SSB Soccer One, dari Pabrikan Motor untuk Sepak Bola Indonesia

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Minggu, 17 Januari 2021
SSB Soccer One, dari Pabrikan Motor untuk Sepak Bola Indonesia
SSB Soccer One. (Dok. Soccer One)

BolaSkor.com – Di era modern ini, banyak sekali stakeholders sepak bola yang ingin melakukan pembinaan pemain usia muda. Hal ini karena mereka ingin mewujudkan sepak bola Indonesia yang lebih baik dari dibandingkan dengan sekarang-sekarang ini.

Seperti diketahui, sekarang sepak bola adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kebudayaan manusia zaman sekarang ini. Sepak bola bersifat universal, diterima dan disukai masyarakat secara global.

Dalam rangka meningkatkan pembinaan olahraga sejak usia dini, mendidik dan melatih talenta-talenta sepakbola di sekitar DKI Jakarta hal ini lah yang mendorong Widodo dan dua rekannya untuk bisa memberikan wadah kepada para pemain yang ingin menjadi pemain sepak bola andal.

Baca Juga:

SSB Kabomania, Berawal dari Suporter Kini Cetak Pemain

SPFA, Akademi Sepak Bola dengan Fasilitas Kelas Satu


Ketiga orang tersebut mendirikan Sekolah Sepak Bola (SSB) Soccer One. Pada awalnya SSB ini terbentuk dari ekskul sekolah dasar negeri Manggarai 01 Pagi. kemudian terbentuklah SSB Soccer One di tgl 1 September 2011.

Setelah berdiri selama satu tahun, pada 1 Agustus 2012 SSB ini masuk dalam Anggota PSSI Pengurus Cabang Jakarta Timur. Dengan berasaskan kekeluargaan dan kebersamaan terhadap para pengurus, orang tua murid dan siswa itu sendiri SSB ini kini menjadi salah satu pencetak bakat baru untuk sepak bola di Tanah Air.

Widodo (Kanan) Bersama Pelatih Soccer One. (Dok. Soccer One)


“Membuat SSB ini semua terinspirasi dari Timnas Indonesia yang sampai sekarang masih belum bisa berprestasi di level internasional. Dari situ kami ingin membantu Timnas Indonesia sehingga kami buat SSB ini,” kata Widodo ketika dihubungi oleh BolaSkor.com, Minggu (17/1).

“Sebelumnya kan namanya CS One (Cibono Soccer One), tapi karena satu dan lain hal akhirnya kita ganti nama jadi Soccer One. Untuk Soccer One sendiri itu terinspirasi dari perakitan pabrik motor Honda yang kini jadi nomor satu di dunia,” tambah Widodo.

Selama berdiri, Soccer One aktif mengikuti beberapa turnamen usia muda yang berada di Jakarta. Bahkan mereka pernah berada di peringkat tiga Liga TopSkor U-16 pada tahun 2018 lalu dan pernah menjadi runner up, Nivea Men TopSkor Cup U16 Jakarta 2017.

Fatah Aji. (BolaSkor.com/Hadi Febriansyah)


Dari kejuaraan tersebut, Soccer One juga turut memberikan andil untuk Timnas Indonesia U-16 pada saat dilatih oleh Fakhri Husaini. Mereka menyumbangkan satu pemainnya untuk menjadi bagian Timnas Indonesia U-16, pemain tersebut adalah Fatah Aji.

Sementara untuk pelatih sendiri, Soccer One juga memiliki pelatih yang berasal dari mantan pemain. Siapa yang tak kenal Agus Supriyanto, gelandang bertahan yang menjadi bagian dari Persija Jakarta saat menjuarai kompetisi Liga Indonesia tahun 2001 silam.

“Dulu pertama saya diajak oleh pelatih Soccer One sebelumnya, Muhammad Fajar. Saat itu memang saya sudah punya lisensi, jadi saya mau membantu. Sampai sekarang saya disini karena ingin mengembangkan bakat pemain untuk bisa berada di level yang lebih baik,” ujar Agus.

SSB Timnas Indonesia U-16 Breaking News
Posts

4.871

Bagikan