PSSI Berikan Target Lebih Tinggi untuk Shin Tae-yong

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 12 April 2023
PSSI Berikan Target Lebih Tinggi untuk Shin Tae-yong
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, berbicara soal nasib Shin Tae-yong yang kontraknya akan berakhir pada Desember 2023.

Arya mengatakan kans Shin Tae-yong untuk diperpanjang kontraknya oleh PSSI sangat besar. Namun, ada satu syarat yang harus dipenuhi oleh pelatih asal Korea Selatan itu.

Arya menjelaskan bahwa Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan memberikan target yang lebih tinggi kepada Shin Tae-yong. Sebelumnya, Shin Tae-yong ditargetkan membawa Timnas Indonesia U-20 lolos dari fase grup Piala Dunia U-20 2023.

Namun, karena ajang tersebut dibatalkan oleh FIFA, maka PSSI merasa harus merevisi target untuk Shin Tae-yong. PSSI ingin Shin Tae-yong bisa menorehkan prestasi sebelum kontraknya habis.

Ajang Asian Games 2022 di Hangzhou, Tiongkok, pada 23 September sampai 8 Oktober mendatang bisa dijadikan kesempatan untuk mengukur kinerja Shin Tae-yong. Arya mengatakan PSSI sedang mempertimbangkan untuk ambil bagian dalam ajang multi-event tersebut.

Baca Juga:

Erick Thohir Menjawab Keluh Kesah Warganet soal Masa Depan Shin Tae-yong

Drawing Piala Asia 2023: Indonesia di Pot 4 bersama Thailand dan Malaysia

Dua Pemain Keturunan Ingin Lanjutkan Proses Naturalisasi, Satu Lagi sedang Negosiasi dengan PSSI

Selain itu, Shin Tae-yong juga akan memimpin Timnas Indonesia di FIFA Matchday bulan Juni dan September. Baru lawan di bulan Juni yang sudah dipastikan, yakni timnas Palestina.

"Pak Erick 'kan sudah kasih tahu bahwa (kontrak Shin Tae-yong sampai) bulan Desember. Nanti dia akan dikasih target," kata Arya Sinulingga.

"Iya dia (Erick Thohir) percaya (dengan Shin Tae-yong), tapi dia minta lebih. Dikasih target oleh pak Erick, karena pak Erick minta Shin Tae-yong ini lebih targetnya," ujar Arya menambahkan.

Arya menjelaskan bahwa adanya syarat yang ditetapkan PSSI untuk memperpanjang kontrak Shin Tae-yong dinilai wajar. Sebab, dengan rekam jejaknya sebagai pelatih, Shin Tae-yong seharusnya bisa memberikan prestasi untuk Timnas Indonesia.

Sejak ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia pada Desember 2019, Shin Tae-yong hanya membawa tim asuhannya ke final Piala AFF 2020, kemudian mendapatkan medali perunggu SEA Games 2021.

Bersama Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong gagal total di Piala Asia U-20 2023. Namun, berhasil mengantarkan Timnas Indonesia ke putaran final Piala Asia 2024 yang akan dilangsungkan di Qatar.

"Shin tae-yong itu pelatih bagus, maka perlu target tinggi," ujar Arya.

Timnas Indonesia Pssi Shin Tae-yong Arya Sinulingga Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.399

Bagikan