Pemerintah Kucurkan Hampir Rp400 Miliar untuk Sukseskan Piala Dunia U-17 2023

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 12 September 2023
Pemerintah Kucurkan Hampir Rp400 Miliar untuk Sukseskan Piala Dunia U-17 2023
PSSI dan Kemenpora saling bersinergi untuk menyukseskan Piala Dunia U-17 2023. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

BolaSkor.com - Pemerintah Republik Indonesia lewat Kementerian Keuangan mengucurkan Rp399,5 miliar untuk mendukung penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 yang dilangsungkan di Tanah Air mulai 10 November sampai 2 Desember mendatang. Dana itu disalurkan melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kepada PSSI.

Selain untuk biaya penyelenggaraan, dana sebesar itu juga dialokasikan untuk persiapan Timnas Indonesia U-17 yang bakal melakukan pemusatan latihan atau training camp atau TC di Jerman mulai 17 September 2023.

"Menurut aturan, (dana) itu bisa digunakan untuk keperluan (Piala Dunia) U-17. (Dana) itu digelontorkan oleh Kementerian Keuangan," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) RI Dito Ariotedjo di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (12/9) pagi WIB.

"Tanda tangan kesepakatan Kemenpora dengan PSSI menandakan kehadiran pemerintah dalam mendukung suksesnya Piala Dunia U-17 dan persiapan Timnas U-17 dalam hal TC. Hari ini sudah ditandatangani sebesar Rp399,5 miliar," tambahnya.

Baca Juga:

Welber Jardim Resmi Punya Paspor Indonesia, Siap Main di Piala Dunia U-17 2023

Bakti Dewa United FC kepada Indonesia, Pinjamkan Rumput untuk JIS demi Piala Dunia U-17 Sukses

FIFA Umumkan Cara Pendaftaran Pembelian Tiket Piala Dunia U-17 2023 Indonesia

Menpora Dito berharap dana sebesar itu bisa dipergunakan dengan sebaik mungkin oleh PSSI. Dia pun memastikan bakal ada pengawasan yang ketat terkait penggunaan kas negara tersebut.

"Kami mengedepankan transparansi dan akuntabilitas. Saya berharap dengan dana yang digelontorkan untuk Piala Dunia U-17 berdampak pada prestasi dan menaikkan kepercayaan internasional di mata dunia," tutur politisi Partai Golkar tersebut.

Kemenpora dan PSSI melakukan penandatanganan kerja sama terkait dana penyelenggaraan Piala Dunia U-17 dan biaya untuk persiapan Timnas Indonesia U-17. (BolaSkor.com/Rizqi Ariandi)

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengapresiasi dukungan dari pemerintah untuk suksesnya Piala Dunia U-17 dan prestasi Timnas Indonesia U-17. Erick mengatakan sudah seharusnya pemerintah dalam hal ini Kemenpora bersama induk-induk cabang olahraga di Tanah Air untuk saling bersinergi memberikan yang terbaik untuk bangsa.

"Tidak mungkin pimpinan olahraga (federasi) berdiri sendiri. Saya apresiasi Pak Dito (Ariotedjo), Pak Jokowi, Pak Wapres (Ma'ruf Amin), bagaimana mendorong event (Piala Dunia U-17) ini berjalan baik," tutur Erick.

Erick pun menyampaikan komitmen PSSI dalam mempertanggungjawabkan uang senilai Rp399,5 miliar yang dikucurkan oleh pemerintah. Erick menegaskan soal pengawasan dari lembaga berwenang seperti Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK.

"Untuk detailnya nanti kami paparkan sendiri daripada salah persepsi. Tapi kesepakatan tadi dengan Menpora ini harus dijaga karena uang negara yang harus dipertanggungjawabkan karena melibatkan BPK untuk mendampingi. Insyaallah kami menjaga amanah yang diberikan pemerintah," tutur lelaki yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

Timnas Indonesia U-17 Piala Dunia U-17 Pssi Kemenpora Menpora Dito Ariotedjo Erick thohir Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.312

Bagikan