Setelah Italia, Makedonia Utara Bisa Singkirkan Cristiano Ronaldo dkk

Arief HadiArief Hadi - Senin, 28 Maret 2022
Setelah Italia, Makedonia Utara Bisa Singkirkan Cristiano Ronaldo dkk
Timnas Makedonia Utara (Twitter)

BolaSkor.com - Fenomena giant killing atau momen saat tim kecil menghancurkan tim besar terjadi di play-off Piala Dunia 2022. Beberapa waktu lalu Makedonia Utara melakukannya kepada juara empat kali Piala Dunia, Timnas Italia.

Makedonia Utara mengalahkan Italia dengan heroik di markas tim lawan, Stadio Renzo Barbera, dengan skor 1-0 melalui gol Aleksandar Trajkovski di menit 90+2. Trajkovski melakukan sepakan spekulatif yang tidak dapat dibendung Gianluigi Donnarumma.

Kemenangan itu tak mencerminkan jalannya pertandingan secara menyeluruh. Italia mendominasi sampai 66 persen penguasaan bola dan melepaskan 32 tendangan, tapi efisiensi dan penyelesaian akhir mereka tidak ada.

Makedonia Utara dengan kolektivitas mereka bermain solid dan kuat dalam bertahan menjaga disiplin 90 menit penuh. Kebersamaan itulah yang akan coba diulangi anak-anak asuh Blagoja Milevski di final.

Baca Juga:

Timnas Italia: Juara Piala Eropa, Merana di Piala Dunia

Tangis dan Penyesalan Jorginho Usai Kegagalan Italia Lolos ke Piala Dunia 2022

Daftar 19 Tim yang Memastikan Diri Berlaga di Piala Dunia 2022: Jangan Cari Italia

Makedonia Utara akan bermain di final melawan Portugal, yang mengalahkan Turki 3-1, di Estadio do Dragao, Rabu (30/03) pukul 01.45 dini hari WIB. Cristiano Ronaldo dkk tentunya tidak akan meremehkan Makedonia setelah pertarungan mereka lawan Italia.

Hasrat besar Makedonia Utara menutupi fakta bahwa hanya ada dua pemain dalam skuad terkini yang bermain di antara lima liga top Eropa, sementara sisanya di Kroasia, kasta kedua liga Jerman, Arab Saudi, Hungaria, Slovakia, Rumania, Moldova, dan Siprus.

"Kami memenangkan gaya Italia melawan Italia, gol dengan dua tembakan tepat sasaran," kata manajer Blagoja Milevski selepas laga berlalu.

"Saya sangat senang atas kemenangan ini, saya bangga untuk para pemain ini. Kami tahu kekuatan kami. Sebelum pertandingan, saya mengatakan kepada para pemain untuk bersenang-senang dan mereka melakukan hal itu."

Sebelum mengalahkan Italia, Makedonia Utara juga pernah meraih kemenangan atas timnas Jerman di Duisburg. Jadi Makedonia Utara memang layak disebut sebagai Pembunuh Raksasa.

Bahkan Fernando Santos, pelatih timnas Portugal sudah sangat mewaspadai Makedonia Utara dan meminta timnya menjaga fokus di sepanjang laga.

"Saya katakan kepada Anda sebelum kami bisa memainkannya, pertandingan itu bukan lelucon, ini seperti final dan apapun bisa terjadi. Anda harus menghadapinya dengan fokus dan konsentrasi yang layak. Sebuah tim yang pergi ke Italia dan mengalahkan juara Eropa tidak perlu diperkenalkan lagi," tegas Santos.

Makedonia Utara kali ini lebih dapat ujian dari lini serang Portugal yang jauh lebih berbahaya dari Italia karena punya Bernardo Silva, Diogo Jota, Bruno Fernandes, Cristiano Ronaldo, hingga Otavio.

Namun jika Makedonia Utara menunjukkan kedisiplinan tingkat tinggi seperti di Renzo Barbera, Portugal juga bisa menghadapi kesulitan dan frustrasi. Jika sudah demikian efisiensi bermain dan pemain yang dapat jadi pembeda akan berperan penting menentukan hasil akhir laga.

Breaking News Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Kualifikasi Piala Dunia 2022 Portugal Timnas Portugal Timnas Makedonia Utara
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.179

Bagikan