Real Madrid 5-3 Al-Hilal: Dominasi Klub Eropa Berlanjut di Piala Dunia Antarklub

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 12 Februari 2023
Real Madrid 5-3 Al-Hilal: Dominasi Klub Eropa Berlanjut di Piala Dunia Antarklub
Real Madrid Juara Piala Dunia Antarklub (Twitter)

BolaSkor.com - Real Madrid menahbiskan status sebagai penilik trofi Piala Dunia Antarklub dengan raihan trofi kelima. Los Blancos menang telak 5-3 atas klub Arab Saudi, Al-Hilal, Minggu (12/04) dini hari WIB di Prince Moulay Abdellah Stadium. Alhasil, kini sudah 10 kali beruntun juara Piala Dunia Antarklub dimenangi tim dari Eropa.

Jalannya Pertandingan

Carlo Ancelotti menurunkan Karim Benzema sebagai ujung tombak bersama Vinicius dan Federico Valverde di depan. Real Madrid unggulan juara dan mereka sudah memperlihatkan perbedaan kualitas, kelas, dan pengalaman di babak pertama ini.

Pada menit 13 setelah bola dimainkan Valverde dan Benzema, Benzema memberikan umpan terobosan yang dikonversi jadi gol oleh Vinicius yang onside. Vinicius membawa Madrid unggul 1-0 atas Al-Hilal.

Momentum dimanfaatkan dengan baik oleh Madrid dengan gol kedua di menit 19. Berawal dari umpan silang mendatar yang diberikan Luka Modric ke kotak penalti Al-Hilal, bola disapu lini belakang tapi sapuannya tak sempurna. Valverde menendang bola dan tidak dapat diantisipasi Abdullah Al Muaiouf, kiper Al-Hilal. 2-0 Madrid menjauh.

Baca Juga:

Carlo Ancelotti Dianggap Cocok Tangani Timnas Brasil

Bukan Sembarang Klub, 3 Hal dari Al-Hilal yang Layak Diwaspadai Real Madrid

Rencana Besar Real Madrid bersama Federico Valverde

Al-Hilal tidak menyerah begitu saja. Dengan satu momen dari serangan balik, Mohammed Kano memberikan assist kepada Moussa Marega yang onside dan memenangi duel satu lawan satu dengan kiper Madrid, Andriy Lunin. 1-2 Al-Hilal memperkecil kedudukan.

Madrid mendominasi permainan tapi di satu sisi berbeda juga rawan diserang dari serangan balik. Al-Hilal dalam hal tersebut cukup berbahaya dan merepotkan. Skor sementara di babak pertama 2-1 untuk keunggulan Madrid.

Di babak kedua Madrid kembali memperlebar keunggulan mereka. Pada menit 54 Benzema mengonversi assist yang diberikan Vinicius setelah ia beroperasi di sisi kanan pertahanan Al-Hilal. Tidak ada yang menghentikan Benzema. 3-1 Madrid menjauh.

Pertahanan Al-Hilal sangat rapuh dan mudah dipenetrasi. Terbukti dari kerja sama satu dua operan antara Dani Carvajal dan Valverde, Valverde tak terkawal dan mencetak gol keempag Madrid di menit 58.

Pertahanan Madrid pun lengah dengan keunggulan 4-1. Pada menit 63 Rudiger gagal menjaga pergerakan eks Atletico Madrid, Luciano Vietto, yang onside dan me-lob bola ke gawang Madrid tanpa bisa dihentikan pemain Madrid. 2-4 Al-Hilal kembali mencetak gol.

Keran gol Madrid berlanjut di pertandingan ini. Enam menit berselang setelah gol Vietto, Vinicius mencetak gol kelima Madrid kala ia menyambar bola yang coba dikontrol oleh Dani Ceballos. Skor 5-2 untuk keunggulan Madrid.

Sejumlah pergantian pemain telah dilakukan kedua tim seperti halnya Rodrygo, Nacho, Marco Asensio, dan Dani Ceballos di kubu Madrid.

Memasuki 15 menit terakhir laga Al-Hilal kembali mencetak gol. Vietto mencatatkan namanya kembali di papan skor pada menit 79 ketika pressing pemain Al-Hilal berujung keberhasilan merebut bola dari pemain Madrid. Michael, yang baru masuk, memberikan assist yang dikonversi jadi gol oleh Vietto. 3-5 Al-Hilal memperkecil kedudukan.

Tujuh menit waktu tambahan di babak kedua dan Madrid mengatur ritme bermain, mendominasi penguasaan bola dan menjauhkan Al-Hilal dari bola. Madrid sukses melakukannya sampai laga berakhir dan menang dengan skor 5-3 atas Al-Hilal.

Susunan Pemain

Real Madrid (4-3-3): Andriy Lunin; Eduardo Camavinga, David Alaba, Antonio Rudiger, Dani Carvajal (Jesus Vallejo 79'); Toni Kroos (Marco Asensio 74'), Aurelien Tchouameni (Dani Ceballos 62'), Luka Modric (Nacho 74'); Vinicius Junior, Karim Benzema (Rodrygo 62'), Federico Valverde.

Pemain Cadangan: Sergio Arribas, Mario Martin, Marco Asensio, Mariano, Jesus Vallejo, Dani Ceballos, Alvaro Odriozola, Eder Militao, Rodrygo, Luis Lopez, Nacho, Lucas Canizares.

Pelatih: Carlo Ancelotti

Al-Hilal (4-2-3-1): Abdullah Al Muaiouf; Saud Abdulhamid, Hyun-Soo Jang, Ali Al Bulayhi, Khalifah Aldawsari; Mohamed Kanno, Gustavo Cuellar; Andre Carrillo (Michael 75'), Luciano Vietto (Abdullah Al Hamdan 87'), Salem Al Dawsari (Nasser Al Dawsari 75'); Moussa Marega (Odion Ighalo 86').

Pemain Cadangan: Muath Muath, Abdullah Otayf, Nasser Al Dawsari, Michael ,Mohammed Al Khaibari, Abdullah Al Hamdan, Saleh Al Shehri, Mohammed Al Owais, Odion Ighalo, Habib Alwotayan, Musab Al Juwayr, Mohammed Jahfali.

Pelatih: Ramon Diaz

Madrid Real Madrid Piala dunia antarklub Al Hilal
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.182

Bagikan