Rampung Jadi Pemegang Saham, Sir Jim Ratcliffe: Budaya Manchester United Tidak Dirancang untuk Sukses

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Rabu, 21 Februari 2024
Rampung Jadi Pemegang Saham, Sir Jim Ratcliffe: Budaya Manchester United Tidak Dirancang untuk Sukses
Sir Jim Ratcliffe (twitter)

BolaSkor.com - Sir Jim Ratcliffe akhirnya resmi menjadi pemilik 27,7 persen saham Manchester United setelah proses pembelian rampung pada Selasa (20/2) waktu setempat. Ratcliffe menyatakan menjadi salah satu pemilik Manchester United adalah kehormatan disertai tanggung jawab besar.

Sebelumnya, investasi pria 71 tahun yang akan membuatnya mengendalikan operasional klub sudah disetujui oleh Liga Premier dan Asosiasi Sepak Bola Inggris pekan lalu.

"Ini menjadi pertanda selesainya transaksi, namun baru awal dari perjalanan kami dalam membawa Manchester United kembali ke puncak sepak bola Inggris, Eropa, dan dunia, dengan fasilitas-fasilitas kelas dunia, untuk penggemar-penggemar," kata Ratcliffe dikutip dari AFP.

Baca Juga:

The Munich Air Disaster: Tragedi dan Solidaritas

5 Kandidat Ideal Direktur Olahraga untuk Manchester United

Profil dan Rekam Jejak Dan Ashworth, Direktur Olahraga yang Diidamkan Manchester United

United belum pernah menjuarai Premier League sejak Alex Ferguson pensiun pada 2013. Setan Merah terakhir kali menjuarai Liga Champions pada 2008. Grafik prestasi mereka memburuk selama dikuasai keluarga Glazer.

Ratcliffe mengatakan dia perlu memulai transformasi budaya di Manchester United. Pasalnya, menurut dia selama ini budaya klub tidak diarahkan untuk sukses. Setelah pembelian 27,7 persen kepemilikan saham minoritas Ratcliffe telah membuat penunjukan penting sebagai bagian dari restrukturisasi.

Omar Berrada akan bergabung sebagai kepala eksekutif (CEO) di musim panas dari Manchester City dan pembicaraan terus berlanjut untuk membawa direktur olahraga Newcastle, Dan Ashworth, dan direktur sepak bola Southampton, Jason Wilcox, ke posisi senior.

Seorang wakil kepala eksekutif juga diinginkan karena Ratcliffe bertujuan untuk membuat penunjukan “kelas dunia” untuk membantu memfasilitasi perubahan di lapangan.

“Kami harus melihat organisasi klub, karena saat ini sedang tidak bagus,” kata Ratcliffe dikutip The Guardian.

“Ambil contoh pelatih kepala (Erik ten Hag). Dia harus melapor langsung ke CEO. Hal itu tidak mungkin lagi dilakukan dalam organisasi sepak bola modern."

“Kami kemudian harus memastikan bahwa orang yang tepat berada di posisi yang tepat. Setiap orang dalam manajemen harus berkelas dunia. Dan kemudian penting untuk menciptakan lingkungan yang positif, mendukung, ramah, dan berkualitas tinggi," dia menambahkan.

"Budaya itu telah hilang sebelumnya. Hanya dalam lingkungan seperti itu Anda bisa mendapatkan yang terbaik. Jika berhasil maka hasilnya akan mengikuti secara otomatis. Itulah rencananya dan saya yakin akan hal itu.”

Ratcliffe telah memainkan peran aktif dalam membentuk struktur baru, bersama dengan direktur olahraga Ineos, Sir Dave Brailsford, dan kepala eksekutif olahraga, Jean-Claude Blanc, yang akan mengambil posisi di dewan direksi United.

United berada di urutan keenam di Premier League, tertinggal lima poin dari peringkat keempat. Klub ini mengangkat satu trofi utama dalam enam musim terakhir.

Premier League Manchester United Sir Jim Ratcliffe Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.281

Bagikan