Shin Tae-yong Yakin Bisa Juara Piala AFF jika Diberi Kesempatan

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 14 September 2023
Shin Tae-yong Yakin Bisa Juara Piala AFF jika Diberi Kesempatan
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sedang memberikan instruksi kepada para pemainnya. (BolaSkor.com/Paulus Dwi Arde Nugroho)

BolaSkor.com - Shin Tae-yong menorehkan sejarah dengan membawa tiga Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia. Dimulai dari Timnas Indonesia, U-20, dan U-23. Ia menjadi satu-satunya pelatih yang menorehkan prestasi tersebut sepanjang sejarah sepak bola Indonesia.

Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023, yang bakal berlangsung di Qatar pada Januari 2024. Skuat Garuda meraih posisi salah satu runner-up terbaik.

Kemudian, Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2022. Sayang, kiprah Skuat Garuda Muda terhenti di babak grup. Kalah bersaing dengab Uzbekistan dan Irak yang akhirnya keluar sebagai finalis.

Teranyar, pelatih asal Korea Selatan itu membawa Timnas Indonesia U-23 lolos ke Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya. Garuda Muda akan berlaga di Qatar pada April 2024 mendatang.

Baca Juga:

Akan Bersaing dengan Timnas Indonesia, Eks Manchester United Janjikan Level Terbaik

Perfect! Shin Tae-yong Bawa Timnas Senior, U-23, dan U-20 Lolos ke Piala Asia

Meski begitu, pro dan kontra mengenai prestasi Shin Tae-yong bergejolak di kalangan pencinta sepak bola Indonesia. Pasalnya, pelatih berusia 52 tahun itu belum mempersembahkan trofi untuk Indonesia, sejak ditunjuk pada Desember 2019.

Namun, ia yakin bisa membawa Timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF, jika diberi kesempatan. Maklum saja, Piala AFF terdekat bakal berlangsung pada 2024, sedangkan kontrak Shin Tae-yong bakal berakhir usai Piala Asia 2023. PSSI ingin melihat dulu kinerja Shin Tae-yong sebagai tolak ukur diperpanjangnya kontrak sang pelatih atau tidak.

"Indonesia memang sudah sangat berkembang, mungkin seperti apa yang dirasakan oleh fans sepak bola Indonesia atau para wartawan di sini bisa merasakan jika datang ke lapangan langsung, berkembang sejauh apa. Sekarang sudah berkembang, ke depan akan lebih berkembang lagi pastinya," kata Shin Tae-yong, dalam konferensi pers usai meloloskan Timnas Indonesia U-23 ke Piala Asia U-23 2024.

"Saya ingin juara, untuk saat ini masuk akal. Kita bisa juara kalau ikut AFF lagi. Kita pasti bisa merebut gelar juara di AFF. Setidaknya kita tidak akan kalah bersaing untuk mendapatkan trofi juara," tambahnya.

Timnas Indonesia Shin Tae-yong Piala aff Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.192

Bagikan