Bukan Sembarang Klub, 3 Hal dari Al-Hilal yang Layak Diwaspadai Real Madrid

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 09 Februari 2023
Bukan Sembarang Klub, 3 Hal dari Al-Hilal yang Layak Diwaspadai Real Madrid
Al-Hilal (@Alhilal_FC)

BolaSkor.com - Klub Arab Saudi, Al-Hilal, akan menjadi lawan Real Madrid di final Piala Dunia Antarklub yang dimainkan di Prince Moulay Abdellah Stadium, Minggu (12/02) pukul 02.00 dini hari WIB. Laga itu akan menarik.

Pasalnya, untuk kali pertama dalam sejarah Piala Dunia Antarklub bukan tim Amerika Selatan atau Eropa yang melaju ke final melainkan tim dari Arab Saudi. Seyogyanya di Piala Dunia Antarklub, duel mempertemukan juara Copa Libertadores (tim Amerika Selatan) dan juara Liga Champions (Eropa).

Adanya Madrid di final tidak mengherankan, apalagi di semifinal mereka melumat Al Ahly dengan skor telak 4-1. Los Blancos menjadi unggulan juara, dan diprediksi memenangi trofi kelima mereka untuk semakin mematenkan status penilik trofi terbanyak Piala Dunia Antarklub.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan: Real Madrid Tembus Final, Rentetan Kemenangan Manchester United Terhenti

Real Madrid Menang Telak, Carlo Ancelotti Tak Puas

Rencana Besar Real Madrid bersama Federico Valverde

Kendati demikian tim underdog alias non unggulan seperti Al-Hilal tak bisa disepelekan. Mereka akan bermain nothing to lose alias tanpa beban dan ini bisa merepotkan Madrid. Terlebih ada beberapa hal yang layak diwaspadai Madrid, apa saja?

1. Pemain Asing

Ada tujuh pemain asing non Arab Saudi dalam skuad Al-Hilal yakni Gustavo Cuellar (Kolombia), Odion Ighalo (Nigeria), Luciano Vietto (Argentina), Mousa Marega (Mali), Andre Carrillo (Peru), Jang Hyun-soo (Korea Selatan), dan Michael (Brasil).

Beberapa di antara mereka sudah pernah berkarier di Eropa seperti Ighalo, Vietto, Carrillo, Marega. Dari nama-nama tersebut Vietto layak diwaspadai Madrid karena ia pencetak gol Al-Hilal kala menang 3-2 atas Flamengo di semifinal.

Tidak hanya itu, pemain berusia 29 tahun asal Argentina juga pernah membela rival sekota Real Madrid, Atletico Madrid, serta berkarier di Sevilla, Valencia, dan Fulham. Vietto tentu mengetahui gaya bermain Madrid dan itu akan jadi keuntungan bagi Al-Hilal.

2. Salem Al-Dawsari

Tidak ada habisnya pemain berusia 31 tahun mencuri perhatian di panggung besar. Pada Piala Dunia 2022 Salem Al-Dawsari mengukir sejarah untuk negaranya, Arab Saudi, dengan kemenangan bersejarah 2-1 atas Argentina yang pada akhirnya jadi juara dunia. Tim yang diperkuat Lionel Messi.

Salem melanjutkan performa bagusnya pada 2023 dengan dua gol penalti yang membantu Al-Hilal menang 3-2 atas Flamengo. Salem berposisi sebagai penyerang sayap dan ini salah satu nama yang layak diwaspadai Madrid.

Salem 'suka' kejutan dan magis kala ia mencetak gol ke gawang Argentina bisa terjadi kepada Madrid jika tidak bertahan dengan baik. Menariknya, Salem pernah dipinjamkan ke klub LaLiga Spanyol, Villarreal, pada 2018.

3. Motivasi Ukir Sejarah

Al-Hilal akan menjadikan kemenangan bersejarah Arab Saudi atas Argentina di Piala Dunia 2022, serta keberhasilan Maroko menembus semifinal, sebagai motivasi saat melawan Real Madrid. Motivasi mereka bisa semakin bertambah.

Pasalnya, belum pernah ada negara dari Asia yang menjadi juara Piala Dunia Antarklub. Pencapaian terbaik mereka ada pada 2016 dan 2018 ketika Kashima Antlers (Jepang) dan Al-Ain (Uni Emirat Arab) mencapai final tapi kalah - dua-duanya saat melawan Madrid.

Al-Hilal besutan Ramon Diaz akan termotivasi untuk mengakhiri catatan buruk tim Asia tersebut. Kesempatan itu terbuka dengan status non unggulan, motivasi berlipat, serta fakta skuad Madrid tidak lengkap.

Karim Benzema dan Thibaut Courtois cedera, plus mereka tak punya bek kiri murni saat ini. Madrid tetap kuat tanpa kedua pemain tersebut, tapi absennya mereka dapat jadi pelecut semangat bagi Al-Hilal.

Al Hilal Madrid Real Madrid Piala dunia antarklub Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.184

Bagikan