Pembagian Pot dan Potensi Lawan di Fase Grup Liga Champions 2023-2024

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 16 Juni 2023
Pembagian Pot dan Potensi Lawan di Fase Grup Liga Champions 2023-2024
Trofi Liga Champions (Twitter)

BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Eropa atau UEFA sudah mengumumkan pembagian pot untuk fase grup Liga Champions 2023-2024. Manchester City, selaku juara bertahan Liga Champions, menempati pot 1.

The Citizens berada di pot yang sama dengan juara Liga Europa, Sevilla, serta enam tim dari enam liga top Eropa. Akan tetapi karena Man City juga menjadi juara di Premier League, maka tempat domestik mereka diberikan kepada pemuncak klasemen Eredivisie, Feyenoord di pot 1.

Tak ayal itu menyisakan tim-tim besar di pot 2 yang berisikan Inter Milan (finalis musim lalu), Arsenal, Porto, RB Leipzig, Atletico Madrid, Borussia Dortmund, Manchester United, dan juara 14 kali Liga Champions, Real Madrid.

Sementara itu Newcastle United menjadi satu-satunya tim Premier League yang belum tahu grup mereka, sebab mereka menanti hasil kualifikasi tim lain. Union Berlin dan Lens juga menjadi dua tim yang ada di pot 4 karena kurangnya pengalaman di Liga Champions.

Baca juga:

Daftar Penghargaan Liga Champions 2022-2023: Manchester City Mendominasi

8 Fakta Menarik Usai Manchester City Kalahkan Inter di Final Liga Champions

Manchester City 1-0 Inter Milan: Trofi Liga Champions dan Treble untuk The Citizens

Enam tim masih akan melalui fase kualifikasi untuk mendapatkan tempat di fase grup Liga Champions. Meniliki penghuni pot 1 dan 2, ada potensi tim seperti Barcelona berada di grup yang sama dengan Arsenal atau Man United - tim dari negara yang sama tak dapat bertemu di fase grup.

Potensi lainnya, sebagai contoh, pertemuan AC Milan (pot 3) dengan Newcastle, Madrid, dan Bayern Munchen di grup yang sama. Adapun undian fase grup Liga Champions akan dihelat pada 31 Agustus 2023, kemudian final dimainkan di Wembley. Berikut pembagian pot untuk fase grup Liga Champions:

Pot 1: Manchester City (Inggris), Sevilla (Spanyol), Barcelona (Spanyol), Napoli (Italia), Bayern Munchen (Jerman), Paris Saint-Germain (Prancis), Benfica (Portugal), Feyenoord (Belanda).

Pot 2: Real Madrid (Spanyol), Manchester United (Inggris), Inter Milan (Italia), Borussia Dortmund (Jerman), Atletico Madrid (Spanyol), RB Leipzig (Jerman), FC Porto (Portugal), Arsenal (Inggris).

Pot 3: Shakhtar Donetsk (Ukraina), FC Salzburg (Austria), AC Milan (Italia), Lazio (Italia), Red Star Belgrade (Serbia).

Pot 3 atau 4: Celtic (Skotlandia), Newcastle United (Inggris), Real Sociedad (Spanyol), Union Berlin (Jerman), Lens (Prancis).

Liga Champions UEFA Manchester City Manchester United Madrid Real Madrid Milan AC Milan
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.182

Bagikan