Satu Dekade Berlalu, Real Sociedad Kian Dekat Bermain Kembali di Liga Champions

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 03 Mei 2023
Satu Dekade Berlalu, Real Sociedad Kian Dekat Bermain Kembali di Liga Champions
Real Sociedad (LaLiga)

BolaSkor.com - Pertarungan titel liga dan perjuangan tim-tim yang ingin menjauh dari zona degradasi seyogyanya berjalan semakin sengit jelang akhir musim. Tapi tidak hanya itu saja, perebutan tempat di zona Eropa juga semakin seru.

Bermain di Eropa apalagi itu di Liga Champions akan memberikan penghasilkan tambahan untuk klub, bahkan partisipasi mereka di sana saja sudah menambah penghasilan. Tak ayal persaingan merebutkan zona Eropa juga memanas.

Hal tersebut dapat dilihat di LaLiga. Ketika titel liga sudah hampir pasti dimenangi Barcelona, yang kini berjarak 11 poin dengan Real Madrid, pertarungan merebutkan zona Eropa khususnya Liga Champions memanas.

Baca Juga:

Jika Bertaruh, Giorgio Chiellini Pilih Inter daripada Milan

5 Duel Inter Vs Juventus Paling Menarik di Coppa Italia

Curahan Hati Inzaghi Lihat Inter Kembali Tembus Final Coppa Italia

Dua tempat sudah dipastikan jadi milik Barcelona dan Madrid, begitu juga Atletico Madrid di urutan tiga klasemen, menyisakan satu tempat di urutan empat. Real Sociedad menempati posisi tersebut dengan 58 poin dari 32 laga.

Dua klub yang berpeluang mengkudeta posisi Sociedad adalah Villarreal (53 poin) dan Real Betis (49 poin). Tentu saja La Real - julukan Sociedad - diunggulkan dengan catatan poin tersebut. Apabila mereka bisa finish di zona Liga Champions maka itu jadi pencapaian besar.

Satu Dekade

Sejak format berubah dari European Cup (Piala Eropa) ke Liga Champions pada 1992, Sociedad hanya bermain di sana dua kali pada musim 2003-2004 dan 2013-2014. Oleh karenanya mereka ingin tiga kali mencapainya untuk musim depan.

Ketika terakhir kali Sociedad bermain di Liga Champions, pada musim sebelumnya mereka juga finish di urutan empat di bawah Barcelona, Madrid, dan Atletico - seperti musim ini.

Sociedad juga melewati fase play-off dengan kemenangan agregat gol 4-0 atas Olympique Lyonnais dari gol-gol Antoine Griezmann dan Carlos Vela. Itu jadi kenangan yang tidak terlupakan fans.

Satu dekade berlalu dan skuad Sociedad saat ini tidak lagi sama, bahkan tidak ada pemain yang tersisa. Kendati demikian skuad besutan Imanol Alguacil cukup menjanjikan dengan kombinasi kualitas, pengalaman, dan bakat muda di dalam tim.

Pada sisi bertahan, Igor Zubeldia dan Robin Le Normand membentuk duet kuat di lini belakang dan salah satu yang terbaik di LaLiga. Sociedad jadi tim ketiga dengan catatan kebobolan gol paling sedikit dengan rata-rata kebobolan gol 0,91 per 90 menit.

Di lini tengah pemain berusia 24 tahun, Martin Zubimendi, membentuk duet yang dominan bersama Mikel Merino. Dan di depan Sociedad punya pemain-pemain kreatif, lincah, dan berkualitas dari segi teknik bermain.

Mereka itu seperti Takefusa Kubo, Davis Silva, Brais Mendez, dan Mikel Oyarzabal yang bergantian bermain dan dapat menjadi penyuplai bola handal untuk penyerang asal Norwegia, Alexander Sorloth.

Semua dikombinasikan dengan baik oleh Imanol Alguacil, pelatih yang sangat mengenal Sociedad luar dalam karena ia pernah jadi pemain dan juga pelatih di tim muda. Terlebih dalam skuad terkni cukup banyak pemain datang dari akademi klub.

Ada 16 produk akademi yang ada di tim utama Sociedad dan mereka tahu persis bagaimana tim bermain, serta memahami betapa besar Liga Champions untuk klub serta fans. Bahkan pemain asing yang notabene pinjaman dari Madrid, Takefusa Kubo, juga memahami pentingnya kembali bermain di Liga Champions.

“Saya pikir kami harus menjalani satu pertandingan pada satu waktu, tetapi dengan performa yang kami hasilkan, terutama yang satu ini, kami berhak untuk bermimpi. Fans sedang bermimpi dan kami juga," papar Kubo.

"Kami harus mengambilnya satu per satu, tapi saya pikir itu semakin dekat. Kami tahu bahwa kami memiliki enam pertandingan tersisa dan kami akan memainkan pertandingan ini dengan tubuh kami, tetapi juga dengan hati kami."

Real Sociedad Sociedad LaLiga Liga Champions
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.188

Bagikan