Piala Dunia 2022: Perjudian Tite dan Krusialnya Urutan Eksekutor Adu Penalti

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 10 Desember 2022
Piala Dunia 2022: Perjudian Tite dan Krusialnya Urutan Eksekutor Adu Penalti
Timnas Brasil (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Brasil harus tersingkir dari Piala Dunia 2022 usai kalah adu penalti dari Kroasia pada perempat final. Pelatih Selecao, Tite harus membayar mahal dari perjudiannya di babak tos-tosan.

Dalam laga yang berlangsung di Education City Stadium, Jumat (9/12), kedua tim bermain imbang 1-1 hingga babak perpanjangan waktu berakhir. Kroasia kemudian memastikan kemenangannya usai menang 4-2 pada adu penalti.

Neymar nyaris membawa Brasil menang setelah mencetak gol pada masa injury time babak pertama perpanjangan waktu. Sebelumnya, kedua tim tak mampu mencetak gol sepanjang 90 menit.

Baca Juga:

Perjalanan Brasil Berakhir di Piala Dunia 2022: Tite Mundur, Dua Pemain Senior Angkat Bicara

Samai Jerman, Kroasia Raja Penalti Baru di Piala Dunia

Kroasia 1-1 (4-2 Pen) Brasil: Tim Samba Kembali Disingkirkan Wakil Eropa

Namun keunggulan tersebut gagal dipertahankan Brasil hingga babak perpanjangan waktu usai. Kroasia mampu menyamakan kedudukan melalui sepakan Bruno Petkovic hanya tiga menit sebelum wasit meniup peluit panjang.

Laga terpaksa dilanjutkan ke babak adu penalti. Pada momen inilah perjudian Tite berakhir petaka.

Tite memilih menempatkan Neymar sebagai eksekutor kelima atau penentu. Padahal bintang Paris Saint-Germain (PSG) itu merupakan algojo penalti utama Tim Samba.

Keputusan itu pada akhirnya harus dibayar mahal. Brasil sudah dipastikan kalah sebelum Neymar sempat menjalankan tugasnya setelah tembakan Rodrygo dan Marquinhos tak berbuah gol.

Situasinya mungkin akan berbeda andai Neymar dipilih sebagai eksekutor pertama. Namun Tite tampak tak menyesali keputusannya.

“Penalti kelima adalah yang menentukan. Ada lebih banyak tekanan dan pemain yang paling siap harus melakukan tendangan penalti itu," kata Tite usai laga.

"Satu-satunya disorganisasi dalam tim kami adalah kami tidak mencetak lebih dari satu gol selama pertandingan.”

Pandangan Tite memang cukup masuk akal. Namun beban yang ditanggung penendang pertama dalam hal ini Rodrygo juga tak kalah besar.

Apalagi Kroasia sebelumnya mampu memenangi adu penalti yang diwarnai ketangguhan sang kiper, Dominik Livakovic. Wajar jika para algojo penalti Brasil terintimidasi.

Perjudian Tite terkait urutan eksekutor penalti nyatanya disyukuri pelatih Timnas Kroasia, Zlatko Dalic. Ia memiliki pandangan bertolak belakang dengan sang lawan.

"Ketika sampai pada adu penalti, saya tahu Brasil telah kalah. Saya tahu kami favorit saat itu karena selalu menang dalam adu penalti," kata Dalic.

“(Andai menjadi pelatih Brasil) Saya akan menggunakan Neymar (sebagai penendang pertama}."

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Timnas Brasil Tite Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan