Profil Tim Liga 1 2023/2024: Bali United

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Selasa, 11 Juli 2023
Profil Tim Liga 1 2023/2024: Bali United
tarting XI Bali United. (Baliutd.com)

BolaSkor.com - Bali United dalam tekanan hebat menyusul hasil pramusim yang tak menjanjikan. Stefano Cugurra wajib menemukan racikan terbaik agar tradisi prestasi tetap terjaga di Liga 1 2023-2024.

Bali United tak pernah menang dalam tiga uji coba pramusim. Mereka kalah dari Persebaya Surabaya dan bermain imbang dengan Dewa United dan Arema FC.

Meski menyingkirkan PSM Makassar dalam perebutan tiket playoff ASIAN Champions League, Bali United juga tak pernah menang dalam dua laga waktu normal.

Stefano Cugurra seperti tak punya opsi strategi lain untuk memburu prestasi. Para suporter sudah muak dengan strategi crossing dari sektor sayap yang mulai dibaca lawan dengan mudah.

Baca Juga:

Bali United Terpuruk di Awal Liga 1, Teco Singgung Kinerja Wasit

Hasil Liga 1: Borneo FC Sikat Bali United, Persita Gebuk PSIS

Bali United kini wajib berharap bahwa para rekrutan anyar bisa memberi kontribusi maksimal. Ada Taufik Hidayat dan Tegar Infantrie, serta tiga pemain asing, yakni Adilson Maringa, Elias Dolah dan Jefferson Assis.

Jika kontribusi maksimal bisa dicatatkan para rekrutan anyar, para pemain lawas bakal lebih maksimal lagi. Total dari sepuluh pemain yang telah keluar, hanya Nadeo Argawinata yang berstatus langganan tim inti.

Faktor tak kalah penting yang bakal mempengaruhi prestasi Bali United adalah suporter. Belakangan ini diketahui bahwa hubungan suporter dengan manajemen sedang tak harmonis.

Suporter kecewa dengan kebijakan manajemen menaikkan tiket jadi Rp100 ribu dan Rp400 ribu. Jika dukungan suporter tak maksimal, keangkeran Stadion Kapten I Wayan Dipta bisa berkurang.

Manajemen Bali United wajib mencari titik tengah agar aksi boikot suporter tak berlanjut lagi. Dukungan ini penting untuk menaikkan mental Fadil Sausu dkk. dan menekan tim lawan.

Bali United
Selebrasi Ilija Spasojevic. (Istimewa)

Daftar Pemain Bali United di Liga 1 2023/2024:

Kiper: Adilson Maringa, Muhammad Ridho Djazulie, Rakasurya Handika, Komang Aryantara

Belakang: Ricky Fajrin, Ardi Idrus, Jajang Mulyana, Haudi Abdillah, Elias Dolah, Ryuji Utomo, I Made Andhika Wijaya, I Gede Agus Mahendra, I Komang Tri Arta Wiguna, I Kadek Arel Priyanta

Tengah: Tegar Infantrie, Sidik Saimima, Brwa Nouri, Ramdani Lestaluhu, Eber Bessa, Kadek Agung Widnyana, Fadil Sausu, Novri Setiawan, I Made Tito Wiratama, Irfan Jaya, M Rahmat, Rahmat Arjuna, Yabes Roni Malaifani.

Depan: Jefferson Assis, Ilija Spasojevic, Privat Mbarga, Ilija Spasojevic, Taufik Hidayat, I Kadek Dimas Satria.

Pelatih: Stefano Cugurra

Eber Bessa
Gelandang Bali United, Eber Bessa saat tampil lawan Arema FC pada putaran pertama Liga 1 2021/2022 lalu. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

Pemain Kunci: Eber Bessa

Keputusan Bali United merekrut Eber Bessa pada awal Liga 1 2021-2022 lalu terbukti tepat. Eber Bessa konsisten memberikan kontribusi terbaik bagi Serdadu Tridatu.

Eber Bessa merupakan pilihan utama di sektor tengah Bali United. Kerjanya tak sekadar mengatur serangan namun juga produktif dalam urusan mencetak gol.

Musim lalu, Eber Bessa berhasil menyumbangkan 10 assist untuk Bali United. Gelandang asal Brasil ini juga mencetak tujuh gol dalam 32 penampilan.

Salah satu hal yang perlu dikurangi Eber Bessa adalah tingkat emosionalnya. Pada musim 2022-2023, Eber Bessa mendapat 13 kartu kuning karena kerap terpancing emosinya.

Prediksi BolaSkor.com:

Bali United tetaplah tim kuat yang layak diunggulkan masuk babak empat besar Liga 1 2023/2024. Bali United memiliki keseimbangan yang bagus antara tim utama dan cadangan.

Kesimbangan itu menjadi modal untuk melaju secara konsisten dalam 34 pertandingan. Bila sukses menjaga konsistensi, terutama dalam setiap partai kandang, bukan tak mungkin Bali United bakal mengamankan tiket empat besar.

Satu hal penting yang akan menjadi tantangan pada pertengahan kompetisi Liga 1 adalah status sebagai tim yang berlaga di kompetisi Asia. Sebagai wakil Indonesia, Bali United bersama PSM Makassar dituntut untuk meraih prestasi.

Prestasi di level Asia bakal mempengaruhi peringkat Liga 1 di Asia. Jika dua kompetisi ini bisa berjalan sama baiknya, level percaya diri Bali United bakal meningkat. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)

Bali United Liga 1 Breaking News Profil Tim Liga 1
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.053

Bagikan