PSSI Tak Ingin Pemain U-23 seperti Marselino, Rizky Ridho, Arhan, Elkan Dipaksakan

Frengky AruanFrengky Aruan - Sabtu, 24 Juni 2023
PSSI Tak Ingin Pemain U-23 seperti Marselino, Rizky Ridho, Arhan, Elkan Dipaksakan
Aksi Marselino Ferdinan saat Timnas Indonesia kontra Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin (19/6). (BolaSkor.com/Rizki Fitrianto)

BolaSkor.com - PSSI tak ingin pemain U-23 dipaksakan untuk diandalkan di tim nasional U-23 maupun senior. PSSI khawatir jika pemain U-23 yang juga menjadi tulang punggung timnas senior mengalami cedera termasuk kejenuhan.

Hal ini seperti disampaikan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, merespons agenda timnas senior pada September 2023. PSSI kemungkinan memaksimalkan FIFA Matchday September 2023.

Adapun periode FIFA Matchday September 2023, yakni pada tanggal 4 sampai 12. Agenda tersebut berdekatan bahkan beririsan dengan jadwal timnas U-23.

Baca Juga:

Kandidat Dirtek PSSI Mengerucut Menjadi 6 Nama, Salah Satunya Joachim Low?

PSSI Kirim Surat ke 4 Negara, Bantah Timnas Indonesia Akan Hadapi Malaysia dan Korsel

Seperti diketahui pada September ada dua agenda Timnas Indonesia U-23. Yakni Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang dijadwalkan 4-12 September, Asian Games 2022 Hangzhou yang dijadwalkan 19 September-8 Oktober 2023. Keterlibatan pemain U-23 di timnas U-23 maupun senior pun mendapat perhatian.

"Kalau kita lihat kemarin melawan tim Argentina ada enam pemain di bawah 23 tahun. Ada Elkan (Baggott), Ridho, Rafael (Struick), Ivar (Jenner), Marselino (Ferdinan), Pratama Arhan. Artinya yang saya bilang generasi emas. Ini mesti benar-benar kita atur, jangan sampai kita jadi abuse, dipaksakan main terus, nanti ada cedera, ada kejenuhan, yang rugi kita juga," jelas Erick Thohir.

Karena itu keterlibatan para pemain U-23 baik di timnas U-23 maupun senior akan diatur. PSSI mengajak pelatih timnas U-23 Indra Sjafri dan pelatih timnas senior Shin Tae-yong untuk duduk bersama.

"Juga kepala BTN, Sumardji untuk tadi, jangan masing-masing ego. Tapi prioritaskan kesehatan mental pemain. Manusia juga bukan robot," jelas Erick Thohir.

Pssi Timnas indonesia u-23 Timnas Indonesia
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan