Pendaftaran Pemain Liga 1 Ditutup Malam Ini, 2 Klub Dapat Pengecualian

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 20 Juli 2023
Pendaftaran Pemain Liga 1 Ditutup Malam Ini, 2 Klub Dapat Pengecualian
Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus memberikan keterangan kepada awak media usai Managers Meeting Klub Liga 1. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menutup pendaftaran pemain asing maupun lokal di Liga 1 2023/2024 pada Kamis (20/7) pukul 23.59 WIB. Namun, ada dua klub yang mendapat pengecualian.

Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus mengatakan klub yang mendapat pengecualian itu mengalami kendala saat proses IMTA di Kementerian Ketenagakerjaan. IMTA merupakan akronim dari Izin Menggunakan Tenaga Asing.

Ferry mengatakan kendala IMTA ini bukan salah dari klub. Klub sudah melakukan submit ke Kemenaker sejak pekan lalu. Ada dua klub yang mengalami kendala ini.

"Kita harus belajar dari pengalaman yang sudah-sudah bahwa deadline itu adalah tanggal 20 (Juli) jam 23.59 WIB. Memang masih ada klub yang terkendala dengan proses IMTA. IMTA sudah disampaikan dari pekan sebelumnya."

"Ada klub yang enggak tahu seperti apa jalannya, dua hari saja (IMTA) selesai, (tapi) ada yang satu minggu belum selesai-selesai padahal sudah di-submit ke Depnaker (Departemen Tenaga Kerja)," kata Ferry Paulus di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (20/7).

Baca Juga:

Bhayangkara FC Rekrut Bek asal Brasil

Julian Schwarzer Jadi Jawaban Statistik Buruk Sektor Pertahanan Arema FC

Ferry mengatakan dengan situasi seperti itu, maka bukan salah dari klub kalau dokumen yang diperlukan belum tersedia sampai batas waktu pendaftaran pemain, yaitu malam ini. PT LIB pun mengambil kebijakan untuk memberikan waktu tambahan satu hari kepada klub untuk merampungkan proses administrasi itu.

"Ada dua klub, catatannya belum lengkap, dokumen dan lain-lainnya. Tapi yang kita inginkan bukan laporan permohonan IMTA, yang kita inginkan minimal IMTA. IMTA biasanya (keluar) enggak lebih dari seminggu (setelah pengajuan), ini sudah ada yang 9 hari. Itu yang kami kasih kebijaksanaan, jadi bukan semata-mata kesalahan di klub. Kemarin (19/7) kita libur, jadi kita kasih satu hari (tambahan)," ucap Ferry.

Meski demikian, tidak diketahui dua klub mana yang dimaksud oleh Ferry Paulus. Pria asal Manado itu tidak mau membukanya. Tapi dari 18 tim Liga 1, ada tiga klub yang pemain asingnya belum lengkap, di antaranya Persija Jakarta, Dewa United FC, dan Borneo FC Samarinda.

Persija menyisakan satu slot pemain asing bebas, Dewa United FC masih ada satu tempat untuk pemain Asia Tenggara (ASEAN), sedangkan Borneo FC tadinya sudah lengkap. Namun, kepergian Matheus Pato yang ditransfer ke klub China membuat tim berjulukan Pesut Etam itu minus satu pemain asing.

"Tapi tidak ada (regulasi) yang dilanggar," ucap Ferry.

PT Liga Indonesia Baru PT LIB Liga 1 Ferry paulus Bursa transfer Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.397

Bagikan