SEA Games 2023: Tim Tenis Indonesia Raih Satu Medali Emas dan Perunggu

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 09 Mei 2023
SEA Games 2023: Tim Tenis Indonesia Raih Satu Medali Emas dan Perunggu
Tim Tenis Putri Indonesia (BolaSkor/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Tim Tenis Indonesia menambah koleksi medali kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja. Dimainkan di Morodok Techo National Stadium:Tennis Arena, Selasa (09/05), Tim Tenis Indonesia mendapatkan dua medali.

Medali pertama didapatkan pada nomor tim putra pada fase semifinal melawan Vietnam. Pada gim pertama Indonesia tertinggal terlebih dulu. Pada sektor tunggal putra, Muhammad Rifqi Fitriadi dikalahkan Hoang Nam Ly melalui dua set langsung, yakni 3-6 dan 5-7.

Indonesia memperpanjang napas usai menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui Christopher Rungkat yang juga turun pada sektor tunggal putra. Ia mengatasi perlawanan Linh Giang Trinh selama tiga set dengan skor 1-6, 7-5, dan 6-1.

Pada partai penentuan, Indonesia kalah di sektor ganda putra. Menurunkan David Agung Susanto/Nathan Anthony Barki, tim tenis Indonesia gagal membendung Vietnam yang diwakili pasangan Minh Tuan Pham/Van Phuong Nguyen.

Baca Juga:

CdM Sebut Timnas Voli Putra Indonesia Perkasa di Asia Tenggara Usai Hattrick Emas SEA Games

Timnas Esports Crossfire Sumbang Satu Medali Perak untuk Indonesia

Kalah di Final Medali Emas, Setter Kamboja Akui Kekuatan Tim Voli Putra Indonesia

Tim Tenis Putri Indonesia (BolaSkor/Rizqi Ariandi)

Angin segar sempat berada di kubu Indonesia usai unggul 6-4 pada set pertama. Namun, pada dua set berikutnya, pasangan Vietnam tancap gas dan menang dengan skor identik 3-6.

Dengan begitu, tim nasional tenis beregu putra Indonesia harus puas dengan medali perunggu. Sementara itu, Vietnam akan menantang Thailand di final.

Sedangkan pada tim putri tenis Indonesia, Indonesia melakukan comeback dengan skor akhir 2-1 melawan Thailand. Pada nomor tunggal putri yang diwakili Aldila Sutjiadi melawan Anchisa Chanta, Aldila kalah dua set dengan kedudukan 6-7 (6-8) dan 3-6.

Namun di laga kedua di nomor yang sama, tunggal putri, Priska Nugroho berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 total usai menang atas Lanlana Tararudee dengan skor akhir 3-6, 6-3, dan 6-3. Kalah di set pertama, Priska menang di dua set berikutnya.

Terakhir pada laga penentuan, pada nomor ganda putri, Aldila Sutjiadi bertandem dengan Jessy Rompies mengalahkan Luksika Kumkum dan Peangtarn Plipuech dua set langsung 6-3 dan 7-5. Alhasil, tim putri Indonesia memenangi medali emas.

Raihan medali emas ini menjadi peningkatan prestasi dari SEA Games 2021 Vietnam. Saat itu Aldila cs meraih medali perunggu, sedangkan medali emas dimenangi Thailand dan perak didapatkan Vietnam.

Selain itu juga kemenangan itu mengakhiri penantian Tim Tenis Putri Indonesia pada nomor beregu, sebab mereka terakhir kali memenangi emas pada 2005 dan terakhir mencapai final pada 2011.

Tenis SEA GAMES SEA Games 2023
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan