Profil Tim Liga 1 2023/2024: Persebaya Surabaya

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 05 Juli 2023
Profil Tim Liga 1 2023/2024: Persebaya Surabaya
Sebanyak 32 pemain memperkuat Persebaya Surabaya untuk mengarungi Liga 1 2023/2024. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Persebaya Surabaya secara gamblang memasang target menjuarai Liga 1 2023/2024. Terakhir kali mereka merasakan juara di kasta tertinggi sepak bola Indonesia terjadi 19 tahun lalu. Atau tepatnya pada tahun 2004 silam.

Target tersebut dibidik karena skuad asuhan Aji Santoso sudah lama tak mencicipi gelar juara. Persebaya tercatat telah memenangkan banyak trofi sejak pertama kali berdiri. Terhitung sejak era Liga Indonesia, Persebaya baru dua kali memenangi kasta tertinggi, yakni musim 1996-1997 dan 2004. Meski, mereka memiliki trofi juara pada 2017 tapi gelar itu diraih dari kasta kedua. Alias Liga 2.

Belum lagi Persebaya termasuk salah satu tim yang menjalankan persiapan cukup matang yang ditandai dengan menggelar latihan perdana di Stadion Gelora 10 November, 10 Mei 2023 lalu. Termasuk menggelar sejumlah laga uji coba pramusim dengan melawan beberapa tim kontestan Liga 1 musim ini. Seperti Bali United, Persija Jakarta dan Persis Solo.

Baca Juga:

Kalahkan Persis Solo, Modal Berharga Persebaya Tatap Laga Berikutnya

Hasil Liga 1: Seru! Persebaya Permalukan Persis, Bali United Terkapar di Kandang

Aji Santoso
Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

Karena itu, banyak pihak yang menilai saat ini adalah waktunya Persebaya juara dengan bermodalkan pemain muda yang berkualitas seperti Ernando Ari Sutaryadi, Muhammad Salman Alfarid, Brylian Negietha Dwiki Aldama, Muhammad Iqbal hingga Toni Firmansyah.

Meski begitu, tim yang genap berumur 96 tahun pada 18 Juni 2023 lalu itu memadukan kekuatan pemain muda dengan pemain senior yang kaya pengalaman. Terlihat pada sosok Yohanes Kandaimu, Reva Adi Utama, M. Alwi Slamat, Muhammad Hidayat, dan Ferdinand Alfred Sinaga.

Ditambah dengan memaksimalkan enam slot pemain asing yang mengisi berbagai sektor di skuad berjulukan Bajol Ijo itu. Lini belakang diperkuat Dusan Stevanovic bek dengan postur jangkung yang berpengalaman di kasta teratas Serbia. Lini tengah ada dua gelandang Jose Pedro Magalhaes Valente, dan Song Ui-young. Kemudian ada trisula lini depan Bruno Moreira Soares, Paulo Victor Costa Soares, dan Sho Yamamoto.

Komposisi skuad tersebut tak membuat tim kebanggaan Bonek tersebut risau kendati ditinggalkan 11 pemainnya pada musim lalu. Mereka adalah Satria Tama Hardianto, I Gede Dida, Koko Ari Araya, Arizky Wahyu Satria, Rizky Ridho Ramadhani, Leonardo Silva Lelis, Altalariq Erfa Aqsal Ballah, Michael Bonjozi Rumere, Ahmad Nufiandani, Mochammad Supriadi hingga Januar Eka Ramadhan. Belum termasuk melepas wonderkid Marselino Ferdinan ke kompetisi Eropa.

Daftar Skuad Persebaya Surabaya:

Kiper: Andhika Ramadhani, Ernando Ari Sutaryadi, Aditya Arya Nugraha, Lalu Muhammad Rizki (1), Miftakhul Yunan.

Belakang: Achmad Nuri Fasya, George Peter Brown, Arief Catur Pamungkas, Riswan Hi. Lauhim, Dusan Stevanovic (Serbia), Kadek Raditya Maheswara, Yohanes Kandaimu, Muhammad Salman Alfarid, Reva Adi Utama, Rifqi Arya Wardana.

Tengah: Muhammad Iqbal, Andre Oktaviansyah, Denny Agus Setiawan, Ripal Wahyudi, M. Alwi Slamat, Risky Dwiyan Apriliyanto, Brylian Negietha Dwiki Aldama, Muhammad Hidayat, Jose Pedro Magalhaes Valente (Portugal), Song Ui-young (Singapura), Toni Firmansyah.

Depan: Bruno Moreira Soares (Brasil), Sho Yamamoto (Jepang), Kasim Botan, Ferdinand Alfred Sinaga, Mochammad Wildan Ramdhani Nugraha, Paulo Victor Costa Soares (Brasil).

Ze Valente
Gelandang asal Portugal Jose Pedro Magalhaes Valente bisa menjadi motor serangan Persebaya Surabaya. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

Pemain Kunci: Jose Pedro Magalhaes Valente

Gelandang kreatif yang lebih dikenal dengan nama Ze Valente itu dianugrahi kualitas yang sangat oke. Menariknya, kedatangan pemain berusia 29 tahun tersebut pada putaran kedua sempat diragukan. Sebab, dia bergabung dengan Persebaya dari PSS Sleman yang saat itu ada di papan bawah.

Apa yang ditunjukkan Ze Valente saat itu dari 16 kali tampil dengan empat gol dan enam assist menjadi salah satu catatan terbaik pemain Persebaya musim lalu. Playmaker yang pernah membela Estoril tersebut siap kembali meledak untuk jadi mengatur permainan Persebaya.

Prediksi BolaSkor:

Papan atas. Skuad Persebaya Surabaya diyakini mempunyai spirit tinggi untuk memenangkan trofi juara Liga 1 2023/2024 setelah finis di posisi keenam klasemen musim 2022/2023. Dengan perpaduan dukungan manajemen mumpuni, pelatih Aji Santoso yang memahami tim dan pendukung fanatik, Bonek, bukan tidak mungkin, gelar juara akan diraih untuk mengakhiri puasa gelar di Liga Indonesia. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Liga 1 Profil Tim Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.053

Bagikan