Euro 2024

Profil Grup D Euro 2024: Prancis dan Belanda Terdepan

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Sabtu, 08 Juni 2024
Profil Grup D Euro 2024: Prancis dan Belanda Terdepan
Timnas Prancis (X)

BolaSkor.com - Euro 2024 Jerman semakin dekat. Oleh karena itu, BolaSkor akan melanjutkan seri pembahasan kekuatan masing-masing grup. Berikut ini adalah profil Grup D yang dihuni Polandia, Belanda, Austria, dan Prancis.

Sejatinya, Grup D tidak kalah panas dibanding Grup B. Sebab, Polandia dan Austria punya potensi menjadi kuda hitam yang mengganggu Prancis dan Belanda sebagai unggulan.

Meski demikian, Prancis tentu menargetkan menjadi juara Grup D. Dengan begitu, Les Bleus akan bertemu lawan yang lebih ringan pada babak gugur.

Sementara itu, Belanda juga tidak bisa diremehkan. Virgil van Dijk dan kawan-kawan ingin membuktikan jika pada edisi kali ini bisa melaju jauh.

Baca Juga:

Southgate Sadar Talenta Saja Tidak Cukup untuk Bawa Inggris Sukses di Euro 2024

Euro 2024: Polandia Kehilangan Arkadiusz Milik

Satu Penjaga Gawang Dicoret pada Skuad Resmi Timnas Jerman untuk Euro 2024

Berikut ini adalah profil Grup D Euro 2024:

Polandia

Polandia melangkah ke Jerman melalui jalur play-off. Sebab, Polandia hanya menduduki posisi ketiga klasemen akhir Grup E pada babak kualifikasi.

Untungnya, Robert Lewandowski dan kawan-kawan tampil gemilang pada babak penentuan. Polandia menyisihkan Estonia dan menang adu tendangan penalti melawan Wales.

Robert Lewandowski masih jadi andalan untuk Polandia. Meskipun, performa Lewy di Barcelona mendapatkan sejumlah kritik pada musim ini.

Sementara itu, dari barisan pelatih, Michal Probierz jadi sang juru taktik. Iaa menggantikan Fernando Santos yang dipecat pada tahun lalu.

Pelatih: Michal Probierz

Pemain Kunci: Wojciech Szczesny, Jakub Kiwior, Piotr Zielinski, Robert Lewandowski, Arkadiusz Milik

Kapten: Robert Lewandowski

Daftar Skuad Sementara

Kiper: Wojciech Szczesny (Juventus), Marcin Bulka (Nice), Mateusz Kochalski (Stal Mielec), Lukasz Skorupski (Bologna)

Bek: Jan Bednarek (Southampton), Bartosz Bereszynski (Empoli), Pawel Bochniewicz (Heerenveen), Jakub Kiwior (Arsenal), Bartosz Salamon (Lech Poznan), Tymoteusz Puchacz (Kaiserslautern), Pawel Dawidowicz (Verona), Sebastian Walukiewicz (Empoli)

Gelandang: Przemyslaw Frankowski (Lens), Kamil Grosicki (Pogon Szczecin), Jakub Moder (Brighton), Taras Romanczuk (Jagiellonia Bialystok), Damian Szymanski (AEK Athens), Michal Skoras (Brugge), Nikola Zalewski (Roma), Jakub Piotrowski (Ludogorets), Bartosz Slisz (Atlanta United), Sebastian Szymanski (Fenerbahce), Kacper Urbanski (Bologna), Piotr Zielinski (Napoli), Jakub Kaluzinski (Antalyaspor), Kacper Urbanski (Bologna)

Striker: Adam Buksa (Antalyaspor), Robert Lewandowski (Barcelona), Krzysztof Piatek (Basaksehir), Karol Swiderski (Verona).

Belanda

Belanda mengusung misi mengulang kesuksesan pada Euro 1988. Ketika itu, The Oranje keluar sebagai pemenang.

Potensi terwujudnya mimpi tersebut cukup besar. Belanda dihuni banyak pemain matang yang menjadi bintang pada masing-masing timnya.

Barisan pertahanan Belanda terlihat sangat kukuh dengan kehadiran sejumlah pemain, seperti Virgil van Dijk, Stefan de Vrij, Matthijs de Ligt, dan Nathan Ake. Selain itu, masing ada dua bek sayap cepat dalam diri Denzel Dumfries dan Jeremie Frimpong.

Sementara itu, Frenkie de Jong diyakini masih menjadi otak permainan Belanda dari lini tengah. Meskipun, performa De Jong di Barcelona pada musim ini banyak terganggu cedera.

Lini depan menjadi satu di antara sisi terlemah dalam skuad. Meski demikian, Belanda masih bisa mengandalkan Cody Gakpo dan Memphis Depay untuk mendulang gol.

Pemain-pemain tersebut akan disatukan oleh formasi dari Ronald Koeman. Sang pelatih sudah sangat mengenal kemampuan masing-masing anak asuhnya.

Pelatih: Ronald Koeman

Pemain Kunci: Virgil van Dijk, Frenkie de Jong, Cody Gakpo, Denzel Dumfries

Kapten: Virgil van Dijk

Skuad Belanda di Euro 2024

Kiper: Bart Verbruggen (Brighton), Mark Flekken (Brentford), Justin Bijlow (Feyenoord).

Bek: Virgil van Dijk (Liverpool), Stefan de Vrij (Inter Milan), Micky van de Ven (Tottenham Hotspur), Daley Blind (Girona), Matthijs de Ligt (Bayern Munich), Nathan Ake (Manchester City), Denzel Dumfries (Inter Milan), Lutsharel Geertruida (Feyenoord), Jeremie Frimpong (Bayer Leverkusen).

Gelandang: Teun Koopmeiners (Atalanta), Ryan Gravenberch (Liverpool), Frenkie de Jong (Barcelona), Tijjani Reijnders (AC Milan), Xavi Simons (RB Leipzig), Joey Veerman (PSV), Jerdy Schouten (PSV), Gini Wijnaldum (Al-Ettifaq).

Striker: Steven Bergwijn (Ajax), Memphis Depay (Atletico Madrid), Brian Brobbey (Ajax), Wout Weghorst (Hoffenheim), Donyell Malen (Borussia Dortmund), Cody Gakpo (Liverpool).

Austria

Ini adalah penampilan keempat Austria pada Euro 2024 setelah sebelumnya berakhir pada 2008, 2016, dan 2020. Marcel Sabitzer dan kawan-kawan lolos sebagai runner-up Grup F pada babak kualifikasi. Austria hanya kalah dari Belgia.

Satu di antara kunci keberhasilan Austria melaju ke Euro 2024 adalah keberadaan Ralf Rangnick di belakang kemudi. Ia dikenal sebagai jagonya taktik dan tahu bagaimana cara memaksimalkan skuad.

Austria mengandalkan nama-nama berpengalaman, seperti Marcel Sabitzer dan Marko Arnautovic. Selain itu, ada sejumlah penggawa yang tampil di Bundesliga.

Sementara itu, sang kapten, David Alaba, tidak masuk dalam daftar skuad karena cedera yang dialami di Madrid.

Satu hal yang bisa menjadi senjata Austria adalah tampil kolektif dengan mengandalkan kerja sama tim. Selain itu, kemenangan melawan Polandia juga bisa menjadi kunci untuk melangkah ke babak berikutnya.

Pelatih: Ralf Rangnick

Pemain Kunci: Marko Arnautovic, Patrick Wimmer, Romano Schmid, Christoph Baumgartner, Konrad Laimer, Philipp Lienhart

Kapten: Marcel Sabitzer

Daftar Skuad Austria di Euro 2024

Kiper: Tobias Lawal (LASK), Patrick Pentz (Brondby), Heinz Lindner (Union Saint-Gilloise), Niklas Hedl (Rapid Wien)

Bek: Stefan Lainer (Borussia Monchengladbach), Stefan Posch (Bologna), Max Wober (Borussia Monchengladbach), Philipp Lienhart (Freiburg), Kevin Danso (Lens), Phillipp Mwene (Mainz), Flavius Daniliuc (Red Bull Salzburg), Gernot Trauner (Feyenoord), Leopold Querfeld (Rapid Wien)

Gelandang: Marcel Sabitzer (Borussia Dortmund), Florian Grillitsch (Hoffenheim), Christoph Baumgartner (RB Leipzig), Konrad Laimer (Bayern Munich), Florian Kain (Cologne), Nicolas Seiwald (RB Leipzig), Romano Schmid (Werder Bremen), Alexander Prass (Sturm Graz), Matthias Seidl (Rapid Vienna), Thierno Ballo (Wolfsburg)

Striker: Marko Arnautovic (Inter Milan), Michael Gregoritsch (Freiburg), Andreas Weimann (West Brom), Patrick Wimmer (Wolfsburg), Marco Grull (Rapid Wien), Maximilian Entrup (TSV Hartberg)

Prancis

Prancis tidak hanya menjadi tim favorit juara pada babak grup, tetapi turnamen secara keseluruhan. Les Bleus dianggap memiliki komposisi skuad paling kuat.

Pandangan itu memang tidak berlebihan. Skuad Prancis merata pada setiap lini. Apalagi, Prancis tentu ingin menjadi pemenang Euro setelah terakhir kali merasakannya pada 1998.

Prancis diyakini masih menjadikan Kylian Mbappe sebagai mesin gol. Penyerang yang baru pindah ke Real Madrid itu sedang dalam tren positif setelah mencetak 44 gol pada musim ini.

Selain itu, Prancis juga masih punya sejumlah bintang lainnya, seperti Marcus Thuram, Antoine Griezmann, Olivier Giroud, dan Ousmane Dembele.

View this post on Instagram

A post shared by Bolaskor.com (@bolaskorcom)

Sementara itu, Jules Kounde, Benjamin Pavard, Ibrahima Konate, dan William Saliba adalah deretan pemain yang bisa diandalkan di sektor pertahanan.

Kali ini, Didier Deschamps masih ada di belakang kemudi Prancis. Ia tentu ingin menebus kegagalan pada Piala Dunia terakhir dengan memenangi Euro.

Pelatih: Didier Deschamps

Pemain Kunci: Benjamin Pavard, Antoine Griezman, Eduardo Camavinga, Kylian Mbappe, Marcus Thuram

Kapten: Kylian Mbappe

Daftar Skuad Prancis di Euro 2024

Kiper: Alphonse Areola (West Ham), Mike Maignan (AC Milan), Brice Samba (Lens)

Bek: Jonathan Clauss (Marseille), Theo Hernandez (AC Milan), Ibrahima Konate (Liverpool), Jules Kounde (Barcelona), Ferland Mendy (Real Madrid), Benjamin Pavard (Inter Milan), William Saliba (Arsenal), Dayot Upamecano (Bayern Munchen)

Gelandang: Eduardo Camavinga (Real Madrid), Youssouf Fofana (Monaco), Antoine Griezman (Atletico Madrid), N’Golo Kante (Al Ittihad), Adrien Rabiot (Juventus), Aurelien Tchouameni (Real Madrid), Warren Zaire-Emery (PSG)

Striker: Bradley Barcola (PSG), Kingsley Coman (Bayern Munchen), Ousmane Dembele (PSG), Olivier Giroud (AC Milan), Randal Kolo Muani (PSG), Kylian Mbappe (PSG), Marcus Thuram (Inter Milan).

Breaking News Euro 2024 Timnas Prancis Timnas Belanda Timnas austria Timnas Polandia
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.934

Berita Terkait

Piala Eropa
Bintang Laga Rumania Vs Belanda: Donyell Malen Sang Super-sub
Pemain Dortmund itu mencetak brace untuk Belanda.
Rizqi Ariandi - Rabu, 03 Juli 2024
Bintang Laga Rumania Vs Belanda: Donyell Malen Sang Super-sub
Hasil akhir
Hasil Euro 2024: Sikat Rumania 3-0, Belanda Akhiri Kutukan di Fase Gugur
Belanda tampil agresif sepanjang laga
Rizqi Ariandi - Rabu, 03 Juli 2024
Hasil Euro 2024: Sikat Rumania 3-0, Belanda Akhiri Kutukan di Fase Gugur
Liga Indonesia
Mulai Latihan, Persib Rencanakan Gelar 4 Kali Uji Coba di Bulan Juli
Namun belum sepenuhnya pemain hadir dan mengikuti sesi latihan perdana ini.
Tengku Sufiyanto - Rabu, 03 Juli 2024
Mulai Latihan, Persib Rencanakan Gelar 4 Kali Uji Coba di Bulan Juli
Timnas
Calon Kapten Timnas Indonesia U-19, Dony Tri Pamungkas Belajar dari Rizky Ridho
Keduanya merupakan pemain Persija Jakarta.
Rizqi Ariandi - Selasa, 02 Juli 2024
Calon Kapten Timnas Indonesia U-19, Dony Tri Pamungkas Belajar dari Rizky Ridho
Liga Indonesia
Persib Bandung Ganti Asisten Pelatih
Semula Goran Paulic, kini dipercayakan kepada Igor Taulic.
Tengku Sufiyanto - Selasa, 02 Juli 2024
Persib Bandung Ganti Asisten Pelatih
Ragam
5 Striker Tajam yang Masih Melempem di Euro 2024
Cristiano Ronaldo, Kylian Mbappe, Phil Foden, Bukayo Saka, dan Marcus Thuram adalah deretan striker tajam yang masih tumpul pada Euro 2024.
Johan Kristiandi - Selasa, 02 Juli 2024
5 Striker Tajam yang Masih Melempem di Euro 2024
Timnas
Reaksi Keras Erick Thohir soal Selebrasi Berlebihan Australia U-16 di Manahan
Timnas Indonesia U-16 kalah 3-5 dari Australia di semifinal Piala AFF U-16 2024.
Tengku Sufiyanto - Selasa, 02 Juli 2024
Reaksi Keras Erick Thohir soal Selebrasi Berlebihan Australia U-16 di Manahan
Liga Dunia
Persentase Sukses Penalti Cristiano Ronaldo Masih Lebih Baik ketimbang Lionel Messi
Cristiano Ronaldo gagal cetak gol penalti kontra Slovenia.
Arief Hadi - Selasa, 02 Juli 2024
Persentase Sukses Penalti Cristiano Ronaldo Masih Lebih Baik ketimbang Lionel Messi
Piala Eropa
Deretan Momen Cristiano Ronaldo Menangis di Lapangan
Jangan kaget, bukan kali ini saja Cristiano Ronaldo menangis di dalam pertandingan.
Johan Kristiandi - Selasa, 02 Juli 2024
Deretan Momen Cristiano Ronaldo Menangis di Lapangan
Piala Eropa
John Terry Semprot Media yang Ejek Kegagalan Penalti Cristiano Ronaldo
John Terry tidak terima BBC mengejek Cristiano Ronaldo dengan sebutan Misstiano Penaldo.
Johan Kristiandi - Selasa, 02 Juli 2024
John Terry Semprot Media yang Ejek Kegagalan Penalti Cristiano Ronaldo
Bagikan