Robby Darwis Football Academy, Jalan bagi Legenda Persib Mencetak Pemain

Frengky AruanFrengky Aruan - Jumat, 05 Februari 2021
Robby Darwis Football Academy, Jalan bagi Legenda Persib Mencetak Pemain
Legenda Persib Bandung, Robby Darwis. (BolaSkor.com/Gigi Gaga)

BolaSkor.com - Legenda Persib Bandung, Robby Darwis memutuskan membentuk akademi sepak bola di tengah pandemi COVID-19. Yakni bernama Robby Darwis Football Academy.

Menurutnya, pembentukan akademi ini merupakan keputusan yang tepat untuk saat ini. Terlebih, tim PSKC Cimahi yang ditanganinya ini tidak memiliki aktivitas lantaran PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah menghentikan Liga 2 2020 akibat pandemi COVID-19.

Robby Darwis mengatakan akademi ini difasilitasi oleh Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpom) Kota Cimahi. Sehingga beberapa fasilitas akan terpenuhi. Mulai dari tempat fitness, tempat menginap hingga lapangan.

Baca Juga:

Perpanjang Kontrak di Bali United, Spasojevic Antusias Sambut Liga 1

PSIS Development, Rumah bagi Pemain Muda Mendalami Sepak Bola

"Fasilitas seperti sangat jarang di Bandung. Saya optimistis bisa memberikan kontribusi yang bagus bagi pemain yang ingin maju dan mencari bibit-bibit untuk klub dan juga tim nasional," ungkap Robby di Pusdikpom, Kota Cimahi, Jumat (5/2).

Pemain yang dijuluki 'Bima' ini menilai fasilitas menjadi fokus utamanya dalam membangun akademi ini. Sehingga akademinya ini memiliki perbedaan dengan yang lain.

"Jadi yang dari luar pulau seperti Sumatera atau dari daerah lain dan datang ke sini untuk menimba ilmu, kita di akademi ini ya menyalurkan ke sekolah (formal) juga. Jadi kita bekerja sama dengan salah satu sekolah baik itu SMP maupun SMA hingga antar jemputnya juga siap. Jadi tidak asal bikin akademi saja," tuturnya.

Selain itu, Robby Darwis memastikan hasil didikannya akan memiliki mental yang tangguh. Lantaran berada di komplek Militer. "Nanti akan ada kedisiplinan dari Pusdikpom sendiri yang mana untuk bisa membangun mental itu bisa kuat atau memahami karakter sebagai pemain bola."

"Yang lainnya saya rasa ada mes, mesjid, lapangan indoor dan outdoor menurut saya itu sudah cukup membuat akademi dan juga ada ruangan pertemuan kalau ada diskusi orang tua dan juga ada yang mengajar dari instruktur untuk memperdalam pelatih-pelatih, itu sudah dipersiapkan semua," tambahnya.

Terkait mengenai jajaran pelatih, Robby menunjuk para mantan pemain Persib Bandung. Di antaranya Yudi Guntara, Asep Soemantri, Anwar Sanusi, Cecep Supriyatna hingga Dede Iskandar.

"Mereka juga tidak dibayar berapa-berapa (harga tinggi) tapi ingin membantu memajukan Akademi saya. Jadi saya dengan senang hati, mereka sukarela yang bahagia sekali karena teman-teman saya bisa membantu memberikan pengalaman mereka pada siswa-siswa disini," pungkasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)

Persib Bandung Breaking News SSB
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan