Timnas Indonesia

PSSI Minta Shin Tae-yong dan Indra Sjafri Ajari Pelatih Muda di Indonesia demi Regenerasi

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 21 Februari 2024
PSSI Minta Shin Tae-yong dan Indra Sjafri Ajari Pelatih Muda di Indonesia demi Regenerasi
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan instruksi saat Timnas Indonesia melawan Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12) sore WIB. (BolaSkor)

BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan Direktur Teknik (Dirtek) PSSI Indra Sjafri mendapatkan tugas khusus dari Erick Thohir. Ketua Umum PSSI tersebut meminta Shin Tae-yong dan Indra Sjafri melatih para pelatih muda.

Hal ini supaya regenerasi kepelatihan di tim nasional dapat berjalan dengan baik. Saat ini Shin Tae-yong menukangi Timnas Indonesia Senior dan Timnas U-23.

Sedangkan Indra Sjafri, di luar tugasnya menjadi Dirtek PSSI, ia juga menjabat pelatih kepala Timnas U-20. Regenerasi mulai dilakukan dengan mempercayakan posisi pelatih Timnas U-16 kepada Nova Arianto.

Sebelumnya, Nova menjadi asisten Indra Sjafri pada 2019, sebelum kemudian membantu Shin Tae-yong sejak 2020 sampai sekarang. PSSI juga sempat memberikan kesempatan kepada Charis Yulianto dan Haryanto Prasetyo masuk dalam staf kepelatihan Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia menggelar persiapan menghadapi Palestina dan Argentina dalam FIFA Matchday periode Juni 2023.

"Masing-masing coach wajib melatih pelatih muda," kata Erick Thohir.

"Kalau STY (Shin Tae-yong) wajib melatih pelatih Indonesia muda. Begitu juga coach Indra (Sjafri) harus punya pelatih muda," ujar mantan Presiden Inter Milan itu menambahkan.

Erick Thohir mengatakan setiap pelatih tersebut diberikan target oleh PSSI. Misalnya, Indra Sjafri yang diberi target tinggi di Piala AFF U-19 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

"Semua pelatih saya kasih target, coach Indra saya kasih target U-20 dan U-17," ujar Menteri Badan Usaha Milik Negara itu.

Baca Juga:

3 Alasan Jairo Riedewald Layak Diperjuangkan PSSI untuk Timnas Indonesia

Erick Thohir Sebut Pelatih Lokal Pengganti Nova Arianto Diputuskan Shin Tae-yong

"Coach Nova juga saya berikan target. Sama seperti coach Bima (Sakti) waktu dulu untuk lolos grup di Piala Dunia U-17 (2023), dengan prestasi yang sebetulnya luar biasa dengan dua kali imbang dan sekali kalah tapi tidak lolos."

"Apa saya tidak apresiasi coach Bima, saya apresiasi cuma dari misinya tidak sesuai target," tutur Erick Thohir.

Karena itu, kata Erick, PSSI memberikan kesempatan kepada Nova Arianto untuk mempersiapkan Timnas Indonesia U-16 yang akan berlaga di Piala AFF U-16 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Untuk Bima Sakti, PSSI tetap mempercayakannya sebagai salah satu asisten Indra Sjafri. Bima akan membantu Indra di Timnas U-20.

"Apakah nanti ada penugasan lain buat coach Bima, bisa saja karena coach Bima juga membawa kita juara AFF U-16 (2022) lalu."

"Tapi saya profesional saya mengharapkan semua pelatih punya target," ujarnya.

Timnas Indonesia Shin Tae-yong Indra sjafri Nova arianto Pssi Erick thohir Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.314

Bagikan