Semifinal Piala Dunia 2022: Taktik Pragmatis Maroko dan Penjelasan Walid Regragui

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 14 Desember 2022
Semifinal Piala Dunia 2022: Taktik Pragmatis Maroko dan Penjelasan Walid Regragui
Walid Regragui (Twitter)

BolaSkor.com - Bertahannya timnas Maroko sampai fase semifinal Piala Dunia 2022 merupakan pencapaian yang fantastis, mengingat mereka salah satu negara Afrika yang mencapai perempat final dan lebih spesial lagi, jadi tim Afrika pertama yang mencapai semifinal.

Tugas Maroko berikutnya tidak mudah, yakni melawan Prancis yang notabene juara bertahan dan tim unggulan di semifinal yang dihelat di Al Bayt Stadium, Kamis (15/12) pukul 02.00 dini hari WIB.

Kendati demikian kiprah Maroko arahan Walid Regragui sejauh ini memang sudah melawan kemustahilan, apalagi di fase gugur mereka menyingkirkan dua negara besar, Spanyol dan Portugal. Prancis jelas tidak bisa lengah.

Terutamanya Maroko memiliki permainan yang sederhana namun efisien: sepak bola pragmatis. Maroko tidak menyajikan sepak bola yang menghibur, enak ditonton, tetapi mereka efisien dan punya pertahanan kuat.

Baca Juga:

Kesempatan Tak Datang Dua Kali? Coba Tanya Lionel Messi

Argentina 3-0 Kroasia: Satu Langkah Lagi Lionel Messi Wujudkan Mimpi

Lupakan Persaingan, Ronaldo Dukung Lionel Messi Bawa Argentina Juara Piala Dunia

Kiper Maroko Yassine Bounou mencatatkan tiga clean sheets dan hanya kebobolan satu gol, itupun gol bunuh diri saat melawan Kanada. Sepak bola pragmatis ala Regragui, seperti halnya Jose Mourinho, mementingkan hasil akhir.

Penguasaan bola bukan hal penting bagi Regragui dan ketika ditanya oleh awak media mengenai permainan 'negatif' Maroko, Regragui memberikan alasannya dan memberikan perumpamaan dengan menyebut Manchester City.

"Kami akan bermain dengan cara yang kami tahu. Bagaimana penguasaan bola membuat Anda sangat bermimpi! 70 persen penguasaan bola untuk menembak dua kali ke gawang? Saya akan memberi tahu (Presiden FIFA, Gianni) Infantino untuk memberikan satu poin kepada tim yang memiliki lebih dari 60 persen penguasaan bola," canda Regragui dikutip dari Marca.

"Kami di sini untuk menang, bukan untuk menguasai bola. Jika mereka memberikannya kepada kami maka baiklah, kami akan lihat dan kami akan melakukan apapun untuk tidak dikalahkan."

"Saya tidak berpikir mereka akan membiarkan kami menguasai bola. Manchester City memiliki 70 persen tetapi apakah Anda melihat pemain yang mereka miliki? Dengan Kevin de Bruyne dan Bernardo Silva Anda akan menguasai bola."

"Mereka berbicara tentang tiki-taka, ketika Anda memiliki pemain yang bisa melakukan itu, itu baik-baik saja. Saya tahu orang Eropa mengkritik permainan kami."

"Kami harus menang untuk Afrika, untuk negara-negara yang berkembang. Tidak hanya ada satu gaya. Lihat saat Prancis melawan Inggris, penguasaan bola berkurang tetapi mereka menang."

"Mereka yang terbaik. Prancis 2018 membuat saya bermimpi. Didier Deschamps adalah yang terbaik di dunia. Saya harap Prancis tidak menghormati kami besok. Jika mereka melakukannya, itu akan lebih rumit," terang Regragui.

Regragui juga optimistis dengan kans Maroko lolos ke final meski lawannya sangat sulit. Regragui berjanji para pemainnya akan berjuang habis-habisan untuk melakukannya, terutamanya dengan dukungan 'pemain ke-12' dan doa-doa negara Arab serta Afrika.

"Semakin rumit seiring berjalannya waktu. Kami akan bermain melawan sang juara, dengan pemain hebat dan pelatih terbaik di dunia. Kami percaya kami bisa lolos dan, mengapa tidak memenangkan Piala Dunia. Kami tidak lelah, Saya ingin memperjelas, kami akan berlari," tegas Regragui.

"Saya telah memberi tahu mereka bahwa kami datang untuk mengubah mentalitas benua kami. Kami tidak tiba di sini secara kebetulan, tetapi saya mengatakan kepada mereka bahwa kami tidak boleh berpuas diri. Kami percaya diri dan kami memiliki perjalanan yang paling sulit."

“Kami telah tersingkir berkali-kali dan kami masih di sini. Kami akan berjuang untuk maju, untuk negara-negara Afrika, untuk dunia Arab. Negara kami menghormati semua budaya, kami ramah dan terkadang kami tidak meminta apapun sebagai gantinya," urai dia.

Maroko Timnas Maroko Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Walid Regragui
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

11.857

Bagikan