Seleksi Tahap Kedua Timnas Indonesia U-16 Rampung, Asisten Shin Tae-yong Puas

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 01 April 2024
Seleksi Tahap Kedua Timnas Indonesia U-16 Rampung, Asisten Shin Tae-yong Puas
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, sedang memberikan instruksi kepada para peserta seleksi. (PSSI)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto, puas dengan kualitas para pemain yang mengikuti seleksi tahap kedua yang berlangsung di lapangan latihan Jakarta International Stadium (JIS) pada 28 sampai 31 Maret 2024.

Seleksi itu diikuti oleh 37 pemain yang berasal dari tim-tim Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16. Menurut Nova, para peserta seleksi tahap kedua ini menunjukkan kualitas yang lebih baik karena mempunyai jam terbang di kompetisi.

"Kualitas pemain-pemain di tahap kedua ini sebenarnya secara kualitas mereka di atas yang tahap pertama. Para pemain yang hadir di sini rata-rata berasal dari tim yang lolos di delapan besar Elite Pro Academy," kata Nova Arianto.

"Secara pengalaman bertanding dan jam bertanding mereka lebih baik, dan secara kualitas pun bisa kita lihat mereka lebih baik," ujar asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23 dan Senior tersebut.

Baca Juga:

Tes Fisik Jadi Menu Pertama Seleksi Tahap Kedua Timnas Indonesia U-16

36 Pemain Seleksi Gelombang Keempat Timnas Indonesia U-16

Nova menjelaskan bahwa selama empat hari seleksi digelar, dirinya berusaha untuk menerapkan filosofinya. Hal ini dilakukan supaya para pemain yang terdiri dari berbagai klub itu bisa memahami gaya main yang ingin dia terapkan.

"Pemain yang bisa masuk di tim saya adalah pemain yang bisa bermain sesuai dengan yang saya mau," ujar Nova.

Game internal yang dilakukan untuk mengukur kemampuan para peserta seleksi tahap kedua Timnas Indonesia U-16 di lapangan latihan Jakarta International Stadium (JIS). (PSSI)

Nova Arianto kemudian menyinggung mengenai level fisik dan stamina ideal para pemain Timnas Indonesia U-16. Nova menginginkan pemain dengan nilai VO2Max minimal 50.

"Dan untuk menuju Kualifikasi Piala Asia target saya adalah di 55, dan di berikutnya dia bisa sampai di 60," tuturnya.

Pada tahun ini, Timnas Indonesia U-16 akan mengikuti sejumlah turnamen internasional seperti Piala AFF U-16 dan kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Di Piala AFF U-16 2024, Indonesia menjadi tuan rumah.

Timnas Indonesia U-16 Tc timnas Nova arianto Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.464

Bagikan