riekerink. (Instagram.com/jolderiekerink)

BolaSkor.com - Dewa United FC menunjuk Jan Olde Riekerink sebagai pelatih baru menggantikan Nil Maizar yang diberhentikan. Di bawah asuhan pelatih asal Belanda itu, performa Dewa United FC pada putaran kedua Liga 1 2022/2023 diharapkan membaik.

Riekerink merupakan pelatih dengan segudang pengalaman. Dia mengawali karier kepelatihannya dengan menangani tim muda Ajax Amsterdam selama tujuh tahun, dari 1995 sampai 2002.

Di sela tugasnya sebagai pelatih tim muda Ajax, Riekerink juga dipercaya menjadi asisten Jan Wouters di tim senior Ajax. Pada musim 2002, Riekerink menerima pinangan dari klub papan atas Liga Belgia, KAA Gent. Di sana, dia bertahan sampai tahun 2004.

Riekerink juga sempat menjabat sebagai asisten pelatih di FC Porto pada musim 2005-2006, atau dua musim setelah klub raksasa Portugal tersebut menjuarai Liga Champions Eropa.

Pada tahun 2011, Riekerink melanjutkan karier melatihnya di benua Asia dengan menjadi Direktur Umum Pembinaan Usia Muda CFA (Chinnese Football Association) sekaligus menjadi pelatih kepala tim nasional Cina untuk ajang Olimpiade.

Sebelum itu, Riekerink dipercaya menjadi asisten pelatih di Shakhtar Donetsk (2006-2007) Direktur Pengembangan Usia Muda Ajax Amsterdam (2007-2011).

Baca Juga:

Eks Juru Racik Ajax Jan Olde Riekerink Jadi Pelatih Kepala Dewa United FC

Persija Gelar Persiapan Lawan Persib Mulai 4 Januari, Pemain Dicek Berat Badan dan Lemak Tubuh

Pada tahun 2015, Riekerink bergabung dengan tim raksasa Liga Turki, Galatasaray. Di sana, Riekerink bekerjasama dengan beberapa pemain top dunia seperti Wesley Sneidjer dan Lukas Podolski.

Dua musim di Galatasaray dan meraih gelar juara Turkish Cup dan Turkish Super Cup, pelatih dengan lisensi UEFA Pro itu memutuskan kembali ke Belanda dengan menangani SC Heerenveen pada musim kompetisi 2018-2019.

Semusim di Heerenveen, Riekerink menerima tantangan baru di benua Afrika dengan menangani FC Cape Town City, salah satu klub ternama di Liga Afrika Selatan pada tahun 2019 sampai 2021.

Terakhir, Riekerink kembali ke Turki dengan menangani Iskenderuspor. Selain menjadi pelatih kepala, Riekerink juga sempat menjabat sebagai CEO di klub tersebut. Ia pun sukses membawa Iskenderuspor promosi ke kasta kedua Liga Turki.

Dewa United FC Jan Olde Riekerink Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.433

Bagikan