Pembukaan SEA Games 2023 Kamboja Dihiasi Banyak Simbol Penuh Makna

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Jumat, 05 Mei 2023
Pembukaan SEA Games 2023 Kamboja Dihiasi Banyak Simbol Penuh Makna
Pembukaan SEA Games 2023 ((NOC Indonesia/Rizki Fitrianto))

BolaSkor.com - Upacara pembukaan SEA Games 2023 Kamboja telah dilangsungkan di Stadion Nasional Morodok Techo, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (5/5). Jika ditelisik lebih dalam, ada beberapa simbol yang ditampilkan tuan rumah.

Pertama adalah aksi teatrikal di mana ada sebanyak 62 anak membawa bendera Kamboja. Rupanya, 62 anak tersebut melambangkan 62 tahun Negeri Seribu Wat menantikan kesempatan menjadi tuan rumah SEA Games.

Kemudian, bentuk dari Stadion Nasional Morodok Techo yang mirip dengan kapal laut juga punya makna khusus. Desain kapal laut merupakan bentuk pengingat hubungan Kamboja dengan China yang memiliki kedekatan secara sosial dan ekonomi.

Baca Juga:

Klasemen Medali SEA Games 2023: Indonesia Kantongi 6 Medali

SEA Games 2023: Keran Medali Indonesia Terbuka, Kun Bokator Raih 1 Perak dan 5 Perunggu

Mengenal Kun Bokator, Cabor Lahirnya Medali Pertama untuk Indonesia di SEA Games 2023

Pembukaan SEA Games 2023 (NOC Indonesia/Rizki Fitrianto)

Seperti dilansir Antara, acara pembukaan juga dihiasi pertunjukan cerita sejarah dan budaya periode Angkor melalui kemegahan candi-candi atau “Wat” dalam Bahasa Khmer. Selain itu, ada juga penampilan seni Sbek Thom, permainan wayang kulit tradisional Kamboja.

Kamboja juga turut memamerkan seni bela diri Kun Khmer. Menariknya, olahraga Kun Khmer dan Kun Bokator dipertandingkan pada SEA Games kali ini.

Selain itu, Kamboja juga turut mengilustrasikan perkembangan pembangunan yang terus berlangsung hingga saat ini. Meski sempat diterpa guncangan politik, tetapi Kamboja bangkit dan kini mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah SEA Games 2023.

Sementara itu, ketika defile atlet dari masing-masing negara peserta, Flairene Candrea Wonomiharjo yang menjadi pemegang bendera Merah-Putih mengenakan baju adat Bali. Pada saat bersamaan, CdM Kontingen Indonesia, Lexyndo Hakim, mengenakan pakaian adat Palembang.

SEA Games 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.515

Bagikan