Timnas Indonesia

Ranking FIFA Timnas Indonesia Melesat, Erick Thohir Sebut PSSI On The Track

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 16 Februari 2024
Ranking FIFA Timnas Indonesia Melesat, Erick Thohir Sebut PSSI On The Track
Skuad Timnas Indonesia. (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengapresiasi peningkatan peringkat Timnas Indonesia di ranking FIFA. Berdasarkan update FIFA pada bulan Februari 2024, Indonesia kini menempati peringkat 142 dunia, atau naik empat tingkat dari posisi sebelumnya (146).

Peningkatan ini tidak terlepas dari pencapaian Timnas Indonesia yang berhasil lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar. Indonesia kini mengoleksi 1072,66 poin, setelah mendapat tambahan 8,65 poin.

Dari empat laga di Piala Asia 2023, Indonesia meraih satu kemenangan dan menelan tiga kekalahan. Kemenangan didapat atas Vietnam (1-0), sedangkan kekalahan diterima dari Irak (1-3), Jepang (1-3), dan Australia (0-4).

Posisi 142 Ini merupakan peringkat terbaik Timnas Indonesia dalam lima tahun terakhir. Sebelumnya, peringkat tertinggi yang dicapai Indonesia adalah posisi 145 dunia pada Oktober 2023.

"Alhamdulillah, posisi 142 di FIFA tak hanya tertinggi dalam lima tahun terakhir, tapi juga dalam setahun ini," kata Erick Thohir.

Baca Juga:

Ranking FIFA Indonesia Melesat Naik

Erick Thohir Perintahkan Shin Tae-yong Cari Striker Diaspora di Eropa

Erick mengatakan pencapaian ini merupakan langkah awal untuk mencapai target utama, yakni menembus peringkat 100 besar dunia. Dengan proses yang tengah berjalan saat ini, Erick optimistis target itu dapat tercapai.

"Ini sebuah proses yang membuktikan program yang kami lakukan di PSSI, terutama dalam menyiapkan timnas yang kompetitif dan berkualitas, sudah on the track," ujar Erick.

Kans Timnas Indonesia untuk terus naik peringkat dalam ranking FIFA kembali terbuka pada Maret nanti. Sebab, Skuad Garuda akan melakoni laga lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Timnas Indonesia yang tergabung di Grup F akan menghadapi Vietnam pada 21 dan 26 Maret. Di pertemuan pertama, Tim Merah-Putih akan menjadi tuan rumah.

Sejauh ini, dari dua laga yang sudah dijalani, Timnas Indonesia baru mengumpulkan satu poin hasil imbang melawan Filipina 1-1. Sedangkan, satu laga lainnya kontra Irak berakhir dengan kekalahan telak 1-5.

Timnas Indonesia Pssi Ranking FIFA Indonesia Naik Fifa Erick thohir Piala Asia Piala Asia 2023 Kualifikasi piala dunia Kualifikasi Piala Dunia 2026 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.464

Bagikan