Pukul Wasit, Mantan Presiden Klub Turki Diberi Sanksi Seumur Hidup

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 15 Desember 2023
Pukul Wasit, Mantan Presiden Klub Turki Diberi Sanksi Seumur Hidup
Insiden kala Faruk Koca meninju Halil Umut Meler (Twitter)

BolaSkor.com - Sebuah momen tak terduga terjadi pada lanjutan laga Super Lig Turki baru-baru ini, antara Ankaragucu melawan Rizespor yang berakhir imbang 1-1 di Eryaman Stadium. Dua kartu merah juga keluar dari kantong wasit di pertandingan tersebut.

Masing-masing untuk pemain di antara kedua klub, yakni Ali Sowe (50') dan Emirhan Topcu (90+5'). Sementara dua gol dicetak Olimpiu Morutan (14') dan Adolfo Gaich (90+7').

Momen terjadi selepas laga berakhir. Tiba-tiba ada orang berlari masuk ke tengah lapangan dan meninju wajah wasit Halil Umut Meler. Dia adalah Presiden Ankaragucu, Faruk Koca.

Koca meninju Meler hingga jatuh dan bagian kiri bawah matanya lebam. Tak hanya itu Meler bahkan sampai ditendang saat jatuh oleh orang yang belum diketahui identitasnya, untuk kemudian staf dan pemain kedua belah pihak menenangkan situasi.

Baca Juga:

Ketika Presiden Klub Turki Memukul Wasit hingga Mata Lebam

Tegas, Erik ten Hag Tak Beri Waktu Libur untuk Pemain Manchester United

Jadon Sancho dan 5 Pemain Manchester United yang Berseberangan dengan Erik Ten Hag

Aksi Koca itu mendapatkan kecaman dari banyak pihak. Seperti Perdana Menteri Dalam Negeri Turki, Ali Yerlikaya, dan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

"Saya mengutuk keras penyerangan terhadap wasit Halil Umut Meler di akhir pertandingan MKE Ankaragucu-Caykur Rizespor," papar Yerlikaya seperti dilansir dari Dailymail.

"Insiden seperti ini tidak dapat diterima di lahan hijau kita, yang merupakan landasan perdamaian dan persahabatan. Kami mengikuti peristiwa menyedihkan ini."

"Saya menyampaikan harapan terbaik saya kepada wasit kami Halil Umut Meler, yang berhasil mewakili wasit Turki di luar negeri."

"Olahraga mengartikan kedamaian dan kebersamaan. Olahraga tidak cocok dengan kekerasan. Kami tidak akan pernah membiarkan kekerasan terjadi pada olahraga Turki," imbuh Erdogan.

Tak lama setelah kejadian tersebut, Koca mengundurkan diri sebagai Presiden Ankaragucu dan ditahan. Federasi Sepak Bola Turki (TFF) dilansir dari TalkSport, memberikan sanksi tegas seumur hidup larangan terlibat dalam sepak bola untuk Koca.

Ankaragucu juga didenda sebesar 54.000 poundsterling serta akan memainkan lima laga tanpa penonton. Kejadian tersebut juga tak lepas dari sorotan Presiden FIFA, Gianni Infantino.

"Cukup sudah dan ini harus dihentikan. Saya terkejut ketika melihat gambar itu (Koca pukul Meler) seperti orang lain," tambah Infantino.

"Anda bisa bersemangat dalam sebuah pertandingan dan Anda bisa merasakan perasaan untuk tim, tapi kami tidak mungkin menerima hal seperti itu terjadi."

Turki Liga Turki
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.230

Bagikan