Perasaan Ernando Ari setelah Gagal Eksekusi Penalti di Final Piala AFF U-23 2023

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Senin, 28 Agustus 2023
Perasaan Ernando Ari setelah Gagal Eksekusi Penalti di Final Piala AFF U-23 2023
Ernando Ari Sutaryadi. (PSSI)

BolaSkor.com - Kiper Timnas Indonesia U-23 Ernando Ari Sutaryadi menceritakan apa yang dia rasakan sesaat setelah gagal membobol gawang Vietnam U-23 dalam adu penalti.

Timnas Indonesia U-23 kalah dari Vietnam U-23 pada laga final Piala AFF U-23 2023 yang berlangsung di Stadion Provinsi Rayong, Thailand, Sabtu (26/8).

Setelah bermain imbang 0-0 selama 120 menit, laga dilanjutkan ke adu penalti. Di momen ini, Ernando Ari yang merupakan seorang kiper ditunjuk oleh Shin Tae-yong sebagai eksekutor keenam.

Sayangnya, di momen penentuan ini, bola tendangan Ernando berhasil terbaca oleh kiper Vietnam U-23. Timnas Indonesia U-23 pun kalah dengan skor 5-6.

"Waktu (bola) sudah enggak masuk, saya langsung merasa melayang, kaki sudah (seperti) enggak menginjak tanah, pikiran kacau, detik-detik krusial, penendang penentu," kata Ernando.

Baca Juga:

Beckham Putra Ungkap Suasana Ruang Ganti Timnas Indonesia U-23 setelah Kalah dari Vietnam

27 Pemain Dipanggil ke Timnas Indonesia U-23, Ketua BTN Minta Dukungan Klub

Ernando menjelaskan bahwa dalam latihan dirinya sudah berlatih. Artinya, secara persiapan, tidak ada masalah.

"Tapi 'kan beda (tekanannya) di pertandingan dan latihan," ujarnya.

Meski gagal meraih gelar juara, Ernando Ari tetap bersyukur dengan hasil yang didapat di Piala AFF U-23 2023. Sebab, banyak masalah yang menerpa tim sebelum turnamen, mulai dari persiapannya yang terhitung singkat sampai permasalahan non-teknis lainnya, seperti pemain yang tidak dilepas oleh klubnya dan pemain yang batal tampil karena sanksi dari AFC diberlakukan.

"Kami patut bersyukur (dengan hasilnya), karena tim seadanya, tapi kami sampai di partai final dan menjadi juara kedua. Kami pasti akan selalu evaluasi menjadi lebih baik," tutur kiper Persebaya Surabaya tersebut.

Kini Timnas Indonesia U-23 harus segera bangkit untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, pada 6-12 September 2023.

Berdasarkan jadwal, Garuda Muda bakal menghadapi Chinese Taipei atau Taiwan pada 9 September dan Turkmenistan 12 September. Sebelum itu, Chinese Taipei dan Turkmenistan saling berhadapan terlebih dulu pada 6 September.

Timnas indonesia u-23 Timnas vietnam Ernando Ari Sutaryadi Piala AFF U-23 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.316

Bagikan