PSSI Diminta Investigasi Wasit Kontroversial  Persikota Vs Farmel FC

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 09 Maret 2022
PSSI Diminta Investigasi Wasit Kontroversial  Persikota Vs Farmel FC
Persikota Tangerang Vs Farmel FC. (PSSI)

BolaSkor.com - PSSI diminta untuk menginvestigasi perangkat pertandingan di Liga 3 2021/2022. Ini buntut dari keputusan kontroversial wasit Untung Santoso di laga Farmel FC kontra Persikota Tangerang.

Persikota menghadapi Farmel FC, pada laga Grup CC 16 besar Liga 3 2021 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (6/3) sore. Pertandingan ini berhasil dimenangkan oleh Farmel FC dengan tiga gol tanpa balas.

Dalam laga tersebut, Persikota beberapa kali dirugikan atas kinerja wasit. Mulai soal onside peluang terbuka di depan gawang lawan, justru dibilang offside. Padahal dalam tayangan ulang terlihat onside pemain Persikota.

Lalu Farmel FC mendapatkan hadiah penalti. Padahal terlihat jelas pemain Farmel FC menjatuhkan diri dengan cara mencoba menabrak pemain Persikota. Alhasil, Persikota kalah tiga gol tanpa balas.

Baca Juga:

Pengamat Sepak Bola Angkat Bicara soal Kontroversial Persikota Vs Farmel FC

Persikota Merasa 'Dikerjai', Prilly Latuconsina: Sepak Bola Indonesia Masih Mengecewakan

"Liga 3 sejak babak 64 besar, kasusnya berulang-ulang. Wasitnya dikejar-kejar dan ricuh di langapang karena wasit. Respons PSSI masih sebatas akan diperbaiki atau dikenai sanksi," kata pengamat sepak bola, Tommy Welly dalam YouTube-nya, GOCEK BUNGTOWEL.

"Kita melihat respons PSSI memang seolah-olah gerak cepat. Langsung memulangkan wasit. Lho, seharusnya jangan dipulangkan. Namun, diisolasi untuk diinvestigasi supaya ketahuan akar masalahnya."

"Apakah wasit itu cakap atau ada faktor lain yang memengaruhi performa wasit. Kenapa perlu? Itu yang ditunggu-tunggu publik sepak bola. Publik ingin tahu mengapa wasit berperilaku demikian."

"Kalau wasitnya kontroversi karena ketidakcakapan, berarti PSSI salah memilih wasit yang tidak cakap. Apakah betul faktornya itu? Sulit diterima karena kejadiannya berulang-ulang dan aktornya adalah wasit," jelas Towel, karibnya disapa.

PSSI Gerak Cepat

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, langsung gerak cepat soal Kontroversial wasit Untung Santoso di laga Persikota kontra Farmel FC. Iriawan mengancam akan menggunakan wasit asing, jika kinerja wasit lokal masih mengkhawatirkan.

"Saya merasa terganggu dengan adanya keputusan-keputusan kontroversial yang dibuat oleh wasit. Bisa jadi opsinya saya mencari wasit-wasit lain dari luar negeri," kata Iriawan dinukil dari laman PSSI.

"Saya tidak ingin dicap ada permainan di PSSI. Bisa berubah kalian? Saya berdarah-darah dan jatuh bangun membangun sepak bola yang sempat berhenti selama dua tahun."

"Mohon diperbaiki. Karena saya kecewa. Jadi, maaf saya berbicara keras. Bisa berubah atau tidak? Kalau tidak, tak usah jadi wasit. Cari nafkah dan kerjaan lain," imbuhnya.

PSSI baru menggelar pertemuan dengan wasit Liga 3 secara virtual pada Selasa (8/3). Pertemuan itu dihadiri Ketum PSSI Mochamad Iriawan dan Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Lebih lanjut, Iriawan juga menyoroti kepemimpinan wasit pada beberapa partai 16 besar Liga 3.

"Coba kalian lihat lagi video rekaman Farmel dan Persikota. Sekali lagi, kalian ditonton oleh ratusan juta pasang mata yang mencintai sepak bola Indonesia," imbuh Iriawan.

"Yang baik tingkatkan. Ke depannya jangan ada salah lagi. Apa yang terjadi dengan para wasit-wasit terkait keputusan kontroversial dampaknya bukan ke kalian saja, tapi kami, PSSI."

"Kalian para wasit harus punya integritas, memimpin dengan benar dan hati nurani jangan ada keberpihakan atau salah keputusan," papar Iwan Bule.

Persikota Tangerang Farmel FC Liga 3 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.068

Bagikan