Sederet Catatan Menarik Jelang Liverpool Vs Rangers di Anfield

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 04 Oktober 2022
Sederet Catatan Menarik Jelang Liverpool Vs Rangers di Anfield
Liverpool (Twitter)

BolaSkor.com - Inkonsistensi jadi tema utama Liverpool sejauh ini di musim 2022-2023. Teranyar pada lanjutan laga Premier League di Anfield pada akhir pekan lalu, The Reds imbang 3-3 lawan Brighton & Hove Albion setelah sempat memimpin 3-2.

Bolongnya pertahanan Liverpool itu jadi satu area yang coba dibenahi Jurgen Klopp. Di atas kertas, Liverpool, di Anfield, seharusnya tak menemui kesulitan lawan Rangers yang saat ini ada di dasar klasemen grup A tanpa raihan poin.

Liverpool dan Ajax Amsterdam sama-sama meraih tiga poin dan berada di bawah Napoli yang mengoleksi enam poin. Rangers, yang musim lalu jadi finalis Liga Europa, tidak diunggulkan tapi pelatih mereka, Giovanni van Bronckhorst, menegaskan apabila timnya bisa memberikan perlawanan di Anfield.

Baca Juga:

Hidup Tanpa Liverpool Tidaklah Mudah untuk Sadio Mane

Jurgen Klopp Dituding Jadi Penyebab Kepergian Sadio Mane dari Liverpool

Kabar Baik dari Mesir untuk Liverpool Mengenai Mohamed Salah

“Ini adalah kesempatan besar bagi semua orang. Di Liga Champions Anda bermain melawan pemain-pemain terbaik dan itu adalah motivasi bagi seluruh tim dan saya sebagai pelatih," ucap Van Bronckhorst dikutip dari BBC Sport.

"Kami selalu memiliki keyakinan. Jika Anda tidak memilikinya ketika Anda pergi ke lapangan maka Anda akan menghadapi tantangan yang mustahil. Kami harus memiliki semangat dan keyakinan untuk mendapatkan sesuatu dari permainan."

Jelang laga tersebut BolaSkor telah merangkum beberapa hal menarik. Berikut penjabaran lengkapnya:

1. Sejarah Pertemuan

Berbagi sejarah berdirinya klub selama 130 tahun, faktanya Liverpool dan Rangers baru pertama kali bertemu. Dalam periode tersebut kedua tim hanya sering bertemu dalam laga persahabatan, terakhir pada 2011 kala Kenny Dalglish membawa Liverpool ke Ibrox, markas Rangers.

Faktanya, Liverpool terakhir bertemu klub dari Skotlandia di Eropa pada 1980-1981 ketika mereka mengalahkan Aberdeen-nya Sir Alex Ferguson dengan agregat skor 5-0 di 16 besar.

2. Wajah Familier

Rangers adalah rumah bagi dua mantan pemain Liverpool, Ryan Kent dan Ben Davies. Ryan Kent pergi dari Liverpool pada 2019 dan sejak saat itu memainkan 185 laga untuk Rangers dengan catatan 31 gol dan 51 assists.

Sementara Ben Davies baru pergi permanen pada musim panas 2022 dan sampai saat ini tampil empat kali, dengan catatan waktu 157 menit.

"Ryan Kent memiliki perkembangan yang bagus sejak pindah ke Skotlandia dan Ben Davies baru saja memulai perjalanannya bersama Rangers, jadi akan bagus untuk melawan mereka,” kata Jurgen Klopp pada Agustus lalu.

3. Bertahan Adalah Seni

Pertahanan jadi sisi yang jadi perhatian Liverpool belakangan ini, khususnya di sisi kanan yang dijaga Trent Alexander-Arnold. Menanggapi titik lemah tersebut, Klopp menilai bertahan merupakan tugas kolektif dan menganggapnya sebagai seni.

“Kami sekarang kebobolan gol yang sama, izinkan saya mengatakannya seperti ini, di mana mereka melewati celah yang sama," terang Klopp.

“Masalah khusus yang kami miliki adalah bahwa kami biasanya memiliki cara bertahan yang sangat berani, dan ketika waktu dalam pertahanan kami tidak sempurna, maka kami membiarkan celah terbuka."

"Omong-omong, itu selalu terjadi, tetapi karena tekanan yang kami berikan kepada pemain yang mengontrol bola, tidak ada yang benar-benar mengenalinya, karena kami menutupnya dengan intensitas, jika Anda mau."

"Kami harus lebih kompak. Kami memiliki itu dalam pikiran kami, kami tahu itu, tetapi pada saat itu berjalan dengan baik, Anda melakukannya dan Anda melakukannya lagi. Kami mengatakannya minggu lalu, saya pikir, bahwa bertahan adalah semacam seni."

4. Wasit

Wasit yang memimpin laga di Anfield nanti adalah Clement Turpin asal Prancis. Ia pernah menjadi wasit laga Liverpool di Liga Champions pada Mei lalu.

Itu jadi kali keempat Turpin memimpin laga Liverpool yang uniknya jadi kekalahan pertama klub kala ia menjadi wasit. Sebelumnya, Liverpool menang dua kali dan sekali imbang. Turpin juga memimpin laga Rangers saat menang 4-2 atas Borussia Dortmund Februari lalu.

Liverpool Liga Champions Rangers
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.240

Bagikan