Rekor dan Catatan Menarik dari Deadline Day di Premier League 2022-2023

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 02 September 2022
Rekor dan Catatan Menarik dari Deadline Day di Premier League 2022-2023
Deadline day Premier League (Laman Resmi Premier League)

BolaSkor.com - Bursa transfer musim panas 2022 telah resmi ditutup pada Jumat (02/09) pagi WIB. Tidak begitu banyak kejutan yang terjadi pada hari deadline selain transfer-transfer yang dilakukan klub besar Premier League.

Manchester City, Liverpool, Chelsea, dan Manchester United aktif hingga hari terakhir bursa transfer dengan merekrut pemain baru. Bursa transfer musim panas 2022 ini cukup menarik setelah di dua edisi sebelumnya, klub-klub tidak berani jor-joran karena finansial yang terpengaruh pandemi virus corona.

Pada deadline Man United memecahkan rekor transfer termahal sepanjang masa, saat merekrut Antony dari Ajax Amsterdam sebesar 82 juta poundsterling - 100 juta euro dengan detail 95 juta euro plus 5 juta bonus.

Baca Juga:

Leicester City 0-1 Manchester United: Setan Merah Tembus Lima Besar

Erik ten Hag Ungkap Alasan Ngotot Datangkan Antony

Lagi, Erik ten Hag Tegaskan Cristiano Ronaldo Bertahan di Manchester United

Itu memastikan pengeluaran transfer klub-klub Premier League pada tahun ini pada angka 1,9 miliar poundsterling, memecahkan rekor pada 2017 sebesar 1,4 miliar poundsterling. Sudah jelas angka itu melebihi liga Eropa lainnya.

Sembilan dari 20 klub menghabiskan lebih dari 100 juta poundsterling untuk merekrut pemain. Bersamaan dengan itu rekor lain juga diukir di musim panas 2022 yakni:

1. Belanja transfer klub-klub Premier League lebih dari LaLiga Spanyol, Serie A Italia, dan Bundesliga Jerman apabila dikombinasikan.

2. Chelsea menghabiskan uang transfer lebih di satu bursa transfer lebih dari klub lainnya dalam sejarah Premier League.

3. Manchester United memecahkan rekor personal mereka dalam belanja pemain di musim panas.

4. Nottingham Forest merekrut lebih banyak pemain di satu bursa transfr musim panas, ketimbang klub-klub Inggris lain sepanjang masa.

Pengeluaran gabungan dari 20 klub selama bursa transfer, yang dibuka dari 10 Juni sampai 1 September (waktu setempat), adalah 67 persen lebih tinggi dari total musim panas sebelumnya sebesar 1,1 miliar poundsterling.

Menurut perusahaan jasa keuangan Deloitte, musim 2022-2023 sudah mencatatkan pengeluaran transfer tertinggi sejak dua bursa transfer semusim dimulai, dan itu bahkan sebelum jendela transfer Januari musim ini terjadi, melebihi rekor sebelumnya sebesar 1,86 miliar poundsterling yang ditetapkan pada tahun 2017-2018 sebesar 3 persen.

"Rekor tingkat pengeluaran selama jendela transfer ini merupakan indikasi yang jelas dari kepercayaan klub Premier League, karena penggemar kembali ke stadion dan siklus siaran baru dimulai," tutur Tim Bridge, lead partner di Deloitte Sports Business Group.

"Sekarang menjadi bagian tak terpisahkan dari Premier League bahwa klub bersedia membayar jumlah yang signifikan untuk memaksimalkan performa."

"Musim ini, keinginan untuk mendapatkan bakat bermain telah mencapai level baru karena tekanan bagi klub untuk tetap berada di kompetisi lebih tinggi dari sebelumnya."

Rekrutan di Deadline Day

14 dari 20 klub-klub Premier League setidaknya merekrut satu pemain pada deadline day. Contoh itu seperti Manchester City yang memboyong bek asal Swiss, Manuel Akanji, dari Borussia Dortmund dan rival sekota mereka, Man United, merekrut Antony dan juga Martin Dubravka.

Liverpool sukses mengatasi kebutuhan akan gelandang dengan merekrut Arthur Melo dari Juventus. Pun demikian Chelsea yang memboyong Pierre-Emerick Aubameyang dan Denis Zakaria.

Klub Paling Boros

Era baru Todd Boehly di Chelsea diwarnai dengan fakta klub berada di urutan teratas klub paling boros, dari segi pengeluaran di bursa transfer musim panas. Dari data di Transfermarkt, Chelsea mengeluarkan 251 juta poundsterling.

Pemain-pemain yang mereka rekrut seperti Raheem Sterling, Kalidou Koulibaly, Wesley Fofana, Pierre-Emerick Aubameyang, dan Denis Zakaria (pinjaman).

Di bawah Chelsea adalah Man United dengan pengeluaran mencapai 214 juta poundsterling, dengan merekrut pemain seperti Tyrell Malacia, Christian Eriksen (gratis), Lisandro Martinez, Casemiro, Antony, dan Dubravka (pinjaman).

Enam klub dengan pengeluaran terbanyak di bursa transfer musim panas 2022:

1. Chelsea - 251 Juta Poundsterling
2. Manchester United - 214 Juta Poundsterling
3. West Ham United - 163 Juta Poundsterling
4. Tottenham Hotspur - 152 Juta Poundsterling
5. Nottingham Forest - 145 Juta Poundsterling
6. Manchester City - 125 Juta Poundsterling

Nottingham Membangun Tim Baru

Kembali bermain di Premier League untuk kali pertama sejak 1999, Nottingham Forest jelas tak ingin kembali turun kasta. Klub peraih dua titel Liga Champions di era Brian Clough praktis membangun tim baru di musim panas 2022.

Bayangkan saja, tim besutan Steve Cooper merekrut 21 pemain dan menghabiskan 145 juta poundsterling - memecahkan rekor rekrutan terbanyak klub-klub Inggris di satu musim. Rekor sebelumnya dipegang Crystal Palace pada 2013 dengan merekrut 17 pemain, juga dengan Livingston (2001) dan Dundee United (2000) yang merekrut 19 pemain.

Beberapa nama yang cukup terkenal di Eropa itu seperti Jesse Lingard, Dean Henderson, Renan Lodi, dan Remo Freuler.

Trivia Sepak Bola Transfer Isu Transfer Bursa transfer Premier League
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.146

Bagikan