Perjalanan Argentina dari Fase Grup hingga Final Copa America 2021

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 09 Juli 2021
Perjalanan Argentina dari Fase Grup hingga Final Copa America 2021
Timnas Argentina (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Argentina kembali menapaki final Copa America setelah dua kali mencapainya pada 2015 dan 2016. Ironisnya, di dua final itu juga Albiceleste - julukan Argentina - menelan kekalahan dari lawan yang sama, Chile.

Sorotan langsung terarah kepada sosok pemenang enam Ballon d'Or Lionel Messi. Megabintang berusia 33 tahun sudah empat kali mencapai final turnamen besar dengan Argentina dan gagal memenanginya.

Tak ayal final Copa America 2021 melawan Brasil di Maracana, Minggu (11/07) pukul 07.00 WIB bisa jadi kesempatan emas Messi mempersembahkan titel pertama untuk Argentina. Sebelum mencoba peruntungan kembali di Piala Dunia 2022.

Baca Juga:

Copa America 2021: 3 Duel Kunci Argentina Vs Brasil

Satu Hal yang Buat Messi Pede Akhiri Kutukan Copa America

Copa America 2021 - Argentina 1-1 (3-2 Pen) Kolombia: Albiceleste Lawan Brasil di Final

Argentina masih inkonsisten dalam perjalanannya di Copa America 2021 dari fase grup hingga fase gugur. Ada beberapa momen kala tim arahan Lionel Scaloni bermain tidak dalam performa terbaiknya.

Fase Grup

Argentina ditahan imbang Chile 1-1

Argentina berada di grup maut dengan berisikan kuda hitam turnamen seperti Uruguay dan Chile, serta Paraguay dan Bolivia. Argentina langsung bertemu lawan mereka di final Copa America 2015 dan 2016: Chile.

Chile memberikan perlawanan sengit seperti biasanya dan laga berakhir imbang 1-1 dari gol Lionel Messi yang dibalas Eduardo Vargas. Chile juga unggul penguasaan bola 52 persen. Tak lama setelah melawan Chile Argentina sudah dinanti Uruguay.

Kali ini Argentina keluar sebagai pemenang dengan skor 1-0 melalui gol yang dicetak Guido Rodriguez. Luis Suarez dkk tak berkutik dan bahkan tak mencatatkan satu pun peluang tepat sasaran dari empat percobaan tendangan.

Skor serupa kembali terjadi di laga ketiga grup melawan Paraguay. Kali ini pencetak golnya adalah Alejandro Gomez dan Argentina kembali bermain efisien dengan 43 persen penguasaan bola, tetapi melepaskan sembilan tendangan dan empat sepakan tepat sasaran.

Lionel Messi di antara pemain Bolivia

Pada laga terakhir grup melawan Bolivia Scaloni merotasi skuadnya. Argentina tetap menang dengan skor telak 4-0 berkat kualitas individu mereka melalui dua gol yang dicetak Messi, Alejandro Gomez, dan Lautaro Martinez.

Fase Gugur

Argentina 3-0 Ekuador

Argentina jumpa Ekuador di perempat final. Di atas kertas Argentina unggulan dan benar saja, Enner Valencia dkk tak berkutik melawan kekuatan sebesar Argentina dan kalah telak 0-3.

Tiga gol Argentina datang dari Rodrigo De Paul, Lautaro Martinez, dan Lionel Messi. Kemalangan bertambah bagi Ekuador karena di menit 90+2 bermain dengan 10 pemain pasca Piero Hincapie menerima kartu merah.

Barulah di semifinal Argentina mendapatkan perlawanan sengit dari tim arahan Reinaldo Rueda, Kolombia. Meski tanpa James Rodriguez Kolombia mampu merepotkan Argentina dan laga berakhir imbang 1-1 di waktu normal.

Timnas Argentina lalui drama adu penalti kontra Kolombia dengan kemenangan

Gol Martinez dibalas oleh Luis Diaz dan laga berlanjut sampai drama adu penalti. Pada fase itu kiper Aston Villa, Emiliano Martinez jadi bintang dengan tiga penyelamatannya dan Argentina ke final dengan skor 3-2 di drama adu penalti.

Breaking News Copa America Copa America 2021 Argentina Timnas Argentina
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.365

Bagikan