Ryan Giggs Batal Pimpin Timnas Wales di Piala Eropa 2020

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 24 April 2021
Ryan Giggs Batal Pimpin Timnas Wales di Piala Eropa 2020
Ryan Giggs (Twitter)

BolaSkor.com - Sebuah masalah besar harus dihadapi Tim Nasional Wales jelang berlaga di Piala Eropa 2020. The Dragons akan tampil tanpa didampingi pelatih kepala, Ryan Giggs.

Keputusan sulit itu terpaksa diambil Federasi Sepak Bola Wales (FAW). Mereka tak punya pilihan lain karena Giggs tersangkut kasus hukum.

Giggs telah didakwa melakukan kekerasan fisik kepada seorang wanita pada 1 November 2020. Peristiwa itu berlangsung di kediamannya di Manchester.

Baca Juga:

Dua Stadion Batal Jadi Tuan Rumah Piala Eropa 2020

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Wembley, Arena Bermain Para Raja

Profil Stadion Piala Eropa 2020: Hampden Park, Mantan Pemegang Rekor Dunia

Ryan Giggs dan Gareth Bale

"Asosiasi Sepak Bola Wales telah mencatat keputusan Pengadilan Kerajaan Inggris (CPS) untuk melanjutkan tuntutan kepada Ryan Giggs, manajer tim nasional pria. Pertemuan Dewan FAW akan diadakan untuk membahas perkembangan ini dan dampaknya terhadap Asosiasi dan tim nasional," bunyi pernyataan resmi FAW.

Wanita yang menjadi korban adalah kekasih Giggs sendiri bernama Kate Greville. Legenda Manchester United itu sempat ditahan selama satu hari karena insiden tersebut.

Alasan yang sama juga membuat Giggs absen mendampingi Wales melakoni tiga laga internasional pada bulan yang sama. Namun ketika itu ia belum ditetapkan sebagai terdakwa.

Perkembangan kasus tersebut kini memasuki babak baru. Pengadilan Inggris sudah menetapkan Giggs sebagai terdakwa dan akan menjalani sidang pada akhir bulan ini.

"Kami telah memberi wewenang kepada Polisi Greater Manchester untuk menuntut Ryan Giggs terlibat dalam perilaku yang mengendalikan atau melakukan penyerangan yang menyebabkan cedera tubuh yang sebenarnya," kata juru bicara CPS.

"Proses pidana aktif dan tidak ada yang harus dipublikasikan karena dapat membahayakan hak terdakwa atas pengadilan yang adil."

Pengganti Giggs

Kehilangan Giggs tentu sebuah kerugian bagi Wales. Pelatih berusia 47 tahun tersebut berperan penting membawa Gareth Bale dan kawan-kawan melaju ke putaran final Piala Eropa 2021.

Namun FAW sudah menunjuk penggantinya. Robert Page merupakan asisten Giggs dan sudah mengemban jabatan ini ketika atasannya absen sejak November silam.

Pada Piala Eropa 2020, Wales tergabung di grup A. Mereka akan bersaing dengan Turki, Italia, dan Swiss untuk merebut tiket ke fase gugur.

Timnas Wales Ryan Giggs Piala Eropa 2020 Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan