Persiapan Panjang sampai Menahan Sakit saat Latihan Berbuah Medali Emas SEA Games 2023

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 14 Mei 2023
Persiapan Panjang sampai Menahan Sakit saat Latihan Berbuah Medali Emas SEA Games 2023
Muhammad Aliansyah (kiri). (NOC Indonesia/Argo Pambudi)

BolaSkor.com - Tim Indonesia mendapat tambahan empat medali emas dari cabang olahraga (cabor) Gulat pada perhelatan SEA Games 2023 Kamboja yang berlangsung pada Minggu (14/5).

Satu dari empat pegulat yang menyumbang medali emas untuk Indonesia adalah Muhammad Aliansyah yang turun di nomor greco roman 67 kg putra.

Aliansyah harus bertarung ketat dengan hasil akhir 5-5 melawan pegulat Vietnam. Medali emas menjadi milik Aliansyah karena lebih dulu mencapai poin lima.

Baca Juga:

Target Menpora Tercapai di SEA Games 2023, CdM Lexyndo Hakim: Kita Bersyukur dan Tetap Optimistis

Juliana Klarisa Sumbang Medali Emas dari Angkat Besi

Klasemen Perolehan Medali SEA Games 2023, Minggu (14/5): Target Presiden Jokowi Tercapai

Muhammad Aliansyah. (NOC Indonesia/Argo Pambudi)

Saat dipastikan jadi pemenang, Aliansyah terlihat emosional. Sebab, ini jadi medali emas keduanya sepanjang keikutsertaan di SEA Games.

Pegulat senior ini mendapat emas pertamanya pada SEA Games 2011 yang berlangsung di Indonesia.

Setelah itu Aliansyah harus menerima kenyataan pahit karena cabor Gulat tidak dipertandingkan dalam tiga edisi SEA Games secara beruntun, mulai dari 2015, 2017, dan 2019.

"Enam tahun kita tak ada sama sekali akhirnya dikasih kesempatan di (SEA Games 2021) Vietnam. Itu juga persiapan cuma satu bulan. Tapi ini persiapan lumayan panjang 4 bulan. Itu saya manfaatkan dengan maksimal di sana," kata Aliansyah.

Untuk persiapan SEA Games 2023, Aliansyah bersama 14 pegulat lainnya dikirim ke Korea Selatan untuk melakukan pemusatan latihan selama empat bulan.

"Itu saya manfaatkan dengan maksimal di sana. Saya walau sedang sakit di sana, saya paksakan latihan. Pokoknya saya harus latihan karena saya tahu musuh saya keras di sini," tutur Aliansyah.

Aliansyah juga mengaku termotivasi oleh sang buah hati yang ternyata punya cita-cita menjadi seorang pegulat seperti dirinya.

"Saya mau membuktikan ke anak saya kalau saya bisa jadi contoh buat dia," ucapnya.

Pada Senin (15/5), cabor gulat kembali berpotensi menambah pundi-pundi medali untuk Tim Indonesia. Sebanyak 10 atlet akan turun di nomor gaya bebas putra dan putri.

Laporan Langsung Rizqi Ariandi dari Kamboja

SEA GAMES SEA Games 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.782

Bagikan