Penggunaan Kartu Hijau Di Serie-B, Tandai Sejarah Baru Sepakbola Italia

satriasatria - Senin, 10 Oktober 2016
Penggunaan Kartu Hijau Di Serie-B, Tandai Sejarah Baru Sepakbola Italia
©getty-images

Penggunaan Kartu Hijau Di Serie-B, Tandai Sejarah Baru Sepakbola Italia- Di kasta kedua sepak bola Italia, Serie B, muncul sejarah baru di sepak bola Negeri Pizza dengan munculnya penggunaan kartu hijau dari wasit. Seperti yang diketahui, penggunaan kartu wasit yang selama ini dikenal, hanyalah menggunakan kartu kuning dan merah.

Namun kini ada kartu ketiga yang berwarna hijau. Kartu itu akan diberikan sang pengadil lapangan, kepada pemain yang menjunjung tinggi dan memperlihatkan sikap fair play. Pemain yang paling banyak meraihnya, akan mendapat hadiah di akhir musim.

Kartu hijau pertama pun muncul pekan ini kala penyerang Vicenza, Cristian Galano, berkata jujur kepada wasit Marco Mainardi yang memberikan tendangan pojok kepada timnya. Galano mengakui bahwa tidak ada bek Virtus Entella (lawan Vicenza di Serie B), yang menyentuh bola, hingga bola seharusnya menjadi tendangan gawang alias goal kick.



Atas munculnya penggunaan kartu hijau. Presiden Serie B, Andrea Abodi pun mengakui bahwa kartu itu merupakan simbolik, agar banyak pemain yang menjunjung nilai fair play. Selain itu penggunaan itu dimaksudkan untuk menghilangkan stigma buruk Serie B, yang di awal musim ini sempat mendapat rumor tak sadap perihal skandal pengaturan skor.



"Kartu hijau itu merupakan hadiah simbolik, bisa saja jadi hal yang sangat simpel. Namun yang paling penting adalah mengenali tren bahwa pemain profesional harus melakukan hal yang dapat jadi contoh kuat," ucap Abodi, diberitakan Goal, Senin (10/10/16).

"Kami pikir sepak bola butuh pesan-pesan positif. Sepak bola kerap dibaluti kontroversi, yang membuat orang-orang akhirnya pergi meninggalkan stadion," keluhnya.

Goal
Italia Sepak Bola Italia Liga Italia Serie-B Kartu Hijau Andrea Abodi
Ditulis Oleh

satria

Talk Less, Do More #LetsMove
Posts

1.688

Bagikan