Piala Asia U-23 2024

Prediksi Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan U-23: Final Piala Asia U-23 2024 di Depan Mata, Garuda Muda!

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 29 April 2024
Prediksi Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan U-23: Final Piala Asia U-23 2024 di Depan Mata, Garuda Muda!
Para pemain Timnas Indonesia U-23 sedang menyanyikan lagu kebangsaan. (PSSI)

BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Uzbekistan pada semifinal Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Senin (29/4) pukul 21.00 WIB. Berikut prediksi laga Timnas Indonesia U-23 melawan Uzbekistan.

Timnas Indonesia U-23 berhasil melangkah jauh sampai babak semifinal. Di antara empat tim semifinalis, hanya Indonesia yang berstatus non-unggulan karena merupakan debutan.

Namun, Garuda Muda mampu mengikis keraguan tersebut dengan mengalahkan tim-tim seperti Australia (1-0), Yordania (4-1), dan Korea Selatan 11-10 (2-2) lewat adu penalti. Kemenangan-kemenangan itu meningkatkan kepercayaan diri Rizky Ridho dan kawan-kawan.

Menghadapi Uzbekistan di semifinal, Timnas Indonesia U-23 diharapkan mampu memberikan perlawanan, bahkan kejutan. Meski di level senior prestasi Uzbekistan tidak terlalu istimewa, tetapi di kelompok umur, mereka adalah salah satu kekuatan Asia.

Uzbekistan mampu mengukir prestasi di tiga edisi terakhir Piala Asia U-23. Mereka merupakan juara Piala Asia U-23 2018, semifinalis pada 2020 dan runner-up di edisi terakhir, 2022.

Di Piala Asia U-23 2024, Uzbekistan juga tampil impresif. Mereka meraih empat kemenangan sejak fase grup, alias 100 persen kemenangan, dengan menorehkan 12 gol dan belum pernah kebobolan.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, sudah menganalisis kekuatan Uzbekistan. Menurutnya, Uzbekistan adalah tim yang sangat terorganisir.

"Mereka juga sangat disiplin. Tidak mudah untuk mencapai semifinal, tapi sejauh ini kami sudah dalam kondisi yang cukup baik. Kami juga melakukan persiapan yang baik jadi saya ingin menunjukkan performa yang bagus disertai hasilnya," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga:

Jelang Lawan Uzbekistan, Shin Tae-yong: Saatnya Timnas Indonesia Main di Olimpiade Lagi

Striker Timnas Indonesia U-23 Prediksi Semifinal Kontra Uzbekistan Berjalan Seru

Timnas Indonesia U-23 Diyakini Bisa Beri Perlawanan Sengit kepada Uzbekistan

Shin Tae-yong kemudian memberikan pandangannya soal superioritas Uzbekistan yang berhasil mencetak 12 gol tanpa pernah kebobolan. Dia menilai itu terjadi karena Uzbekistan mampu melakukan transisi dari bertahan ke menyerang, atau sebaliknya, dengan sangat baik.

"Ini menjadi faktor yang menjadikan Uzbekistan, salah satu tim terkuat di kompetisi ini yaitu mereka memiliki keseimbangan yang sangat baik antara sisi penyerangan dan sisi bertahan serta juga seperti yang Anda tahu, transisinya cepat. Hal itu perlu kita atasi dan jika kita bisa menghadapinya dengan baik, mungkin kita punya kesempatan menang melawan Uzbekistan. Saya tidak bisa mengatakan lebih detail karena itu rahasia," tutur Shin Tae-yong.

Malam nanti sebetulnya bukan pengalaman pertama Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia bertemu Uzbekistan. Pelatih asal Korea Selatan tersebut pernah menghadapi Uzbekistan U-20 di Piala Asia U-20 2023.

Saat itu, kedua tim bertemu di laga terakhir babak penyisihan grup. Hasilnya, Indonesia mampu menahan imbang Uzbekistan yang merupakan tuan rumah turnamen tersebut dengan skor 0-0.

"Waktu itu kami tidak membawa enam pemain terbaik kami, tapi tetap saja Uzbekistan mampu mendominasi permainan dan permainan kami tidak terlalu bagus dibandingkan dengan Uzbekistan. Namun dalam karier sebagai pelatih, saya tidak punya pengalaman kalah melawan Uzbekistan."

