Mengenal Kun Bokator, Cabor Lahirnya Medali Pertama untuk Indonesia di SEA Games 2023

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Kamis, 04 Mei 2023
Mengenal Kun Bokator, Cabor Lahirnya Medali Pertama untuk Indonesia di SEA Games 2023
Alfadhila Ramadhan persembahkan medali pertama (perak0 untuk Indonesia melalui Kun Bokator. (NOC)

BolaSkor.com - Tim Indonesia berhasil menyabet medali pertama SEA Games 2023 Kamboja. Aktornya adalah Alfadhila Ramadhan melalui cabang olahraga Kun Bokator.

Berlaga di Chroy Changvar Convention Center, Kamis (4/5), Alfadhila yang turun di nomor Men's Single Bokator Spirit mampu merebut perak setelah mengumpulkan skor 7,67.

Alfadhila unggul dari atlet Myanmar Oo Chit Hlaing yang mendapatkan skor 7,33. Adapun medali emas direbut oleh atlet tuan rumah Kamboja, Punleu Pichmorakoth. Dia meraih skor 8,00.

Cabang olahraga Bokator masih sangat awam di telinga pencinta olahraga Tanah Air. Sebenarnya apa sih cabang olahraga Bokator? BolaSkor.com mencoba sedikit mengulasnya. Berikut ulasannya:

Baca Juga:

Alfadhila Ramadhan Sumbang Medali Pertama untuk Indonesia Melalui Cabor Kun Bokator

SEA Games 2023: Timnas Indonesia U-22 Bantai Myanmar 5-0, Marselino Ferdinan Cetak Gol Spektakuler

Kun Botakor
Atlet Kun Bokator Indonesia. (NOC)

Sejarah Kun Bokator

Mengutip Destin Asia, cabang olahraga beladiri Kamboja ini sudah ada sejak jauh sebelum Kekaisaran Khmer menguasai hampir seantero Indocina, para kesatria Kamboja sudah menekuni seni tarung maut yang mengombinasikan teknik tinju, siku, dan lutut.

Dalam bahasa, Bokator secara harfiah berarti “menghajar singa”. Kun Bokator hampir sama dengan seni beladiri milik Indonesia (pencak silat) dan Thailand (Muaythai).

Atlet Bokator pertama Kamboja yang berhasil mendengungkan namanya di dunia adalah Tharoth Sam. Dengan mengusung nama panggung “Little Frog,” gadis energik berusia 24 tahun ini berpartisipasi dalam beberapa laga yang digelar One FC, salah satu promotor ternama khusus turnamen ajang bela diri campuran di Asia.

“Bokator dan kun Khmer telah banyak membantu saya dalam ajang MMA, karena keduanya mencakup banyak teknik serangan sekaligus: gulat, siku, lutut, serta pukulan. Beberapa jurus spesialnya, contohnya lutut terbang atau tusukan siku, berhasil mengejutkan banyak orang,” ujar Tharoth, saat kepalannya sedang dibalut.

Dengungkan Bokator

Kini, Kamboja sedang mencetak atlet-atlet Bokator sejak 10 tahun lalu. Lalu mendengungkan olahraga seni beladiri tradisonal Kamboja itu melalui SEA Games 2023.

Ini pertama kalinya Bokator dipertandingkan di SEA Games. Kamboja ingin mendulang medali emas dari cabang olahraga tradisinya tersebut.

Kun Bokator
Atlet Kun Bokator Indonesia. (NOC)

Indonesia Berjaya

Tim Indonesia mengirim 21 atlet pencak silat yang juga dipersiapkan untuk bokator. Mereka belajar seni beladiri Kamboja ini sejak beberapa bulan persiapan, dengan pelatih yang didatangkan langsung dari tuan rumah SEA Games 2023 tersebut.

"Para atlet kita tak kesulitan dalam mempelajari Kun Bokator. Sebab secara umum, memiliki kesamaan dengan bela diri lainya seperti bela diri campuran (MMA), Muay Thay hingga pencak silat," ujat pelatih Kun Bokator Indonesia, Nanang Sunarya seperti dikutip dari Antara.

Kini, medali perak dari Bokator menjadi medali pertama Tim Indonesia. Mungkin Bokator bakal menjadi cabang olahraga untuk pendulang medali Indonesia, karena banyak nomor yang masih dipertandingkan.

Selamat berjuang Tim Indonesia!

SEA GAMES SEA Games 2023 Kun Bokator
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.348

Berita Terkait

Timnas
Piala AFF U-23 2023: Pelatih Thailand Tebar Ancaman untuk Timnas Indonesia U-23
Thailand yang diasuh Issara Sritaro sebelumnya dikalahkan Indonesia di Final SEA Games 2023.
Rizqi Ariandi - Rabu, 23 Agustus 2023
Piala AFF U-23 2023: Pelatih Thailand Tebar Ancaman untuk Timnas Indonesia U-23
Timnas
Buntut Adu Jotos Final SEA Games 2023, AFC Jatuhkan Sanksi kepada Pemain-Ofisial Timnas U-22
Pemain dan ofisial Thailand juga terkena sanksi.
Tengku Sufiyanto - Kamis, 13 Juli 2023
Buntut Adu Jotos Final SEA Games 2023, AFC Jatuhkan Sanksi kepada Pemain-Ofisial Timnas U-22
Bagikan