SS21FA, Cara Sandi Sute Gali Talenta Terbaik Indonesia di Tanah Celebes

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Minggu, 07 Maret 2021
SS21FA, Cara Sandi Sute Gali Talenta Terbaik Indonesia di Tanah Celebes
Sandi Sute 21 Football Academy. (Istimewa)

BolaSkor.com - Setiap pemain sepak bola pasti memiliki keinginan untuk bisa memiliki akedemi sepak bola. Hal ini mulai diwujudukan oleh beberapa pemain sepak bola yang ada di Indonesia, mulai dari Firman Utina, Charis Yulianto, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya para pemain yang sudah pensiun saja yang memiliki akademi sepak bola. Kini salah satu pemain Persija Jakarta, Sandi Darman Sute pun sudah memiliki akademi sepak bola yang didirikan di kampung halamannya, Palu.

Memiliki akademi sepak bola memang sudah menjadi mimpi dari Sandi Sute. Ia beralasan membangun Sandi Sute 21 Football Academy (SS21FA) adalah untuk mengembangkan sepak bola di Palu. Karena ia melihat banyak talenta Palu yang bisa menjadi bibit sepak bola Indonesia.

Baca Juga:

SSB Soccer One, dari Pabrikan Motor untuk Sepak Bola Indonesia

SSB Kabomania, Berawal dari Suporter Kini Cetak Pemain

Akademi SS21FA ini sendiri baru resmi didirikan pada 27 Januari 2021. Berjalan sudah dua bulan, Sute mengaku SS21FA ini memiliki perkembangan yang baik. Sampai dengan saat ini siswa yang sudah mendaftar SS21FA ada kurang lebih 60 siswa.

"Alhamdulillah akademi yang saya dirikan saat ini berjalan dengan lancar. Sekarang kurang lebih sudah ada 60 siswa yang mendaftar dan berlatih di SS21FA ini. Mudah-mudahan kedepannya bisa lebih baik lagi," kata Sute kepada BolaSkor.com.

"Untuk kelompok usia sendiri, ada di 10-21 tahun. Tapi sekarang yang paling banyak mendaftar ada di rentan usia 13-21 tahun dan untuk tempat latihan sendiri kami menggunakan, Lapangan Wani 1, Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah," tambah Sute.

Terkait dengan masalah latihan, Sandi Sute sudah melakukan komunikasi dengan beberapa pelatih yang ada di Palu. Tidak hanya itu saja, mantan pemain Bali United ini juga ikut turun tangan dalam masalah melatih pemain.

Sandi Sute. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)

Seperti diketahui, saat ini Sute sudah memiliki lesensi pelatih C AFC. Sute menjalani kursus pelatih ketika kompetisi tidak berjalan karena pandemi COVID-19. Sute kursus pelatih berbarengan dengan pemain Persija lainnya, seperti Ramdani lestahulu dan Otavio Dutra.

"Iya sebelum Persija melakukan persiapan Piala Menpora 2021 kemarin, saya ikut melatih di SS21FA ini. Tapi saya tidak banyak ikut turun tangan, karena saya juga harus menjaga kondisi fisik saya kemarin," pungkas Sute.

Lebih lanjut Sandi Sute juga mengaku bersyukur hadirnya SS21FA mendapat banyak dukungan, utamanya dari pemerintah dan warga setempat. Tidak hanya itu juga dukungan juga datang dari keluarga besar.

“Secara pribadi saya bersyukur karena keinginan saya membina anak- anak di sini mendapat dukungan penuh dari pemerintah setempat, keluarga, Persija, dan masyarakat setempat,” tutupnya.

SSB Persija jakarta Liga 1 Sandi Sute Breaking News
Posts

4.871

Bagikan