Sekilas tentang Jorg Schmadtke, Calon Direktur Olahraga Baru Liverpool

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Selasa, 23 Mei 2023
Sekilas tentang Jorg Schmadtke, Calon Direktur Olahraga Baru Liverpool
Jorg Schmadtke (twitter)

BolaSkor.com - Liverpool dikabarkan akan menunjuk direktur olahraga baru mereka pekan ini. Sosok yang bakal meneruskan tugas Julian Ward di Anfield itu adalah Jorg Schmadtke.

Pria Jerman berusia 59 tahun itu akan ditunjuk menjelang jendela transfer penting untuk The Reds. Dari semua nama yang dikaitkan dengan pekerjaan direktur olahraga di Liverpool dalam beberapa bulan terakhir, kemunculan nama Jorg Schmadtke terbilang mengejutkan.

Schmadtke tentunya akan langsung sibuk karena Liverpool ingin memperkuat skuad mereka secara signifikan dalam beberapa minggu mendatang. Beberapa nama pemain disebut ada dalam target The Reds seperti Alexis Mac Allister, Mason Mount, dan Ryan Gravenberch.

Dari rekam jejaknya, Schmadtke membawa banyak pengalaman dari Jerman. Dia sebelumnya bekerja di Alemannia Aachen, Hannover 96, FC Koln dan, terakhir, sebagai direktur olahraga Wolfsburg.

Baca juga:

5 Hal Menarik Mengenai Jorg Schmadtke yang Esentrik, Calon Direktur Olahraga Baru Liverpool

Raih Tujuh Kemenangan Beruntun, Liverpool Intip Peluang Masuk Zona Liga Champions

Persaingan Zona Liga Champions Makin Ketat, Manchester United Diminta Waspadai Liverpool

Jorg Schmadtke adalah seorang mantan penjaga gawang yang pernah memperkuat Fortuna Dusseldorf dan Freiburg. Dia dikenal sebagai karakter yang karismatik dan konfrontatif.

Di Aachen, dia membawa klub promosi ke Bundesliga, mencapai final Piala Jerman dan lolos ke Eropa. Dia membantu membawa Hannover dan Koln ke Liga Europa. Bersama Wolfsburg, dia mengamankan kualifikasi Liga Champions untuk musim 2021-22 sebelum mengundurkan diri pada Januari tahun ini.

Dalam hal perekrutan pemain, Jorg Schmadtke dikenal tidak melihat nama besar. Namun dia mampu menemukan pemain yang dapat membuat dampak.

Di Hannover, misalnya, dia merekrut Lars Stindl dari Bundesliga 2. Gelandang serang ini membuat 150 penampilan untuk klub sebelum memantapkan dirinya sebagai bintang di Borussia Monchengladbach.

Di Aachen, dia merekrut pemain seperti Simon Rolfes dan Vedad Ibisevic, yang kemudian menjadi top di Bundesliga. Jorg Schmadtke juga membawa Anthony Modeste ke Koln pada 2015, striker Prancis kemudian mencetak 45 gol dalam dua musim. Saat di Wolfsburg, Wout Weghorst merupakan contoh pembelian suksesnya.

Namun, saat di Wolfburg pula Jorg Schmadtke melakukan sesuatu yang disesalkannya, yaitu melepas Victor Osimhen ke Charleroi dengan harga sekitar 3 juta pound pada 2019.

"Itu bukan langkah yang baik, kalau dipikir-pikir," Schmadtke kemudian kepada majalah Kicker.

"Ketika saya datang, dia tidak fit dan berlari berputar-putar tidak jelas. Saya diberi tahu bahwa striker yang kami miliki tidak cukup bagus. Pelajaran terpenting adalah Anda harus bersabar dengan beberapa transfer."

Sebagai bagian dari manajemen klub, Jorg Schmadtke dikenal acap berselisih dengan pelatih. Dia berselisih dengan Mirko Slomka di Hannover, dan dengan Peter Stoger di Koln. Di Wolfsburg, dia dan Bruno Labbadia juga memiliki hubungan tak bisa disebut harmonis. Bahkan dia pernah didenda karena melempar permen karet ke arah pelatih Hoffenheim saat itu, Julian Nagelsmann.

Akan menarik untuk melihat dinamika seperti apa yang bisa dia bangun dengan Jurgen Klopp. "Jorg Schmadtke, saya sudah tahu sejak lama," kata Klopp.

“Dia mengenal saya mungkin tidak selama saya mengenalnya, karena dia adalah pemain yang jauh lebih baik, tetapi kami memulai karier kedua kami di momen yang sama."

"Saya menjadi pelatih di Mainz 2001 dan dia menjadi direktur olahraga di Aachen, dua tim dengan status yang sama, jadi dari sana kami sedikit mengenal satu sama lain," kata Klopp.

Liverpool Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.035

Bagikan