Pemain Persija Putri Naomi Nielsen Beri Pendapat tentang Sosok dan Perjuangan RA Kartini

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Selasa, 21 April 2020
Pemain Persija Putri Naomi Nielsen Beri Pendapat tentang Sosok dan Perjuangan RA Kartini
Naomi Nielsen. (Media Persija)

BolaSkor.com - Raden Adjeng (R.A.) Kartini memang menjadi salah satu tokoh emansipasi wanita di Indonesia. Sosok Kartini menjadi alasan dan pemantap banyak orang untuk memutuskan terjun di dunia olahraga.

Salah satu pemain Persija Jakarta Putri, Naomi Nielsen. Ia menyebutkan Kartini memiliki peran penting untuk para wanita di Indonesia. Ia berpendapat bahwa banyak wanita mungkin tak mengeyam pendidikan jika tidak ada Kartini di Indonesia.

Kartini memang dianggap menjadi pahlawan untuk para wanita di Indonesia. Lewat bukunya yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang, Kartini menjadi inspirasi bahwa wanita tidak hanya menjadi ibu rumah tangga saja, tapi bisa lebih.

Baca Juga:

Jalani Karantina Mandiri, Naomi Nielsen Isi Waktu dengan Main Piano

Tips Naomi Nielsen Hadapi Virus Corona, Coba Hal Baru dan Banyak Minum Air Putih

“Menurut saya, jika tidak ada Kartini, wanita indonesia tidak akan bisa mempunyai akses untuk pergi ke sekolah, bukan hanya itu, tetapi wanita akan selalu menjadi ibu rumah tangga dan tidak akan pernah mempunyai kredibilitas untuk mempunyai pekerjaan,” ujar Naomi kepada BolaSkor.com.

“Mungkin jika tidak ada Kartini ada wanita lain yang melakukan apa yang Kartini lakukan. Tetapi mungkin juga tidak ada wanita yang berani mengeluarkan pendapat mereka, bahwa wanita mempunyai hak untuk sekolah,” tambahnya.

Naomi Nielsen menjelaskan bahwa sekolah sangat penting. Apalagi profesi sebagai pesepak bola putri di Indonesia itu masih dipandang sebelah mata.

“Sekolah itu penting sekali untuk saya. Di Indonesia, sepak bola wanita masih kurang berkembang. Walaupun bisa masuk tim di sini, kalau mau masuk tim professional di luar negeri, akan sulit sekali,” tutur wanita blasteran Denmark tersebut.

“Jadi sekolah harus jadi prioritas pertama saya. Biar kalau tidak bisa maju dengan sepak bola, saya tetap bisa jelajahi karier lain. Sekolah mengajarkan tentang banyak hal dan sekolah paling penting buat saya kalau mau jadi wanita yang berhasil di masa depan,” pungkasnya.

Persija jakarta Liga 1 Putri Hari Kartini
Posts

4.871

Bagikan