Persija Bisa Lewati Masa Sulit, Buktinya Sudah Ada

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Minggu, 08 Oktober 2023
Persija Bisa Lewati Masa Sulit, Buktinya Sudah Ada
11 pertama Persija saat menjamu Barito Putera, Sabtu (7/10). (Media Persija)

BolaSkor.com - Perjalanan Persija Jakarta sampai pekan ke-15 Liga 1 2023/2024 tidak mulus. Berstatus sebagai runner-up musim lalu, Persija kini kesulitan beranjak dari papan tengah.

Dari 15 pertandingan, Persija hanya mendapatkan 4 kemenangan, 8 kali imbang, dan menelan 3 kekalahan. Persija juga menjadi salah satu tim yang cukup sering kebobolan, yakni 17 kali (terbaik keenam) dengan hanya mencatatkan dua kali nirbobol alias clean sheet.

Padahal, musim lalu Persija adalah tim dengan jumlah kebobolan paling sedikit, yakni 27 kali dari 34 laga. Catatan nirbobolnya juga cukup tinggi, yakni 15 kali.

Kesulitan yang dialami Persija ini bukan terjadi musim ini saja. Persija pernah mengalaminya di musim 2017, 2019, dan 2021/2022.

Di musim 2017, setelah mengalahkan Persiba Balikpapan di pekan pertama, Persija malah tampil anjlok di pertandingan berikutnya. Dalam enam laga beruntun, Persija hanya meraup tiga poin (tiga kali imbang dan tiga kali kalah).

Momentum terjadi ketika menang atas Arema FC 2-0. Setelah itu Persija meraih tiga kemenangan beruntun atas Persikabo, Badak Lampung dan Sriwijaya FC. Persija mulai tampil konsisten dan mengakhiri musim di posisi 4.

Baca Juga:

Persija Gagal Menang Lagi di Kandang, Ada Masalah Mental

Ditahan Barito Putera, Persija Belum Pernah Menang di Kandang Sejak Agustus

Lalu di musim 2019, Persija pernah mengalami situasi yang lebih parah. Dari 10 laga awal, Persija hanya meraih satu kemenangan, enam kali imbang dan tiga kekalahan. Persija bahkan sempat berada di zona merah sebelum kedatangan Edson Tavares. Di akhir musim, Persija menempati peringkat 10.

Situasi hampir mirip dialami juga oleh Persija pada musim 2021/2022, ketika kompetisi digelar secara terpusat di Jabodetabek, Jawa Tengah dan Bali karena pandemi COVID-19. Pada musim itu Persija sulit sekali meraih kemenangan, padahal Macan Kemayoran berstatus sebagai juara turnamen pramusim, Piala Menpora.

Dari 10 laga awal, Persija hanya meraih tiga kemenangan, lima kali imbang, dan menelan dua kekalahan. Di akhir musim, Persija finis posisi kedelapan.

"Persija pernah ada (mengalami) masa yang sulit. Tapi kami tetap yakin bisa lewati masa ini. Kami akan selalu berusaha melakukan yang terbaik," kata gelandang Persija, Hanif Sjahbandi, usai pertandingan kontra Barito Putera yang berakhir dengan skor 1-1 pada Sabtu (7/10) malam WIB.

Itu merupakan hasil imbang kelima beruntun yang didapatkan Persija dalam partai kandang musim ini. Terakhir kali anak asuh Thomas Doll menang di kandang terjadi saat mengalahkan Persebaya Surabaya dengan skor 1-0 pada 30 Juli 2023, atau hampir 3 bulan yang lalu.

Persija jakarta Hanif Sjahbandi Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.353

Bagikan