"Meskipun Uzbekistan adalah tim yang sangat bagus, tapi kali ini saya memiliki pemain-pemain terbaik dan saya punya kenangan yang sangat bagus. Saya punya perasaan yang baik (untuk laga nanti), jadi semoga kami beruntung. Saya akan melakukan persiapan dengan baik," ucap Shin Tae-yong.

Keinginan untuk membawa Timnas Indonesia U-23 berlaga di Olimpiade Paris 2024 nanti pun jadi motivasi bagi Shin Tae-yong dan para pemainnya. Timnas sepak bola Indonesia terakhir kali tampil di Olimpiade terjadi pada tahun 1956 di Melbourne, Australia.

Satu tiket otomatis Olimpiade 2024 akan jadi milik Timnas Indonesia U-23 jika melaju ke final Piala Asia U-23. Kalau kalah, Indonesia masih punya peluang dari jalur peringkat tiga atau memenangi laga play-off melawan wakil Afrika, Guinea.

"Ini waktunya bagi Indonesia untuk berpartisipasi di panggung Olimpiade (lagi). Saya tak merasa ini sebagai tekanan besar. Saya menikmati momen dan tantangan ini. Ini adalah momen bahagia untuk para pemain. Kali ini, saya akan membuat Indonesia pergi ke Olimpiade," tutur Shin Tae-yong.

Absennya Rafael Struick di laga semifinal nanti karena akumulasi kartu kuning juga bukan masalah besar. Peran Struick bisa digantikan oleh Ramadhan Sananta atau Hokky Caraka.

Bahkan, Shin Tae-yong bisa saja bermain tanpa penyerang murni. Ia bisa menempatkan Witan Sulaeman atau Marselino Ferdinan sebagai false nine.

Witan, salah satu pemain andalan Shin Tae-yong pada turnamen ini menyatakan kesiapannya menghadapi Uzbekistan. Ia tak menampik bahwa Uzbekistan adalah lawan yang sulit dikalahkan.

"Kami akan berjuang lebih keras dibanding laga sebelumnya," ujar Witan.

Sementara itu, pelatih Uzbekistan, Timur Kapadze, menyatakan bahwa timnya akan bertemu lawan yang cukup tangguh. Meski timnya berhasil mengalahkan dua tim Asia Tenggara di babak fase grup, yakni atas Malaysia (2-0) dan Vietnam (3-0), Timur menaruh respek pada Skuad Garuda Muda yang ditukangi Shin Tae-yong.

"Indonesia tim yang kuat. Mereka menunjukkan itu saat mengalahkan Korea Selatan," tutur Timur.

Performa Tiga Laga Terakhir:

Timnas Indonesia U-23

Piala Asia U-23 2024: Indonesia 1-0 Australia

Piala Asia U-23 2024: Yordania 1-4 Indonesia

Piala Asia U-23 2024: Korea Selatan 2 (10) - 2 (11) Indonesia

Uzbekistan U-23:

Piala Asia U-23 2024: Kuwait 0-5 Uzbekistan

Piala Asia U-23 2024: Uzbekistan 3-0 Vietnam

Piala Asia U-23 2024: Uzbekistan 2-0 Arab Saudi

U-23 (1) - (0) Australia U-23

Prakiraan susunan pemain:

Timnas Indonesia U-23 (3-4-3)

Ernando Ari; Muhammad Ferarri, Rizky Ridho, Justin Hubner; Ilham Rio Fahmi, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Marselino Ferdinan, Hokky Caraka

Pelatih: Shin Tae-yong

Uzbekistan U-23 (4-2-3-1)

Abdulvohid Nematov; Mukhammmadkodir Khamraliev, Abdukodir Khusanov, Alibek Davronov, Ibrokhimkhalil Yuldoshev; Abdurauf Bo'riyev, Diyor Kholmatov; Ruslanbek Jiyanov, Jasurbek Jaloliddinov, Abbosbek Fayzullaev; Khusayin Norchaev

Pelatih: Timur Kapadze

Prediksi BolaSkor.com

Timnas Indonesia U-23 (2) - (1) Uzbekistan U-23.

Timnas indonesia u-23 Uzbekistan Shin Tae-yong Witan Sulaeman Piala Asia U-23 Piala Asia U-23 2024 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.406

Bagikan