Profil Juara J1 League Musim Ini, Kawasaki Frontale

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 12 November 2021
Profil Juara J1 League Musim Ini, Kawasaki Frontale
Kawasaki Frontale berhasil menjadi juara J1 League musim ini. (J League)

BolaSkor.com - Kawasaki Frontale berhasil menjadi juara J1 League musim ini. Ini merupakan keempat J1 League milik Kawasaki Frontale dalam lima musim terakhir.

Selain itu, Kawasaki Frontale juga berhasil menjadi juara J League Cup (2019), Piala Kaisar (2020), dan dua kali juara Piala Super Jepang (2019 dan 2021).

Sejarah Kawasaki Frontale

Kawasaki Frontale adalah klub J1 League yang berasal dari Kota Kawasaki di Prefektur Kanagawa. Kawasaki Frontale didirikan pada 1955 oleh perusahaan Fujitsu, perusahaan telekomunikasi dan komputer asal Jepang.

Mereka berganti nama pada 1997 dari Fujitsu Soccer Club jadi Kawasaki Frontale. Kata Frontale diambil dari Bahasa Italia yang berarti "Frontal".

Warna jersi dan logo diambil dari klub asal Brasil, Gremio, yang membuat mereka mendapat julukan "Gremio dari Jepang". Hal ini terjadi karena kedua klub sudah saling bekerja sama sejak tahun 1997.

Baca Juga:

Kawasaki Frontale Pertahankan Gelar Juara J1 League

Wawancara Irfan Bachdim: Kenang Main di J League dan Potensi Pemain Indonesia

Kawasaki Frontale
Kawasaki Frontale berhasil menjadi juara J1 League musim ini. (J League)

Kawasaki Frontale memiliki beberapa rival besar, seperti Yokohama F Marinos dalam laga bertajuk Derbi Kanagawa. Selain juga lawan FC Tokyo dalam laga Tamagawa Clasico, laga klasik antara dua tim yang terpisahkan Sungai Tama.

Frontale juga jadi rival Tokyo Verdy, klub yang awalnya dulu berasal dari daerah Kawasaki sebelum pindah ke pusat Kota Tokyo.
Meski tampil luar biasa di dalam negeri dalam lima tahun terakhir, Kawasaki Frontale tak bisa melakukan dominasi serupa di Asia. Mereka tak pernah melaju lebih jauh dari perempat final pada gelaran Liga Champions Asia.

Peforma di J1 League Musim Ini

Bangkitnya Kawasaki Frontale dalam lima tahun terakhir menjadi penguasa Jepang juga dibarengi dengan penampilan apik dari legendanya, Kengo Nakamura. Kengo Nakamura resmi pensiun akhir musim lalu, setelah sepanjang kariernya yang hampir dua dekade selalu membela Kawasaki Frontale.

Meski begitu, hal ini tak begitu menurunkan kekuatan tim asuhan Toru Oniki. Toru Oniki adalah mantan pemain Kawasaki Frontale yang kemudian jadi pelatih tim muda Kawasaki Frontale, sebelum kemudian jadi asisten pelatih, lalu jadi pelatih utama mulai 2017 lalu.

Kawasaki Frontale memiliki pemain-pemain asing seperti Leandro Damiao, Jesiel, Joao Schimdt, hingga Jung Sung-ryong. Selain itu, ada juga pemain-pemain lokal seperti Yu Kobayashi, Kaoru Mitoma, Ao Tanaka, Akihiro Ienaga, Miki Yamane, dan kapten tim Shogo Taniguchi.

Leandro Damiao yang merupakan mantan striker timnas Brasil jadi top skor tim di J1 League, dengan mencetak 18 gol hingga pekan ke-34. Catatan ini diikuti oleh penyerang veteran Yu Kobayashi yang mencetak 10 gol.

Pada musim panas lalu, Kawasaki Frontale kehilangan dua pemain utama yang hijrah ke Eropa. Ao Tanaka diboyong Fortuna Dusseldorf di Liga Jerman. Sedangkan Kaoru Mitoma dibeli tim Premier League, Brighton and Hove Albion, sebelum langsung dipinjamkan ke tim Liga Belgia, Union SG.

Kawasaki Frontale
Kawasaki Frontale berhasil menjadi juara J1 League musim ini. (J League)

Profil Kawasaki Frontale:

Nama: Kawasaki Frontale

Julukan: Gremio dari Jepang, Azzurro Nero (Biru-Hitam)

Asal: Kawasaki, Kanagawa

Berdiri: 1955 (sebagai Fujitsu SC)

Kandang: Kawasaki Todoroki Stadium (26.827 penonton)

Pelatih: Toru Oniki

Kapten: Shogo Taniguchi

Prestasi Terbaik: J1 League (2017, 2018, 2020, 2021), Piala Kaisar (2020), JLeague Cup (2019), J2 league (1999, 2004)

Kawasaki Frontale J League Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.056

Bagikan