Pengalaman Luar Biasa KNVB di Tanah Air Lewat Oranje Indonesia

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 15 Desember 2022
Pengalaman Luar Biasa KNVB di Tanah Air Lewat Oranje Indonesia
Kemeriahan Oranje Festival. (Media Oranje Indonesia)

BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Belanda, KNVB, telah melaksanakan strategi inernasional terbaiknya pada tahun 2022. Pasalnya, terealisasinya beragam kegiatan program Oranje Indonesia dalam merangkul para penggemar lokal di Indonesia.

Ini selain kembalinya Belanda ke ajang Piala Dunia. Oranje Indonesia dipenuhi passion dan antusiasme.

Baca Juga:

Melihat Keseruan KNVB Sapa Penggemar Timnas Belanda di Manado

Ribuan Fans Timnas Belanda Ramaikan Puncak Acara Oranje

KNVB Umumkan Oranje Indonesia Festival Akan Dihadiri Bek Belanda

KNVB Beri Hadiah Mural untuk Penggemar di Indonesia, Bukti

Festival Oranje Indonesia, Bukan Sekedar Mendukung Timnas Belanda

Oranje Indonesia
Kemeriahan Oranje Festival. (Media Oranje Indonesia)

Sekjen KNVB, Gijs de Jong, mengaku sangat kagum dengan antusiasme suporter sepak bola yang mendukung Oranje di Indonesia. Tak hanya Oranje Fans yang ada di Belanda, tetapi juga para penggemar di Indonesia terbukti memiliki gairah besar terhadap timnas Belanda.

“Pada September lalu, saya mengatakan bahwa kami pernah melihat video penggemar di Indonesia konvoi di jalan dengan skuter memakai warna oranye pada pertandingan Oranje. Lalu beberapa waktu kemudian, di tengah hingar-bingar Piala Dunia, perwakilan kami sendiri secara langsung menyaksikan dan merasakan konvoi tersebut. Saya sangat tertegun dengan dukungan para penggemar di Indonesia, antusiasmenya selalu menjadi bukti bahwa kami tidak salah telah meriset tentang keberadaan 12 juta Oranjefans di Indonesia,” kata Gijs de Jong.

Oranje Indonesia Festival

Oranje Indonesia
Kemeriahan Oranje Festival. (Media Oranje Indonesia)

Pada 25 November lalu, KNVB juga menggelar Oranje Indonesia Festival - acara nonton bareng komunitas terbesar di Indoneisa. KNVB berhasil membawa pengalaman menyaksikan Oranje yang sesungguhnya ke Indonesia untuk para penggemar di Jakarta.

“Kami ingin mengapresiasi dukungan para penggemar di Indonesia. Sebanyak 3.000 penggemar menjadi bagian dari Oranje Indonesia Festival. Ini sungguh luar biasa,” kata Gijs.

Suguhan penampilan musisi nasional Jason Ranti dan Danilla, serta panduan acara oleh komentator olahraga terkenal dan penggemar Oranje Valentino Simanjuntak, serta kehadiran mantan pemain Oranje Ron Vlaar juga melengkapi pengalaman bagi ribuan penggemar Oranje di Indonesia.

Oranje Indonesia Fan tour

Oranje Indonesia
Kemeriahan Oranje Festival. (Media Oranje Indonesia)

Setelah menggelar Oranje Indonesia Festival, pada periode 28 November hingga 9 Desember 2022, KNVB pun menggelar fantour ke beragam kota di Indonesia. KNVB mengunjungi Ambon, Jayapura, dan Manado untuk mengakui komunitas para penggemar Timnas Belanda.

Beragam kegiatan seperti pemberian hadiah lukisan mural, kunjungan ke “Kampung Belanda” di setiap kota, mengikuti konvoi di darat dan di laut hingga berpartisipasi pada acara nonton bareng pertandingan Timnas Belanda yang digelar komunitas lokal.

“Ini pengalaman yang sangat menarik. Perwakilan kami langsung terjun pada kegiatan ini, mengunjungi setiap kota dan bisa dikatakan setiap kota memiliki daya tarik dan caranya sendiri dalam mendukung Tim Oranje. Kami sebetulnya sangat berharap bisa melaju terus sampai ke final sehingga lebih banyak kota lagi yang dapat kami kunjungi,” ujar Gijis.

KNVB ingin selalu memperkuat hubungan positif antara Belanda dan Indonesia. KNVB menggunakan program bernama 'Oranje Indonesia' sejak tahun 2021 karena sadar bahwa hubungan kedua negara sangat erat.

KNVB memahami bahwa masyarakat Indonesia memiliki Timnas Garuda sebagai tim utama mereka dan ingin menggaungkan pesan bahwa tim Oranje dapat menjadi tim favorit kedua mereka.

Selain itu, KNVB melalui program Oranje Indonesia telah melaksanakan beragam aktivitas seperti aktivasi media sosial berbahasa Indonesia, merangkul para influencer, mengundang fans ke Belanda, menggelar tur ke kota-kota mengunjungi komunitas penggemar lokal, menggelar Oranje Indonesia Festival hingga berkolaborasi dengan stakeholder sepak bola Indonesia seperti PSSI melalui program KNVB WorldCoaches.

Dengan rentetan kegiatan yang lancar dan sukses tersebut, KNVB akan terus berada di Indonesia untuk jangka panjang melalui beragam program yang akan dilaksanakan. KNVB berharap kesuksesan pada tahun 2022 di Indonesia menjadi awal yang baik untuk lebih merangkul penggemar, membangun basis penggemar lebih banyak lagi dan terlibat dalam pengembangan sepak bola Indonesia melalui kolaborasi dengan stakeholder utama sepak bola Indonesia yakni PSSI.

Belanda Timnas Belanda Piala dunia 2022 Serba-Serbi Piala Dunia 2022 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.197

Bagikan