Pesan Perpisahan Joachim Low Usai Lengser dari Kursi Pelatih Jerman

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 30 Juni 2021
Pesan Perpisahan Joachim Low Usai Lengser dari Kursi Pelatih Jerman
Joachim Low (Twitter)

BolaSkor.com - Joachim Low resmi berpisah dengan Tim Nasional Jerman. Pelatih yang menjabat selama 15 tahun itu baru saja menyampaikan pesan perpisahan untuk skuat Der Panzer.

Low ditunjuk sebagai pelatih Timnas Jerman usai gelaran Piala Dunia 2006. Ia menggantikan peran Jurgen Klinsmann yang enggan memperpanjang kontrak.

Sejak saat itu, era Die Mannschaft asuhan Low dimulai. Ia mampu membawa Jerman menjadi tim yang disegani termasuk dengan menjuarai Piala Dunia 2014.

Baca Juga:

Penyesalan Terbesar Kapten Jerman Usai Ditaklukkan Inggris

Thomas Muller Tak Bisa Tidur Usai Dikalahkan Inggris

Jerman Buang-buang Peluang, Timo Werner dan Muller Disorot

Joachim Low

Selain itu, Jerman asuhan Low juga hampir selalu bertarung hingga babak-babak akhir turnamen besar. Finalis Piala Eropa 2008, Peringkat ketiga Piala Dunia 2010, dan semifinalis Piala Eropa 2016 telah tertulis dalam sejarah.

Namun Low juga menorehkan sebuah aib saat gagal membawa Jerman lolos dari fase grup Piala Dunia 2018. Torehan tersebut juga menjadi titik balik kariernya.

Puncaknya, Low mengambil keputusan untuk mundur usai gelaran Piala Eropa 2020. Padahal kontraknya baru akan berakhir tahun depan.

Sayang, Low gagal menandai momen perpisahannya dengan manis. Langkah Jerman terhenti di babak 16 besar usai takluk dari salah satu musuh bebuyutan mereka, Inggris.

"Saya minta maaf karena kami mengecewakan penggemar dan tidak memicu kegembiraan yang kami inginkan. Saya bertanggung jawab atas eliminasi kami, tidak ada jika atau tetapi," kata Low pada jumpa pers terakhirnya sebagai pelatih Timnas Jerman, Rabu (30/6) waktu setempat.

"Bagi saya pribadi, yang tersisa adalah jalan yang saya ambil dengan orang-orang di sekitar saya yang bekerja selama bertahun-tahun. Ada konflik, tetapi tingkat kepercayaan secara keseluruhan luar biasa termasuk untuk para pemain."

"Saya telah menyimpan begitu banyak momen di hati saya selama bertahun-tahun, bukan hanya hasil, tetapi waktu yang dihabiskan bersama. Kami melewati banyak hal bersama, itu adalah momen yang tidak akan pernah Anda lupakan," sambungnya.

Tak lupa, Low memberikan dukungannya kepada Hansi Flick. Mantan pelatih Bayern Munchen itu memang sudah ditunjuk sebagai pengganti Low.

Flick punya tanggung jawab untuk mengembalikan kejayaan Jerman. Piala Dunia 2022 bisa menjadi tonggak awal untuk mewujudkan hal tersebut.

"Semoga sukses untuk Hansi Flick, saya mendoakan yang terbaik untuknya. Jantung saya terus berdetak hitam, merah dan emas," kata Low lagi.

“Sudah 15 tahun yang panjang dengan banyak momen indah dan, tentu saja beberapa kekecewaan. Tim dan para pemain memiliki masa depan yang cerah di depan mereka."

Setelah lengser dari kursi pelatih Jerman, Low belum menentukan masa depannya. Ia tentu akan menjadi buruan sejumlah klub besar yang masih mencari pelatih anyar.

Piala Eropa 2020 Joachim Low Timnas Jerman Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan