Ricuh Suporter Persib dan Persis Solo di Manahan, Sanksi Komdis Menanti

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 09 Agustus 2023
Ricuh Suporter Persib dan Persis Solo di Manahan, Sanksi Komdis Menanti
Kericuhan sempat terjadi di tribun Stadion Manahan Solo saat Persis Solo menghadapi Persib Bandung, Selasa (8/8). (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - Kericuhan sempat terjadi di tribun Stadion Manahan Solo saat Persis Solo menghadapi Persib Bandung, Selasa (8/8). Persib Bandung terancam sanksi berat karena 400 oknum suporternya nekat datang.

Persis Solo sebenarnya sudah melakukan penjualan tiket secara ketat. Mereka membatasi penjualan tiket online dan memprioritaskan penjualan tiket lewat offline.

Namun nyatanya masih ada 400-an anggota suporter Persib yang mendapat tiket. Meski tanpa atribut, mereka menyanyikan yel-yel dukungan untuk Persib, termasuk terlibat saling ejek dengan suporter Persis Solo.

Tingginya tensi pertandingan ikut memancing keributan di tribun. Ratusan suporter Persib kemudian terlibat keributan singkat dengan suporter Persis Solo yang ada di tribun utara.

Kontak fisik berhasil dicegah karena pihak kepolisian langsung diminta masuk tribun untuk menjaga perbatasan bersama seratusan steward.

"Belum ada laporan (luka-luka), karena bisa kita sampaikan, lemparan yang kita pantau itu minuman dalam bentuk plastik. Botol air mineralnya sudah kita amankan saat di luar stadion," kata Ketua Panpel Persis Solo, Ginda Ferachtriawan, Selasa (8/8).

Baca Juga:

Persija Vs Borneo FC, Pieter Huistra Nantikan Tekanan The Jakmania

Hasil Liga 1 2023/2024: Diwarnai Kartu Merah, Persib Dikalahkan Persis Solo

Awalnya, gesekan itu terjadi karena saling ejek saat suporter Persis Solo dan Persib Bandung terlibat kontak fisik di lapangan.

"Awalnya berawal dari beberapa ejekan, kemudian steward dan kepolisian langsung turun tangan. Kita pisahkan dan minta saling mundur agar tidak ada provokatif," tutur Ginda.

Ginda belum mengetahui suporter Persib mendapat tiket dari mana. Sebelum disatukan di tribun barat sisi utara, mereka sempat masuk di tribun yang berbeda-beda.

"Tiketnya acak, sebagian besar di sayap utara. Sebagian tiket juga kita foto mengingat gelang tiket bisa kita lacak sebenarnya siapa yang menjual. Ini biar jadi bahan evaluasi tim ticketing. Jadi ketahuan siapa yang menjual, apakah itu elemen suporter, apakah dia titip, apakah dia beli di store," papar Ginda.

Suporter Persib diduga datang dengan terkoordinir. Pasalnya, sebagian besar suporter Persib datang rombongan menggunakan bus dan mobil pribadi. Kepulangan meninggalkan Kota Solo akhirnya mendapat pengawalan khusus dari pihak kepolisian.

"Infonya ada yang naik bus, mobil, kereta. Kalau melihat bahasanya banyak yang menggunakan bahasa asal (sunda). Jadi kita bisa tahu, nampaknya bukan orang Jawa Tengah, tapi orang Jawa Barat," jelas Ginda.

Kini, Persib Bandung tinggal menanti sanksi denda Rp25 Juta dari Komdis PSSI. Begitu pula dengan Panpel Persis Solo karena kecolongan dengan kehadiran suporter Persib. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)

Persis Solo Persib Bandung Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.117

Bagikan