PSSI Jelaskan Kronologi Komang Teguh dan Titan Agung Batal Tampil di Piala AFF U-23 2023

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 18 Agustus 2023
PSSI Jelaskan Kronologi Komang Teguh dan Titan Agung Batal Tampil di Piala AFF U-23 2023
Endri Erawan (jaket hitam) mendampingi Timnas Indonesia U-23 selama di Thailand. (PSSI)

BolaSkor.com - PSSI memastikan bahwa Komang Teguh dan Titan Agung tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. Sebab, sanksi untuk keduanya berlaku di ajang tersebut.

Komang dan Titan dijatuhi sanksi larangan bermain dalam enam pertandingan dan denda 1000 dolar Amerika Serikat. Hukuman ini imbas dari kericuhan yang terjadi pada partai final cabang olahraga (cabor) sepak bola putra SEA Games 2023 yang mempertemukan Indonesia dengan Thailand pada pertengahan Mei lalu.

Manajer Timnas Indonesia U-23 Endri Erawan mengatakan PSSI mendapatkan surat keputusan mengenai sanksi untuk Komang dan TItan pada 12 Juli 2023 atau satu hari setelah Komite Disiplin dan Etik AFC menggelar rapat pada 11 Juli.

Kemudian pada 13 Juli, PSSI bersurat ke AFC untuk meminta kepastian sanksi terhadap kedua pemain tersebut berlaku untuk kategori pertandingan seperti apa.

"AFC melalui surat tanggal 14 Juli, (memberitahukan) kita disanksi saat friendly match saja pada kategori umur yang sama dengan SEA games (berdasarkan technical handbook SEA Games, yaitu 22 tahun ke bawah) tanpa menjelaskan detail mengenai friendly match (tersebut)," kata Endri Erawan.

Baca Juga:

Jadwal Siaran Langsung Piala AFF U-23 2023: Malaysia Vs Indonesia

Timnas Indonesia U-23 Makin Solid untuk Hadapi Malaysia U-23

"Setelah itu kita menanyakan lewat email pada tanggal 2 Agustus apakah AFF merupakan kategori friendly match atau bukan. Karena berdasarkan kode AFC ada perbedaan antara friendly international match dan international tournament."

"Dibalas AFC melalui surat pada tanggal 15 Agustus, isinya bahwa (Piala) AFF (U-23) termasuk kategori friendly match karena tidak diorganisasi oleh AFC, di mana saat surat ini diterima posisi tim sudah berada di Thailand," tambah Endri Erawan.

Dengan adanya keputusan tersebut, PSSI memutuskan untuk mencoret Komang Teguh dan Titan Agung dari daftar pemain. Untuk pemain pengganti, PSSI dan pelatih Shin Tae-yong belum mengambil keputusan.

"Kami juga akan kembalikan mereka ke klub masing-masing," jelas pria yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI tersebut.

Timnas Indonesia U-23 akan melakoni laga pertama babak fase grup malam nanti menghadapi Malaysia U-23 di Stadion Provinsi Rayong, Thailand. Sebelum tiba di Thailand pada 14 Agustus, Skuat Garuda Muda sempat menggelar pemusatan latihan secara singkat di Jakarta mulai 10 sampai 13 Agustus.

Timnas indonesia u-23 Komang Teguh Titan Agung Bagus Fawwazi Pssi Endri Erawan Piala AFF U-23 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.384

Bagikan