Target Menpora Tercapai di SEA Games 2023, CdM Lexyndo Hakim: Kita Bersyukur dan Tetap Optimistis

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 14 Mei 2023
Target Menpora Tercapai di SEA Games 2023, CdM Lexyndo Hakim: Kita Bersyukur dan Tetap Optimistis
Tim Finswimming Indonesia saat dikalungi medali oleh CdM Lexyndo Hakim di podium (CdM Indonesia/M Iqbal)

BolaSkor.com - Tim Indonesia telah memeroleh 60 medali emas hingga Minggu (14/5) pukul 12.00 WIB. Medali emas ke-60 diperoleh Juliana Klarisa yang turun di nomor Women's 55 kg.

Ini sudah mencapai target dari yang disampaikan oleh tim reviewer, NOC, KONI, Kemenpora pada konferensi pers tanggal 17 April 2023 yang lalu di Gedung Kemenpora.

Tim Indonesia masih berpeluang menambah pundi-pundi medali mengingat SEA Games 2023 Kamboja tersisa 3 hari lagi penyelenggaraannya.

Selain 60 medali emas, Tim Indonesia juga sudah memeroleh 51 perak, dan 72 perunggu berdasarkan rilis.

Atas pencapaian ini, Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia di SEA Games 2023, Lexyndo Hakim, mengaku bersyukur dengan prestasi yang ditorehkan penggawa Merah-Putih.

Baca Juga:

Juliana Klarisa Sumbang Medali Emas dari Angkat Besi

Timnas Indonesia U-22 ke Final SEA Games 2023, Erick Thohir: Target Belum Selesai

"Saya kira kita harus bersyukur sampai saat ini. Banyak catatan sejarah, rekor, dan raihan juara umum yang didapatkan oleh beberapa cabor. Bersyukur bukan berarti puas, namun wujud terima kasih kepada Yang Maha Kuasa, ikhtiar perjuangan atlet, dan doa dari masyarakat Indonesia beriringan dengan nafas optimisme yang tetap terjaga," ujar CdM yang akrab disapa Lexy tersebut.

"Saya meyakini jika bersyukur maka pundi-pundi emas akan semakin banyak lagi," sambungnya.

Juliana Klarisa menyumbang medali emas ke-60 untuk Indonesia. (NOC/Rizki Fitrianto)

Untuk cabor yang sudah Tim Indonesia segel menjadi juara umum adalah pencak silat, balap sepeda, dan wushu. Tim pencak silat Indonesia sukses menjadi juara umum SEA Games 2023 dengan raihan 9 emas, 6 perak, dan 1 perunggu.

Sedangkan, tim wushu Indonesia memastikan gelar juara umum SEA Games 2023 usai menyabet 6 emas, 6 perak, dan 2 perunggu. Lalu, tim balap sepeda Indonesia menyegel juara umum di Kamboja setelah menyumbangkan 5 emas, 2 perak, dan 1 perunggu.

Selain cabor yang juara umum, Tim Indonesia juga menorehkan sejarah di cabor hoki, kriket, basket, dan atletik. Dari hoki, untuk pertama kalinya Timnas Hoki Indoor Putra meraih emas sejak keikutsertaan mereka di SEA Games. Sedangkan, kriket juga mengikuti pencapaian hoki, dengan meraih emas pertama kalinya di SEA Games pada nomor Women's Team 6s.

Lalu, sejarah juga dicetak Timnas Basket 5x5 Putri, yang berhasil mengunci emas perdana SEA Games, dan dari atletik, tim lari estafet 4x100m sukses mengakhiri paceklik emas sejak 2011.

Sementara itu, ada pula cabor yang berhasil mencatatkan rekor. Dari voli, Timnas Voli Putra berhasil meraih emas tiga kali beruntun di SEA Games, dan di Kamboja ini, mereka tampil impresif dengan tidak menelan kekalahan satu set pun.

Tim angkat besi Indonesia juga mencatatkan rekor. Adalah Eko Yuli Irawan yang berhasil meraih emas di nomor Men's 61kg, sekaligus mencatatkan rekor angkatan terberat jerk, dengan total 170kg.

SEA Games 2023 Kamboja merupakan edisi ke-32. Ini adalah kali pertama Kamboja menjadi tuan rumah pesta (multievent) olahraga solidaritas negara kawasan ASEAN.

Tim Indonesia mendapat dukungan dari official patners, Li-Ning, MyTours, NusaPay, Gudangkripto, Pocari Sweat, Essenza, Bagasi, Berdikari Logistik Suplai.

Tim Indonesia SEA Games 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan