Satu Pemain Keturunan Terancam Tak Bisa Perkuat Timnas U-17 di Piala Dunia

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 26 Oktober 2023
Satu Pemain Keturunan Terancam Tak Bisa Perkuat Timnas U-17 di Piala Dunia
Aksi Chow Yun Damanik saat memperkuat Timnas Indonesia U-17 dalam sebuah laga uji coba. (instagram)

BolaSkor.com - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, mengatakan ada satu pemain keturunan yang terancam gagal memperkuat Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November 2023 sampai 2 Desember mendatang. Pemain itu adalah Chow Yun Damanik.

Chow Yun Damanik sebetulnya memenuhi kriteria dari pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti. Kemampuan Chow teruji saat mengikuti pemusatan latihan atau training camp (TC) bersama Timnas Indonesia U-17 di Jerman.

Pemain berusia 16 tahun itu pun bahkan sempat mencetak satu gol untuk Timnas Indonesia U-17 saat beruji coba dengan FC Koln U-17. Sayangnya, dalam laga itu, Tim Merah-Putih kalah dengan skor tipis 2-3.

Namun, Chow terbentur urusan administrasi. Indra Sjafri mengatakan pemain Lausanne U-17 itu tidak mempunyai paspor Indonesia.

"Terakhir kami kontak (hubungi), dia belum punya paspor Indonesia. Mungkin lagi diproses, apakah bisa bergabung dengan Timnas U-17 (di Piala Dunia U-17)," kata Indra Sjafri di Jakarta, Kamis (26/10).

Baca Juga:

Skuad Final Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia Diumumkan Pekan Ini

Timnas Indonesia U-17 Tolak Tawaran Uji Coba dari Kontestan Piala Dunia U-17 2023

Chow Yun Damanik bukan satu-satunya pemain keturunan yang mengikuti TC Timnas Indonesia U-17. Ada empat pemain lain, yakni Maori Ananda Yves, Welber Jardim, Amar Brkic dan Ji Da-bin.

Berbeda dengan Chow, keempat pemain itu tidak mengalami masalah administrasi. Artinya, masuk atau tidaknya mereka ke skuad akhir Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023 yang berjumlah 21 pemain, tergantung dari kualitas dan kebutuhan tim.

"Amar bukan naturalisasi, dia pemain keturunan yang sudah punya paspor. Termasuk Ji Da-bin, Maori dan Welber," ucap Indra Sjafri.

Saat ditanya apakah Chow Yun Damanik akan dibantu untuk mendapatkan paspor Indonesia, Indra Sjafri menyarankan awak media untuk bertanya ke kesekjenan di PSSI. Apalagi, secara kualitas permainan, Chow Yun Damanik dinilai memenuhi kriteria.

"Chow ini (peluangnya) sama seperti Amar yang kami diskusikan untuk diperhitungkan masuk skuad," ucap Indra Sjafri.

Timnas Indonesia U-17 Welber Jardim Pssi Piala Dunia U-17 Breaking News Indra sjafri
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.425

Bagikan