Pelatih Persebaya Sebut Sho Yamamoto Lebih Baik dari Taisei Marukawa

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 15 Februari 2023
Pelatih Persebaya Sebut Sho Yamamoto Lebih Baik dari Taisei Marukawa
Sho Yamamoto dinilai berkembang luar biasa bersama Persebaya Surabaya musim ini. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso membandingkan salah satu anak asuhnya, Sho Yamamoto, dengan winger PSIS Semarang, Taisei Marukawa. Secara statistik, Sho dianggap lebih baik antara sesama pemain Jepang tersebut.

Hal itu dilakukan Aji Santoso usai Persebaya menumbangkan PSS Sleman dengan skor 4-2 pada laga pekan ke-24 Liga 1 2022/2023, di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Senin (13/2).

Juru racik asal Kepanjen, Kabupaten Malang itu mengaku terkesan dengan penampilan Sho Yamamoto di Liga 1. Dia pun menyatakan pujiannya kepada penyerang sayap Bajol Ijo itu yang telah membukukan delapan gol dan enam assist dari 22 pertandingan musim ini.

“Dia semakin lama semakin matang. Meskipun tidak cetak gol, (ciptakan) assist yang membuat temannya mencetak gol. Menurut saya, Sho mengalami peningkatan yang sangat luar biasa. Dulu pertama masuk, orang tidak percaya (kualitas Sho),” beber Aji Santoso.

Baca Juga:

Kandaskan PSS, Persebaya Bertekad Pertahankan Tren Positif

Rekor Apik Dewa United FC Terhenti, Persebaya Gulung PSS

Ya, pada laga yang sempat ditunda kurang lebih tujuh menit akibat hujan deras disertai angin kencang di wilayah Gresik, Sho tampil luar biasa. Pergerakannya sangat merepotkan bek-bek PSS. Pemain 27 tahun itu mencetak tiga assist untuk dwigol Jose Pedro Magalhaes Valente dan satu gol dari Michael Bonjozi Rumere.

Aji Santoso tak ragu menyebut jika Sho Yamamoto lebih baik dari Taisei Marukawa. Dengan jumlah pertandingan yang sama, Taisei baru mengemas enam gol dan empat assist.

“Sekarang Sho luar biasa, statistiknya luar biasa. Secara statistik bahkan lebih bagus daripada Taisei Marukawa. Dia sudah cetak delapan gol. Artinya pemain ini mengalami perkembangan yang luar biasa,” tegas Aji Santoso.

Capaian Sho Yamamoto sejauh ini turut membungkam kritik yang menerpanya di awal musim. Pasalnya, dia cukup diremehkan karena track record-nya dinilai tidak mentereng. Bahkan, kerap dibanding-bandingkan dengan Taisei yang mampu menjadi idola Bonek maupun pecinta sepak bola Indonesia.

“Dulu pertama masuk, orang tidak percaya (kualitas Sho). Berilah kesempatan saya dan pemain-pemain bekerja dulu baru dinilai. Jangan belum bekerja sudah dinilai tidak layak. Kita lebih bijaksana dan dewasa apabila pemain itu diberi waktu, ruang, dan kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya,” pungkas pelatih berusia 52 tahun itu.

Kendari demikian, jalan ShoYamamoto untuk melewati catatan Taisei saat berkostum Persebaya masih panjang. Musim lalu, Taisei mencetak 17 gol dan 10 assist dari 32 pertandingan. Dengan sisa laga masih banyak, tidak tertutup kemungkinan Sho dapat menorehkan tinta emas yang lebih baik ketimbang Taisei. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Taisei Marukawa Sho Yamamoto Aji santoso Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan